9+ Manfaat Website untuk Bisnis agar Lebih Sukses

manfaat website untuk bisnis

Di era digital saat ini, manfaat website untuk bisnis sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Website adalah salah satu platform penting yang membantu strategi marketing bisnismu jadi jauh lebih efektif.

Selain karena bisa menjangkau lebih banyak target customer, website sebagai media digital juga akan meminimalisir biaya maupun waktu karena sistemnya yang sangat fleksibel.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang pentingnya website untuk bisnis, kamu bisa simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini.

10 Manfaat Website untuk Bisnis

Disadari atau tidak, sebenarnya terdapat berbagai manfaat website untuk bisnis yang dapat diperoleh para pengusaha.

Setidaknya, inilah beberapa fungsi website untuk bisnis yang perlu kamu ketahui, Sob.

1. Meminimalisasi Biaya

Pertama dan paling utama, manfaat website untuk bisnis yaitu dapat meminimalisasi biaya.

Sampai di sini, mungkin kamu tidak yakin dengan pernyataan tersebut mengingat biaya pembuatan website selama ini terkenal mahal.

Namun sebenarnya, pentingnya website untuk bisnis adalah kamu tidak perlu mengeluarkan biaya pemasangan iklan di surat kabar yang tentunya lebih mahal.

Selain itu, sebagai pemilik bisnis, kamu juga bisa melihat pasar yang lebih potensial dan efektif untuk memperluas jangkauan pasar.

Kemudian, meskipun pembuatannya cukup mahal, sebenarnya biaya maintenance website untuk usaha kecil masih relatif terjangkau lho, Sob.

Cek Konten Lainnya:
Google AdSense: Cara Daftar & Syarat agar Diterima

Adapun estimasi biayanya yaitu di bawah Rp500.000 per bulan. Masih cukup terjangkau bukan apabila dibandingkan dengan iklan di surat kabar?

Baca juga: 11 Cara Mempromosikan Website agar Lebih Ramai Pengunjung

2. Hemat Waktu

Tanpa adanya website, pemilik bisnis mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk menghubungi klien, bertatap muka, membagikan brosur, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, fungsi website untuk bisnis adalah membuat katalog online yang dapat memuat banyak informasi tentang produk atau jasa. 

Setelah itu, website dapat diakses dengan mudah oleh calon pelanggan tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Jadi dapat disimpulkan, salah satu manfaat website untuk bisnis adalah dapat menghemat waktu.

3. Mempermudah Akses Informasi dan Pemberitaan

Manfaat website untuk bisnis berikutnya adalah mempermudah akses pemberitaan. Sebab, calon pelanggan bisa mengakses informasi di manapun dan kapanpun.

Bahkan di saat yang sama, pelanggan dapat melakukan transaksi, sedangkan pemilik bisnis bisa mengelola pesanan dan melakukan pengiriman dengan mudah. Cukup efisien, bukan?

4. Mengenalkan Profil Perusahaan

Salah satu platform digital yang dapat digunakan untuk memperkenalkan company profile perusahaan adalah dengan menggunakan website. 

Dalam hal ini, kegunaan website untuk bisnis adalah menampilkan profil perusahaan secara lengkap seperti, produk atau jasa, maupun info-info terbaru secara cepat.

Dapat dikatakan, inilah salah satu manfaat website untuk bisnis yang tidak boleh diabaikan oleh perusahaan. 

5. Memberikan Layanan Digital 24 Jam

Berikutnya, manfaat website untuk bisnis yang cukup penting adalah pemilik bisnis dapat memberikan layanan 24/7 kepada pelanggan.

Tentunya, hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan para pelanggan, Sob. 

Dalam hal ini, kamu bisa menambahkan FAQ, fitur live chat, dan halaman kontak yang memudahkan calon pelanggan atau pengunjung menghubungi kamu.

Cek Konten Lainnya:
6 Manfaat Penting Copywriting untuk Bisnis!

