Manajemen proyek perangkat lunak, kamu pernah dengar tentang ini nggak, Sob? Apakah manajemen proyek perangkat lunak ini beda dengan manajemen lainnya? Jawabannya kaan Mimin ulas dalam artikel ini ya, Sob. Siapkan catatan kamu dan simak pembahasannya di bawah ini.

manajemen proyek perangkat  lunak
gambar dari unsplash

Manajemen proyek perangkat lunak

Sama halnya dengan hal-hal manajerial lainnya, proses manajemen yang satu ini juga dilakukan untuk mengelola atau mengatur sesuatu. Sesuai namanya, hal yang dikelola oleh manajemen proyek perangkat lunak adalah proses pengembangan perangkat lunak alias software. Secara manajerial, manajemen proyek ini sama aja dengan manajemen lainnya. Hal yang membedakan hanyalah bidang dan bahasan di dalam manajemennya. Namanya juga proyek perangkat lunak, sudah jelas kalau manajemen ini merupakan manajerial di bidang teknologi.

Tujuan

Apa sih tujuan dari manajemen proyek ini? Secara umum, proses manajemen dilakukan untuk mengelola atau mengatur sesuatu. Begitu juga dengan tujuan manajemen proyek perangkat lunak. Dari proses  manajemen ini, kita bisa mengelola hal-hal dasar hingga teknis dari proyek yang dilakukan.

Mulai dari menetapkan dasar, tujuan, proses, hingga rencana hasil akhir proyek. Manajemen ini digunakan untuk mengelola semua hal itu, Sob. Proses manajerial yang dilakukan mencakup penentuan alur proyek bahkan mengatur pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

3 Fokus utama manajemen proyek perangkat lunak

Ada tiga hal yang jadi fokus utama dalam manajemen proyek perangkat lunak. Apa saja?

  1. People

Persis dengan proses manajemen di mana pun, manajemen proyek di bidang teknologi juga berfokus pada sumber daya manusia di dalamnya. Semua pihak yang terlibat menjadi fokus utama dari proses manajerial ini.

Kenapa people menjadi salah satu fokus utamanya? Jawabannya sederhana, manusia menjadi fokus utama karena manusialah yang menjadi perencana, pelaksana, dan pengguna dari proyek ini. Manusia akan menjadi pihak yang menjalankan proses yang sudah ditentukan.

  1. Problem

Dalam manajemen proyek ini, kita perlu tau masalah yang ada di dalamnya. Bukan hanya masalah yang sudah tampak, tapi juga kemungkinan masalah yang mungkin muncul dan kompleksitasnya. Dari masalah-masalah inilah akan disusun solusi serta strategi yang akan digunakan. Tentu saja semuanya dihasilkan dari dasar keilmuan yang jelas.

Problem yang dimaksud juga mencakup masalah pemilihan sumber daya dan pengelolaannya. Eits, bukan cuma sumber daya manusia tapi juga teknologi yang akan digunakan. Misalkan dalam pengembangan aplikasi, memilih rekomendasi VPS Terbaik untuk menghasilkan aplikasi yang terbaik pula juga menjadi salah satu contoh masalahnya.

  1. Process 

Fokus utama berikutnya adalah proses. Proses ini menjadi salah satu hal yang diperhatikan dalam manajemen. Mulai dari penyusunan kerangka kerja, memastikan semuanya berjalan sesuai alur kerangka kerja tersebut, dan memaksimalkan hasil dari proses yang telah dilakukan.

Stakeholder dan pihak yang terlibat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu fokus utama dari manajemen proyek adalah people. Nah, sekarang kita bahas siapa aja sih people dalam manajemen proyek ini?

Sama seperti prinsip agile atau scrum, manajemen ini melibatkan user, project manager, dan development team. Timnya terdiri dari developer sampai pihak-pihak lain yang akan menjalankan proses pengembangan perangkat lunaknya,

Model manajemen

Dalam pengembangan perangkat lunak, ada beberapa model yang biasa digunakan. Model ini sama dengan model agile development methods. Mulai dari metode waterfall sampai Rapid Application Development. Penerapan model manajemen biasanya disesuaikan dengan jenis proyek atau perangkat lunak yang dikembangkan. Bisa pula diterapkan sesuai alur kerja di perusahaan atau tim tersebut. Kalau kamu, pernah menerapkan model manajemen yang mana, Sob?

Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk pengembangan diri dan karier kamu ya, Sob! Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel-artikel yang diunggah di blog Jagoan Hosting. Kamu bisa membaca artikel seputar teknologi, bisnis, bahkan anime! Pastinya, kamu juga akan mendapatkan informasi seputar layanan Hosting Indonesia dan VPS Terbaik yang ditawarkan Jagoan Hosting.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like