Jagoan Hosting terima Visit Factory dari SMK Telkom

visit factory jagoan hosting

Kali ini, Jagoan Hosting terima Visit Factory dari SMK Telkom sebagai salah satu upaya mengenalkan siswa dengan industri teknologi. Lantas, apa tujuan dan bagaimana keseruan kegiatan ini?

Pengenalan terhadap Dunia Industri

Kunjungan SMK Telkom Malang ke kantor Beon Intermedia memberikan siswa pengenalan langsung tentang industri teknologi. Peserta didik melihat bagaimana konsep-konsep yang dipelajari di sekolah, diterapkan di dunia kerja.

Hal ini memberi siswa pemahaman yang lebih dalam tentang proses bisnis, teknologi terkini, serta pentingnya kolaborasi antara industri dan pendidikan dalam menghasilkan lulusan yang siap kerja.

visit factory jagoan hosting

Guru pendamping kegiatan, Joni Setiawan menambahkan, sekolahnya mengunjungi Beon Intermedia karena kelengkapan fasilitas yang menunjang pembelajaran siswa.

“Kunjungan ke Beon Intermedia karena divisinya lengkap. Kebutuhan program studi RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) bisa terjangkau karena ada posisi IT Developer, Front End, Back End, UI/UX dan prodi TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) juga tersedia divisinya,” kata dia.

Inspirasi dan Motivasi

Mengunjungi kantor Beon Intermedia membantu siswa menentukan tujuan mereka ke depan. Apakah ingin berkarir di bidang teknologi, melanjutkan pendidikan tinggi, atau menjadi wirausahawan. Dari kegiatan ini, siswa jadi lebih mengenal dunia industri yang akan mereka hadapi.

dinoyo research center

Para siswa melihat secara langsung bagaimana tim Beon Intermedia bekerja, perangkat pendukung yang digunakan, serta fasilitas lain seperti Dinoyo Research Center.

Sebagai informasi, Dinoyo Research Center merupakan miniatur server yang dimiliki oleh Jagoan Hosting. Fasilitas ini merupakan fasilitas umum, bagi yang ingin belajar bagaimana mengolah server.

Meski difungsikan sebagai tempat pelatihan, pelanggan tidak perlu khawatir akan data-data mereka. Karena, data pelanggan tersimpan aman di server yang terletak di Jakarta dan Singapura.

Cek Konten Lainnya:
Jagoan Hosting Bagi Domain Gratis untuk UMKM 

Pengenalan ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk mengejar impian mereka. Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Wakil Kepala SMK Telkom Malang, Ifa Choirunnisa.

“Dalam Kurikulum Merdeka, terdapat proyek penguatan Pancasila. Target kegiatan tersebut adalah membentuk karakter siswa. Kali ini, target tersebut dimulai dengan memperkenalkan siswa dengan dunia industri, serta perannya. Sehingga, siswa bisa menentukan tujuan mereka di masa depan,” ujarnya.

Pemahaman tentang Inovasi dan Perubahan

Para siswa melihat bagaimana Beon Intermedia beradaptasi dengan cepat terhadap pasar teknologi yang terus berubah, dan menciptakan solusi baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Inovasi tersebut terus dilakukan oleh Beon Intermedia dan ketiga entitasnya. Jagoan Hosting senantiasa menjadi penyedia hosting pilihan masyarakat. Ngalup Collaborative Network terus berperan dalam menggerakkan ekosistem startup Malang. Serta, Mebiso menjadi solusi perlindungan merek pelaku UMKM dan ekonomi kreatif.

Tak hanya inovasi-inovasi tersebut, kantor Beon Intermedia dirancang secara unik. Suasana kantor tidak serius seperti kantor-kantor korporasi pada umumnya. Ditambah, adanya fasilitas menarik seperti balkon yang bisa dipakai tim kapan saja.

Dari informasi yang diberikan para siswa, ternyata fasilitas tersebut menarik perhatian mereka. Karena, terkesan santai dan memotivasi diri.

Jembatan antara Pendidikan dan Karir

Kunjungan ke kantor Beon Intermedia kali ini menjadi jembatan antara pendidikan dan karir. Siswa SMK Telkom Malang memperoleh wawasan tentang berbagai jalur karir di industri teknologi. Serta, mendapatkan informasi tentang program pendidikan dan pelatihan yang dapat membantu mereka mencapai tujuan karir.