6. Sebagai Media Display Produk Atau Jasa

Manfaat website selanjutnya yaitu sebagai media display produk maupun jasa, atau bisa disebut juga dengan portofolio online. 

Dengan memasukkan display produk atau jasa, pengunjung dapat memperoleh informasi tentangnya secara detail.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan testimonial untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Baca juga: Apa itu Brand Awareness? Contoh, Fungsi & Strateginya

7. Menjangkau Target Pasar Lebih Luas

Website merupakan media platform terbaik untuk mempromosikan produk atau jasa. Sebab, website dapat diakses secara global dan dapat menjangkau target pasar yang lebih luas.

Bahkan berdasarkan perkembangan teknologi dan internet, tidak hanya produk sehari-hari atau jasa saja yang dapat dipromosikan secara online, mobil maupun rumah pun dapat diiklankan di website, Sob.

8. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Kegunaan website untuk bisnis berikutnya adalah meningkatkan kredibilitas bisnis itu sendiri.

Mengapa demikian? Pasalnya, saat ini semakin banyak konsumen yang menggunakan internet untuk mencari informasi mengenai produk atau jasa sesuai kebutuhan mereka. 

Tentunya, hal ini cukup berpotensi untuk meningkatkan kredibilitas dengan menggunakan website.

9. Meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Customer

Selain dapat meningkatkan kredibilitas bisnis, manfaat website untuk bisnis adalah dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan jawaban yang sedang mereka cari. Selain itu, konsumen pun akan selalu up-to-date mengenai info produk atau jasa yang kamu tampilkan di website.

10. Membantu Persaingan dengan Kompetitor

Tahukah kamu jika memiliki website juga menjadi diferensiasi dengan kompetitor? Hal itu dikarenakan, website adalah satu brand identity yang dapat membedakanmu dengan kompetitor. 

Bahkan bukan tidak mungkin, jika manfaat website untuk bisnis dapat membantumu untuk memenangkan persaingan tersebut. 

Cek Konten Lainnya:
Bisnis Online Sukses dengan Wordpress? Plugin Wordpress Bisa Membantu

Tentunya, hal ini harus dibarengi dengan konsistensi untuk meningkatkan optimasi website, Sob. 

Dalam hal ini, kamu bisa melakukan optimasi SEO dengan memanfaatkan fungsi pencarian lokal, membuat akun pada Google Bisnisku, dan juga selalu meng-update konten yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Baca juga: Tips dan Cara Membuat Storyboard untuk Konten dan Contohnya

Tips Bikin Website untuk Bisnis

Setelah mengetahui manfaat website untuk bisnis, kini waktunya memahami bagaimana cara membuat situs web dengan mudah.

domain untuk website bisnis

Tips pertama adalah perlu mengecek ketersediaan domain untuk website bisnis, kamu dapat menggunakan layanan pendaftaran domain yang disediakan Jagoan hosting di Beli Domain Murah.

Selain perlu domain untuk membuat website, pastikan untuk menggunakan layanan hosting murah terbaik dari Jagoan Hosting ya, Sob! 

Panduan Lengkap untuk Bikin Website untuk Bisnis.

Untungnya lagi, jika menggunakan hosting dari Jagoan Hosting, kamu bisa mendapatkan domain gratis dan dukungan teknis dari tim support bersertifikasi. 

Yuk, temui informasi bermanfaat lainnya di blog Jagoan Hosting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Google Bisnisku
Read More
Cara Daftar Google Bisnisku dan Manfaatnya bagi Pelaku Bisnis
Google Bisnisku adalah salah satu tool yang dikembangkan oleh Google untuk memudahkanmu dalam mengembangkan usaha.  Dengan adanya fitur…
stp adalah
Read More
Mengenal Strategi Pemasaran STP & Penerapannya
Dalam mengembangkan bisnis, strategi pemasaran tak boleh luput dari perencanaan kamu, salah satunya yaitu STP. STP adalah singkatan…