Mengenal Profesi Network Architect (Arsitektur Jaringan) di Indonesia

network architect

Network architect, salah satu profesi di bidang teknologi informasi yang belum seterkenal profesi-profesi lainnya. Kamu pasti sudah tau profesi-profesi yang umum seperti front end developer, back end developer atau full stack developer. Namun, belum banyak yang tau tentang profesi network architect.

Apalagi di Indonesia, belum banyak yang tau bahwa ada profesi bernama network architect. Kali ini Mimin akan membagika informasi seputar profesi network architect khusus untuk Sobat Jagoan Hosting. Lumayan buat nambah pengetahuan kamu. Bisa jadi referensi karier juga lho, Sob!

Network architecture

network architect
Gambar dari Unsplash

Sebelum membahas tentang profesinya, kita bahas terlebih dahulu tentang bidang yang digelutinya. Profesi ini bekerja di bidang yang namanya mirip dengan nama profesi mereka. Yup, network architecture!

Berbeda dengan teknik arsitektur yang ada di bayangan kamu, bidang ini nggak membahas seputar konstruksi bangunan. Network architecture atau arsitektur jaringan membahas seputar konstruksi jaringan. Bidangnya memang serupa, keduanya sama-sama menggeluti persoalan konstruksi. Namun, cakupan pekerjaan mereka berbeda. Teknik arsitektur mempelajari tentang konstruksi sebuah bangunan, sedangkan arsitektur jaringan membahas seputar konstruksi jaringan.

Jaringan apa sih yang dimaksud? Arsitektur jaringan mengurus hal-hal terkait jaringan komputer. Bidang ini mengurus keperluan terkait fungsi dan konfigurasi jaringan komputer. Nggak cuma itu, mereka juga bisa mencakup urusan jaringan komunikasi dan internet. Contohnya adalah jaringan wifi yang ada di rumah kamu, Sob.

Apa itu network architect?

Kalau dilihat dari pembahasan pada poin sebelumnya, kamu udah ada bayangan tentang profesi ini nggak, Sob?

Cek Konten Lainnya:
Kenali Apa itu Web Security, Fungsi, dan Tips Melakukannya

Sesuai dengan deskripsi bidang yang udah Mimin jelasin pada poin di atas, bisa disimpulkan bahwa network architect adalah profesi yang bertugas untuk mengatur jaringan komputer, komunikasi maupun internet. Profesi ini sebenarnya dekat banget dengan kehidupan sehari-hari, tapi sayangnya belum banyak yang mengenalnya.

Profesi yang bertanggung jawab ketika ada kendala di komputer atau laptop kamu, orang yang membantu kamu bisa mengakses jaringan wifi, bahkan orang yang sudah berjasa membantu kamu bisa berkomunikasi dengan di tempat yang berbeda. Merekalah para network architect.

Tanggung jawab network architect

Profesi ini bertugas mengatur semua proses konstruksi jaringan. Mulai dari perencanaan hingga pemeliharaan. Mulai dari menyusun rencana konstruksi jaringan sampai mengatasi masalah atau kendala yang ada pada jaringan yang sudah dibuat.

Secara umum, tanggung jawab tersebut bisa dikategorikan menjadi lima kegiatan ini:

  1. Mendesain jaringan
  2. Membuat model jaringan
  3. Network security
  4. Melakukan maintenance atau pemeliharaan pada peralatan
  5. Melakukan dokumentasi

Skill yang diperlukan

Dilansir dari sebuah laman informasi IT, seseorang yang bekerja di bidang arsitektur jaringan perlu menguasai tiga skill ini.

  1. Komponen jaringan komputer. Mereka wajib memahami komponen-komponen yang digunakan. Profesi ini wajib memahami bagaimana cara menggunakan dan merawat komponen-komponen tersebut.
  2. Sistem informasi. Nggak cuma paham komponennya, mereka juga wajib paham tentang sistemnya. Mereka harus tau bagaimana alur sistem informasi yang ada. Jelas, mereka juga harus memahami teknologi terkait sistem informasi.
  3. Manajemen proyek. Bukan cuma hardskill aja, softskill juga perlu. Softskill utama yang diperlukan profesi ini adalah skill manajemen proyek.

Jenjang karir arsitektur jaringan di Indonesia, apakah menjanjikan?

Sayangnya nih, Sob. Di Indonesia profesi ini dinilai kurang menjanjikan. Nggak ada jenjang karier yang jelas dan visioner. Kemungkinan untuk bisa mendapatkan “greater opportunities” bisa dibilang cukup kecil. Bisa jadi mereka stuck di profesi itu dalam waktu lama.

Cek Konten Lainnya:
Melihat Prospek Otomasi di Tengah Pandemi Berdasarkan Sudut Pandang Consumer Behavior

Itu dia informasi seputar profesi di bidang IT yang masih jarang dikenal. Kamu bisa meninggalkan komentar atau hubungi Mimin lewat media sosial kalau punya rekomendasi profesi yang bisa Jagoan Hosting bahas. Sebagai penyedia VPS Indonesia dan Hosting Terbaik, Jagoan Hosting pasti akan membagikan informasi yang kredibel seputar dunia IT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
midjourney
Read More
Midjourney: AI Pembuat Gambar yang Mudah
Mid Journey AI – Teknologi AI atau Artificial Intelligence kini sedang sangat digandrungi oleh pengguna internet di seluruh…
trello adalah
Read More
Trello: Fitur, Fungsi, Cara Menggunakan, dan Manfaatnya
Pernahkah kamu mendengar apa itu Trello? Atau pernahkah kamu ditugaskan untuk bekerja dalam sebuah tim menggunakan Trello? Trello…