Perbedaan Elementor vs Elementor Pro, Cek Selengkapnya!

elementor free vs elementor pro

Bagi pengguna WordPress, Elementor menjadi salah plugin yang wajib untuk diinstal karena akan mempermudah kita dalam membangun website. Namun, tahukah kamu apa perbedaan Elementor vs Elementor Pro, Sob?

Elementor Pro tentu saja merupakan versi yang berbayar dan menghadirkan lebih banyak fitur. Sementara Elementor biasa bisa kita gunakan secara gratis, tapi dengan fitur-fitur yang terbatas.

Sebenarnya, untuk kebutuhan pembuatan website yang sederhana, menggunakan Elementor biasa saja sudah cukup. Meski begitu, versi Pro tentu menawarkan keragaman fitur yang dibutuhkan untuk pembuatan website tingkat lanjut.

Apa Itu Elementor?

elementor

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Elementor adalah salah satu plugin atau ekstensi yang dapat kamu instal di WordPress. Fungsi dari Elementor sendiri adalah membuat tampilan website dengan mudah, yaitu hanya dengan ‘drag and drop’.

Jadi, kamu tidak perlu lagi membuat coding yang rumit untuk membuat tampilan suatu website, Sob. Semua menu, fitur, dan berbagai kebutuhan tampilan website bisa kamu buat menggunakan plugin satu ini.

Hanya saja, Elementor Pro vs free memang ada perbedaan terkait kelengkapan fitur-fiturnya. Di versi Pro jelas menawarkan fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan versi gratisnya.

Nah, kalau kamu mau bikin website yang lebih lengkap, tentu menggunakan Elementor Pro akan memberikan kamu keleluasaan, Sob. Akan tetapi, kalau kamu baru ingin belajar membuat sebuah website, Elementor gratis sudah cukup.

Perbedaan Elementor vs Elementor Pro

elementor pro

Dari tadi kita sudah membahas bahwa fitur Elementor Pro lebih lengkap dari versi yang biasa. Lantas, apa saja poin-poin perbedaan tersebut? Berikut adalah beberapa perbedaan di antara kedua versi Elementor tersebut:

Cek Konten Lainnya:
Pengertian Sitemap dan Cara Membuatnya di Website

1. Pembuat Tema

Elementor Pro menawarkan fitur pembuat tema yang kuat yang tidak tersedia di versi gratisnya. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuat tata letak halaman yang disesuaikan untuk berbagai jenis halaman.

Nantinya, kamu bisa mendesain ulang bagian header maupun footer, membuat tata letak pada halaman khusus, hingga mengedit bilah sisi. Semua itu tidak akan bisa kamu dapatkan di versi Elementor gratis.

2. Template Professional

Elementor Pro menyediakan 200 lebih template profesional yang siap digunakan. Dengan begitu, kamu bisa membuat halaman web yang menarik dan berkesan sehingga menjadi pembeda dengan website-website lainnya.

Template-template ini dirancang dengan desain yang profesional dan responsif sehingga memudahkanmu membuat tampilan halaman web yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya bisnis kamu, Sob.

3. Menambahkan Formulir Login

Satu lagi perbedaan Elementor vs Elementor Pro adalah fitur yang hanya bisa kamu dapatkan di Elementor Pro, yaitu kemampuan untuk membuat formulir kontak dan formulir login dengan mudah. 

Fitur-fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menambahkan formulir kontak dan formulir login ke halaman web dengan mudah. Jadi, kamu tidak harus menguasai kemampuan coding untuk membuat tampilan tersebut.

4. Pro Widget

Dengan Elementor Pro, kamu bisa mengakses seluruh widget yang mereka tawarkan, mulai dari timer countdown, animated headline, table of content, dan masih banyak widget-widget keren lainnya.

Widget-widget tambahan ini memberikanmu lebih banyak fleksibilitas dan kontrol pada tampilan dan fungsionalitas website. Apapun bisnismu, Elementor Pro akan memudahkan proses pembuatan website yang sesuai.

5. CSS Khusus

Adanya CSS khusus pada Elementor Pro juga memberikan kelebihan tersendiri di mana kamu bisa menyesuaikan tampilan dan gaya halaman web dengan lebih dalam lagi sehingga website akan lebih terasa eksklusif.

Kamu juga bisa mengatur posisi, ukuran, dan margin dari setiap elemen halaman secara lebih detail menggunakan CSS khusus ini, Sob. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan tata letak yang lebih presisi dan responsif.

6. Terintegrasi dengan WooCommerce

Perbedaan Elementor gratis dan Elementor Pro adalah integrasinya dengan widget WooCommerce yang sangat berguna untuk pembuatan website marketplace atau online shop. 

Cek Konten Lainnya:
Inilah Framework untuk Backend Terbaik di 2024

Memiliki tampilan toko online yang menarik memberi kesempatan pada bisnis untuk lebih berkembang dan dikenal secara online. Jika toko onlinemu biasa-biasa saja, pelanggan bisa saja pergi dan tidak mau kembali lagi.