Beon Intermedia juga kerap menerima siswa magang dari sekolah-sekolah vokasi. Selain memenuhi kebutuhan kurikulum sekolah, program ini diharapkan mampu melatih hard skill siswa yang sebelumnya hanya dipelajari di ruang kelas.

Cek Konten Lainnya:
Belajar Backend Development Untuk Jenjang Karir Gemilang

Program ini juga bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan soft skills seperti kemampuan komunikasi, kerjasama tim, dan pemecahan masalah melalui pengalaman praktis di dunia nyata.

Dengan demikian, siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan teoritis, tetapi juga keterampilan lain yang diperlukan untuk bisa sukses di dunia kerja.

Hal itulah yang dirasakan para siswa, salah satunya Adinda Ayu dari kelas XI RPL 2.

“Tadi lumayan diberi banyak info mengenai dunia kerja ini ada apa aja, di lingkungan kerja juga bagaimana. Saya sendiri bercita-cita di bidang UI/UX,” jelasnya.

Seperti yang kita tahu, pekerjaan UI/UX (User Interface/User Experience) berkutat dengan perancangan tampilan dan pengalaman pengguna yang optimal dalam interaksi dengan produk atau layanan digital. Hal serupa juga diutarakan Nahla Syafina dari kelas XI RPL 2.

“Saya tertarik UI/UX karena suka desain. Selain itu juga Front End. Karena setelah mendalami UI/UX, juga bisa berkontribusi di Front End,” ujarnya.

Nahla dan teman-temannya juga semakin mantap untuk melanjutkan magang atau praktik industri di Beon Intermedia.

Dengan menggabungkan pengenalan langsung terhadap dunia industri teknologi, motivasi untuk mengejar karir di bidang tersebut. Serta penekanan pada pengembangan keterampilan praktis, kunjungan SMK Telkom Malang ke kantor pusat Beon Intermedia tidak hanya menjadi sebuah kegiatan visitasi belaka.

Tetapi, juga sebuah jembatan penting antara pendidikan dan karir yang membantu siswa mempersiapkan diri untuk masa depan yang sukses dalam dunia kerja yang terus berkembang.

Sebelumnya, Jagoan Hosting dan SMK Telkom Malang telah bekerja sama melalui dukungan infrastruktur TEFA (Teaching Factory).

TEFA merupakan kesempatan bagi siswa untuk menggarap proyek-proyek di dunia industri. Model pembelajaran ini, bertujuan agar para siswa mengenal seperti apa proyek yang akan mereka hadapi di dunia kerja.

Cek Konten Lainnya:
Kurangi Resiko Serangan Cyber, Ini Dia Cara Belajar Web Security 

Hal ini termasuk mengakomodir pembelajaran product knowledge, modul e-book, video pembelajaran, tutorial, serta artikel.

Tidak kalah penting, kerja sama ToT sebagai bentuk pelatihan guru. Sehingga, menambah kompetensi guru-guru SMK Telkom, dan lebih piawai dalam melakukan edukasi (knowledge transfer) kepada peserta didik.

Tentunya, kegiatan visit factory tidak terbatas untuk kali ini saja. Beon Intermedia dengan senang hati membuka rumah kami bagi seluruh insitutsi pendidikan untuk berkunjung.

Dengan demikian, Jagoan Hosting terima Visit Factory dari SMK Telkom menjadi contoh pentingnya kolaborasi antara dunia pendidikan dan dunia industri, yang diharapkan terus berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
“Amazing Race” Kumpul Jagoan yang Meriah Bersama Komunitas
Sabtu, 30 September 2017 menjadi hari dimana Kumpul Jagoan #2 digelar. Mengusung tema “Amazing Race”, Kumpul Jagoan kali…
17 tahun jagoan hosting
Read More
17th Jagoan Hosting: House Warming Dihadiri Komunitas & Startup
Jagoan Hosting Adakan House Warming Untuk Silaturahmi Antar Komunitas dan StartupJagoan Hosting adakan house warming pada Sabtu, 6…