Selain Perluas Pasar, Ini Pentingnya Website Untuk Bisnis

pentingnya website untuk bisnis

Di era transformasi digital saat ini, sederet pemilik usaha masih awam mengenai pentingnya website untuk bisnis. Padahal, pada masa serba canggih ini, pelaku usaha dituntut untuk beradaptasi untuk percepatan bisnisnya.

Untuk itu, Jagoan Hosting Indonesia bersama Mekari Qontak menggelar edukasi berkaitan dengan kegunaan website untuk bisnis pada Senin, 25 September 2023 kemarin.

Dalam kegiatan tersebut, Corporate Communication Beon Intermedia, Syauqi Nur memberikan pemahaman terkait keuntungan website untuk bisnis.

Syauqi memberikan pengenalan mengenai contoh website. Dimana, 30 peserta yang terlibat dalam kegiatan itu sebenarnya sudah banyak yang familiar.

“Secara pengertian, website merupakan kumpulan halaman yang saling berkaitan dan bisa diakses kapanpun melalui sambungan internet,” terang dia.

Pria yang akrab disapa Uqi ini mencontohkan, toko pusat oleh-oleh yang menjual berbagai macam snack dikemas menjadi satu dalam bentuk online.

“Sehingga, toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam kebutuhan, seolah-olah buka 24 jam dan bisa diakses oleh siapapun,” kata Uqi.

Meski demikian, pembuatan website ditentukan oleh masing-masing objektif atau tujuan yang ditentukan oleh masing-masing pelaku usaha.

“Misalnya, ada yang menjadikan website tersebut untuk kebutuhan branding atau awareness saja. Tak hanya itu, ada juga yang mungkin memanfaatkan website hanya untuk penjualan saja,” papar dia.

Menurut Uqi, pentingnya website untuk bisnis bisa mempermudah toko untuk melakukan ekspansi. Dia mencontohkan, selain kebutuhan branding, website juga bisa digunakan untuk memperkenalkan produk maupun jasa yang dijual.

Jika dibandingkan dengan sosial media, orang bisa scroll ke toko sebelah atau terkena hiburan lain. Sementara, di website, orang bisa lebih fokus mencari barang yang sesuai dengan kebutuhannya.

Cek Konten Lainnya:
5 Keuntungan Otomasi untuk Bisnismu, Sebuah Kemudahan di Tengah Situasi Pandemi

“Website juga bisa dijadikan media untuk campaign bagi perusahaan untuk mempromosikan jasa atau produknya,” kata Uqi.

Selain itu, keuntungan website untuk bisnis lainnya adalah meminimalisir biaya operasional. Utamanya, bagi bisnis yang membuka toko.

“Kalau toko fisik, membutuhkan biaya untuk kebutuhan operasional. Misalnya, listrik, air dan lainnya. Kalau website, hanya perlu membayar hosting dan domain saja per tahun. Harganya jauh lebih terjangkau,” imbuh dia.

Meski demikian, pembuatan website, lanjut Uqi harus diimbangi dengan copywriting yang tepat agar orang tertarik untuk melihat. Serta, menyediakan konten yang relevan.

“Serta, jangan lupa CTA (call to action) agar orang mau melakukan sesuatu. Pembelian, misalnya,” kata dia.

Di sisi lain, Henry Wijaya, Business Development Mekari Qontak menambahkan, kebutuhan website juga harus diimbangi dengan pengumpulan dan pengolahan data.

Henry menyebut, bagi pelaku bisnis, manfaat integrasi data digunakan untuk meningkatkan relasi.

“Tujuannya, pasti ke target konversi dan retensi. Integrasi data ini bisa membuat pelaku usaha tak hanya menjangkau kolam di Indonesia, namun juga mancanegara,” kata dia.

Dia menambahkan, dalam kebutuhan integrasi data, tak hanya membutuhkan satu chanel saja. Namun, harus memanfaatkan omni channel.

“Dalam hal ini, harus diperhatikan sales stages. Mulai dari pre-sales, purchase hingga customer care,” lanjut dia.

Menurutnya, pelaku bisnis juga harus pandai memanfaatkan berbagai chanel untuk berinteraksi dengan calon pelanggannya.

“Harus bisa jemput bola. Salah satu caranya, menjalin komunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp agar lebih dekat dan mudah untuk melakukan pendekatan,” tandas dia.

Penjelasan di atas merupakan edukasi mengenai pentingnya website untuk bisnis dan bagaimana cara mengumpulkan dan melakukan integrasi data yang tepat. Agar pelaku bisnis bisa membuat usahanya berkembang lagi.

Cek Konten Lainnya:
Pernah Viral, Gimana Kabar Aplikasi Clubhouse Sekarang?

-->
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Ini Cara Buat Portofolio Online Yang Keren, Sob!
Punya skill bahasa pemrograman seperti Java, Ruby, C, dan Phyton? Ingin meraih lebih banyak peluang dengan menjajakan jasa…
marketing automation
Read More
Definisi Marketing Automation dalam Bisnis, Manfaat & Contohnya
Marketing atau pemasaran memang memegang peranan yang sangat krusial untuk keberhasilan bisnis. Untuk memudahkan proses pemasaran, ada banyak…