Cara Menginstal Elementor 

Setelah mengetahui apa saja perbedaan Elementor vs Elementor Pro, kini saatnya kita mengetahui cara menginstalnya di WordPress. Berikut adalah langkah demi langkah cara menginstal Elementor:

  • Pertama, masuklah ke dasbor WordPress dengan menggunakan akun administrator yang sudah kamu buat.
  • Pada bilah menu di sebelah kiri, pilihlahlah opsi “Plugin” dan klik “Tambah Baru”.
  • Di halaman “Tambah Plugin Baru”, carilah “Elementor” di kolom pencarian pada bagian kanan atas.
  • Jika sudah ketemu, klik tombol “Pasang Sekarang” di bagian samping.
  • Setelah proses penginstalan selesai, aktifkan plugin Elementor dengan mengklik tombol “Aktifkan”.
  • Jika sudah aktif, maka kamu akan melihat menu Elementor baru muncul di sisi sebelah kiri dashboard WordPress.
  • Nah, untuk menggunakan versi Pro, kamu bisa memasukkan kodenya di menu Elementor > Pengaturan > Lisensi. Dengan begitu, semua kelebihan Elementor di atas bisa kamu dapatkan.

Kelebihan Elementor

Sebagai sebuah plugin untuk membuat suatu website, Elementor memiliki sejumlah kelebihan yang tentunya bisa menjadi alasan untuk menggunakannya, antara lain:

1. Drag and Drop

Menyusun halaman suatu website hanya semuah drag and drop saja, Sob. Kamu tidak harus tahu bagaimana membuat animasi berjalan atau menampilkan tulisan yang timbul saat diklik menggunakan coding. Semua sudah tersedia dalam bentuk widget.

2. Cocok untuk Pemula

Kemudahan menggunakan Elementor membuatnya bisa digunakan oleh pemula. Baik itu Elementor vs ELementor Pro, semua bisa dengan mudah kamu kuasai sehingga tak perlu coding yang rumit untuk menggunakannya.

3. Memberikan Tampilan Front End

Apa yang saat ini sedang kamu kerjakan bisa kamu review sehingga kamu tahu tampilan front end nanti akan seperti apa. Hal ini tentu akan meminimalisir kesalahan dalam pembuatan konten website.

4. Komunitas Pengguna yang Aktif

Elementor memiliki komunitas pengguna yang besar dan aktif, serta berbagai sumber daya dan tutorial yang tersedia secara online. Jadi, kamu tetap bisa menggunakannya sekalipun masih pemula dalam membuat website, Sob.

Cek Konten Lainnya:
10+ Tips Memilih SSL yang Tepat untuk Website

Kekurangan Elementor

Selain kelebihan, ada beberapa catatan kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu untuk menggunakannya atau tidak:

1. Berbayar

Tentu saja, hal inilah yang sedang kita bahas kali ini. Elementor versi Pro hanya bisa kamu gunakan jika sudah berlangganan. Meski begitu, versi gratis sebenarnya sudah cukup untuk pembuatan website yang sederhana.

2. Editor Terbatas

Jika kamu cukup jago membuat coding, penggunaan Elementor justru akan membatasi kreativitasmu dalam membuat tampilan website yang eksklusif. Semua yang bisa kamu lakukan terbatas pada fitur-fitur yang sudah tersedia.

3. Sangat Bergantung pada Plugin

Penggunaan Elementor dapat membuat situs jadi tergantung pada plugin. Jika suatu hari kamu memutuskan untuk beralih ke pembuat halaman lain atau menghapus Elementor, maka kamu perlu melakukan banyak penyesuaian kembali.

Nah, itu tadi pembahasan tentang Elementor vs Elementor Pro. Kira-kira kamu lebih cocok memakai versi gratis atau versi Pro nih, Sob? Apapun pilihannya, yang jelas plugin WordPress satu ini sangat berguna untuk kebutuhan website kamu.

Dapatkan Elementor Pro Gratis di Jagoan Hosting

gratis elementor pro

Dapatkan Elementor Pro GRATIS di paket hosting Jagoan Hosting sekarang juga!

Dengan Elementor Pro, kamu bisa membangun website impian tanpa batas kreativitas! Tambahkan sentuhan personal ke setiap halaman dengan fitur-fitur canggih yang mudah digunakan.

Hemat lebih banyak dengan mendapatkan akses GRATIS Elementor Pro bersama paket hosting murah dari Jagoan Hosting.

FAQ

Kapan sebaiknya kita menggunakan Elementor Pro?

Jika kamu ingin membuat website yang lebih lengkap, ya kamu perlu upgrade Elementor ke versi Pro. Jika hanya ingin tampilan web yang sederhana, maka versi gratis sebenarnya sudah cukup.

Apa perbedaan utama Elementor gratis dan Pro?

Elementor Pro memiliki fitur lebih lengkap, widget lebih banyak, dan memungkinkan kita melakukan berbagai kustomisasi pada tampilan website.

Ada berapa pilihan paket pada Elementor Pro?

5 Paket, yaitu Essential, Advanced, Expert, Studio, dan Agency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
apa itu URL
Read More
Apa itu URL? Pengertian, Fungsi & Contohnya
Apa itu URL? Banyak yang salah arti dalam pengertian URL, selama ini orang hanya tau URL adalah sebagai…
tips memilih ssl
Read More
10+ Tips Memilih SSL yang Tepat untuk Website
Keamanan menjadi prioritas utama bagi setiap pemilik website, terutama dalam era digital ini yang penuh dengan risiko keamanan…