Jagoan Hosting Ramaikan Komunitas IT Hacktober

hacktober

Sebanyak 15 komunitas IT di Jawa Timur menggelar Hacktober pada Minggu, 22 Oktober 2023. Mereka tergabung dalam Surabaya Tech Community.

Mereka menggabungkan 15 komunitas IT. Dimana, anggota masing-masing komunitas berasal dari profesional, pengembang, praktisi keamanan siber, pecinta open source, desainer dan individu dengan minat dalam berbagai aspek teknologi informasi.

Komunitas tersebut menjadi wadah belajar pegiat IT untuk bisa terus update mengenai tech industry saat ini. Kemudian, menjadi wadah belajar, saling berbagi ilmu, pengalaman maupun wawasan di bidang teknologi. Sekaligus, memperluas jejaring.

Event Hacktober bertujuan untuk menciptakan sinergi antar komunitas dan mendorong kolaborasi yang produktif dalam dunia IT.

Ini merupakan perayaan tahunan selama sebulan yang berfokus pada perangkat lunak open source, diselenggarakan oleh DigitalOcean bekerja sama dengan GitHub, GitLab, dan sponsor lainnya, peserta diajak untuk berkontribusi pada proyek-proyek open source.

Pada acara itu, peserta mendapat materi tentang Deployment , GitHub maupun GitLab. Kemudian, memberikan kesempatan untuk menjadi kontributor di akun repo masing-masing.

“Dengan mengadakan acara Surabaya Tech Community kami berharap dapat memberikan
manfaat besar bagi peserta dan membangun jaringan kolaborasi yang erat dengan Jagoan
Hosting. Kami mengharapkan dukungan dari Jagoan Hosting untuk melaksanakan acara
Kami,” kata Penanggung Jawab Hacktober, Sawitry.

Sebagai industri yang bergerak di bidang teknologi, Jagoan Hosting memberikan dukungan dalam acara tersebut berupa domain dan hosting gratis.

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk untuk memberikan dukungan pada komunitas. Sebab, kekinian, komunitas memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan teknologi.

Di balik sorotan dunia teknologi yang seringkali terfokus pada inovasi, perusahaan besar, dan lonceng serta peluit canggih, ada kekuatan yang seringkali terabaikan, yaitu komunitas.

Cek Konten Lainnya:
Indocomtech 2019 Resmi Dibuka

Komunitas berperan sebagai tulang punggung industri teknologi, mendukungnya dengan cara yang mungkin tidak umum.

Komunitas teknologi adalah tempat di mana individu dengan berbagai latar belakang berkumpul untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide terkini. Mereka adalah wahana untuk berdiskusi, berdebat, dan memecahkan masalah bersama.

Melalui platform daring, forum, grup diskusi, dan pertemuan fisik, komunitas memfasilitasi pertukaran informasi yang luas dan mempromosikan pembelajaran kolaboratif.

Selain itu, komunitas menciptakan lingkungan yang merangsang inovasi. Mereka seringkali menjadi tempat lahirnya ide-ide revolusioner. Ketika individu dari berbagai disiplin ilmu dan latar belakang bekerja bersama, perpaduan ide-ide baru dapat menghasilkan solusi-solusi yang mengubah dunia.

Perusahaan teknologi sering kali memantau komunitas untuk menangkap tren dan ide-ide cemerlang yang mungkin mereka lewatkan.

Komunitas juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan profesional. Mereka membuka pintu untuk mentorship dan kolaborasi dalam proyek-proyek terbuka. Ini berarti seseorang dapat terus mengasah keterampilan mereka dan mendapatkan wawasan yang berharga.

Di dalam komunitas, individu dapat berkontribusi, membangun reputasi, dan mendapatkan pengakuan atas karya mereka.

Selain itu, komunitas adalah sumber daya berharga bagi perusahaan. Startup dan perusahaan teknologi sering kali bergantung pada komunitas untuk merekrut bakat potensial. Komunitas menyediakan platform untuk berinteraksi dengan calon karyawan dan mitra bisnis.

Dengan demikian, komunitas berkontribusi pada pertumbuhan bisnis dan ekosistem teknologi secara keseluruhan.

Dalam era teknologi yang terus berkembang, peran komunitas dalam industri tidak boleh diabaikan. Mereka menjaga agar perkembangan teknologi tetap inklusif dan berkelanjutan.

Dengan cara yang tidak umum, komunitas mendukung kolaborasi, inovasi, dan pertumbuhan, menjadikan mereka pilar tak tergantikan dalam dunia teknologi.

“Dukungan Jagoan Hosting untuk Hacktoberfest merupakan bentuk komitmen kami guna percepatan teknologi dan mewujudkan teknologi yang inklusif serta mampu meningkatkan produktivitas bisnis,” tandas dia.

Cek Konten Lainnya:
Coworking Space, Solusi Kreatif Lebih Dari Tempat Bekerja

Artikel tersebut merupakan ulasan singkat mengenai hacktober di Surabaya. Ikuti kegiatan dan artikel terbaru dari Jagoan Hosting lainnya, yah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Facebook Marketing: A Step by step to get your first Rp 100juta
Katanya bisnis pakai facebook itu asyik, bisa bikin kaya. Eh malahan sering ngeluarin duit terus buat iklan. Pemasukan…
iklan anti boncos
Read More
Cara Iklan Anti Boncos, Bikin Penjualan Semakin Jos
Pebisnis harus memahami tentang cara iklan anti boncos agar pemasaran yang dilakukan tetap optimal dan mendatangkan rezeki konversi.…