Kira-kira, apa yang kamu bayangkan saat mendengar nama software tester? Kalau dilihat dari namanya, software tester terlihat berkaitan dengan dunia teknologi. Lebih spesifiknya terkait dengan software atau perangkat lunak.

Ya, benar banget, Sob. Software tester adalah salah satu profesi dalam bidang teknologi informasi.  Profesi ini memang masih jarang digeluti. Cuma segelintir orang aja yang memegang posisi ini. Tapi, bukan berarti profesi ini nggak menjanjikan ya, Sob. Ini adalah salah satu profesi yang penghasilannya sangat menggiurkan. Profesi yang satu ini memiliki peran yang penting dalam sebuah tim pengembangan perangkat lunak.

Apa itu software tester?

apa itu software tester?
gambar dari unsplash

Software dan tester. Profesi ini memiliki peran sesuai perpaduan kata dalam namanya. Profesi ini memiliki bisa diartikan sebagai posisi yang melakukan pengujian pada perangkat lunak yang sedang dikembangkan. Profesi ini juga dikenal dengan sebutan software quality assurance. Hal ini karena perannya yang juga meliputi penjaminan kualitas sebuah perangkat lunak yang dikembangkan. Jadi, dapat dimaknai sebagai profesi yang bertugas menguji kualitas perangkat lunak.

Tugas software tester

Sesuai dengan job description-nya, seorang penguji perangkat lunak bertugas untuk melakukan pengujian perangkat lunak dengan menggunakan metode-metode tertentu. Mereka harus memastikan perangkat lunak yang dikembangkan oleh tim sudah terevaluasi dengan baik dan kualitasnya sudah terjamin untuk digunakan oleh klien. Posisi inilah yang menjadi orang pertama yang mencoba perangkat lunak tersebut. Mereka wajib memastikan perangkat lunak tersebut sudah bebas dari bug dan segala hambatan lainnya.

Metode yang digunakan

Ada dua metode yang bisa dilakukan oleh software tester saat menguji perangkat lunak. Metode-metode tersebut adalah:

  1. Manual testing

Seperti namanya, metode pengujian ini dilakukan secara manual. Penguji perangkat lunak akan berperan sebagai orang awam yang akan menggunakan perangkat lunak. Mereka akan melakukan beberapa pengujian untuk satu modul perangkat lunak yang diuji.

Metode ini bisa dianggap lebih dekat dengan kebutuhan klien karena profesi ini mengujinya dengan benar-benar menggunakan perangkat lunak tersebut. Selain itu, metode ini jauh lebih murah dibandingkan metode lainnya. Namun, rawan terjadi kesalahan dalam metode ini. Ketelitian mereka menjadi kunci utama keberhasilan pengujiannya.

  1. Automatic testing

Metode berikutnya merupakan metode yang lebih modern. Mereka akan menggunakan bahasa pemrograman untuk menguji perangkat lunak. Cara ini memang lebih efektif dan mampu menemukan bug yang lebih banyak. Namun, ada juga kekurangan dari metode ini. Beberapa di antaranya adalah alurnya yang lebih rumit dan biaya yang lebih besar. Selain itu, software tester tidak akan mendapatkan data seputar user interface dan user experience.

Alur kerja software tester

Sebelum mengerjakan tanggung jawabnya, tugas sebelumnya dipegang oleh developer atau programmer. Mereka harus menyelesaikan modul perangkat lunak yang perlu diuji. Jika modulnya telah selesai, barulah software tester bisa menjalankan tugasnya. Beberapa profesi ini tergabung dalam tim agile yang alur pengerjaannya kurang lebih seperti ini:

  1. Pengembangan perangkat lunak oleh programmer. Baik back-end programmer maupun front-end programmer.
  2. Dilakukan pengujian pada perangkat lunak.
  3. Programmer membenarkan perangkat lunak sesuai hasil evaluasi yang diberikan.
  4. Dilakukan pengujian kembali atau langsung diserahkan pada klien

Seluruh alur ini menjadi bagian dalam tim agile atau scrum. Semua alurnya dilakukan di bawah naungan kerangka kerja dengan pendekatan agile.

Kalau dari semua informasi seputar software tester yang sudah Jagoan Hosting bagikan, menurutmu pekerjaan ini enak nggak, Sob? Atau malah, kamu sangat tertarik untuk menjadi salah satunya?

Buat Sobat Jagoan Hosting yang ingin mengenal berbagai profesi di bidang teknologi informasi, kamu bisa terus pantengin blog kami. Sebagai salah satu penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia sekaligus bagian dari dunia teknologi informasi, Jagoan Hosting selalu memberikan update informasi terkini seputar hosting, game bahkan anime.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like