10+ Situs Shorten URL untuk Perpendek Link Gratis + Tracking

situs shorten url

Alamat URL yang terlalu panjang memang terkesan tidak menarik untuk dibagikan. Maka dari itu, banyak yang memanfaatkan layanan perpendek link untuk menyingkatnya.

Untungnya, saat ini terdapat banyak shorten link atau pemendek link yang bisa membantu kamu mengatasi masalah URL panjang dan mengganggu.

Membagikan link yang terlalu panjang dapat menyulitkan orang saat menyalinnya. Bahkan terkadang bisa dianggap sebagai link spam.

Selain itu, membagikan link yang singkat dan cantik akan membuat situs atau bisnis kamu lebih profesional. Nah, berikut beberapa rekomendasi situs shorten URL yang bisa kamu gunakan secara gratis:

1. TinyURL

shorten url - tinyurl

Situs perpendek link yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi pengguna Twitter. Pasalnya, TinyURL dikenal sebagai situs favorit pengguna Twitter untuk mempersingkat link.

Situs ini telah rilis sejak tahun 2002. TinyURL termasuk salah satu pelopor situs shorten URL yang kepopulerannya sempat melejit.

Selain gratis, layanan dari TinyURL bisa langsung kamu gunakan tanpa perlu mendaftarkan akun. Jadi, apakah kamu tertarik memilih URL shortener with tracking ini?

Bukan itu saja, kamu juga bisa mengubah kata-kata yang terdapat pada link baru untuk dibagikan nanti. Link yang kamu buat juga tidak memiliki batas waktu kadaluarsa, sehingga akan tersedia selamanya.

2. Bitly

perpendek url - bitly

Disebut-sebut sebagai situs untuk memperpendek link gratis paling populer, setiap bulannya Bitly bisa mendapat permintaan memendekkan hingga sebanyak 600 juta URL.

Bukan tanpa sebab banyak pengguna internet memilih situs ini, Sob. Salah satu alasannya yaitu Bitly memiliki banyak fitur bermanfaat yang sangat membantu pengguna.

Kamu bisa menggunakan layanan dari Bitly tanpa perlu membuat akun. Meskipun begitu, ada baiknya kamu membuat akun gratis Bitly jika perlu penggunaan sejumlah fitur lain untuk menunjang bisnis, seperti kustomisasi URL dan melacak CTR.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Landing Page? Ini Cara Membuat & Bedanya dengan Website

Selain proses pemendekan link yang mudah, Bitly menyediakan perlindungan enkripsi HTTPS untuk setiap link yang kamu buat pada situs ini. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir adanya virus atau pihak luar yang mengubah link tersebut.

Bitly juga menyediakan versi berbayar yang memungkinkan pengguna mengakses lebih banyak fitur untuk kustomisasi URL.

Rekomendasi situs pemendek URL berikutnya bernama BL.INK. Situs ini memiliki tampilan yang user friendly dan menyediakan fitur yang sangat lengkap.

Mirip seperti Bitly, kamu juga bisa menggunakan BL.INK untuk melacak lalu lintas link yang telah kamu buat. Selain itu, tersedia juga fitur untuk kustomisasi link, melacak lokasi orang yang menggunakan link, dan banyak lagi.

Salah satu fitur unggulan BL.INK ialah Smart Link. Dengan fitur ini kamu bisa membuat link berdasarkan keyword populer. Link yang demikian dapat menarik traffic yang lebih tinggi untuk bisnis kamu.

Menariknya, kamu bisa mengakses hampir semua fitur dari BL.INK secara gratis. Namun, perlu diperhatikan bahwa versi gratis terbatas untuk satu pengguna dan 1.000 klik per link sehingga lebih cocok untuk bisnis kecil hingga menengah.

Sementara untuk mengakses layanan premium, kamu perlu membayar biaya langganan sebesar 12 dollar per bulan.

4. Tiny.cc

Tiny.cc menyediakan cara memperpendek link gratis yang mudah untuk siapa saja. Tidak heran jika situs ini termasuk salah satu yang paling populer.

Kamu juga tidak perlu membuat akun terlebih dahulu untuk bisa mengakses fitur Tiny.cc untuk memendekkan link.

Selain itu, Tiny.cc juga mendukung kustomisasi URL yang bisa kamu gunakan untuk keperluan branding. Harga kustomisasi URL dari situs ini juga cukup terjangkau, yaitu hanya 5 dollar per bulan.

Tersedia juga berbagai fitur lain yang memungkinkan kamu untuk melacak performa dari link.

5. Rebrandly

perpendek link - rebrandly

Termasuk dalam jajaran shorten URL terbaik, Rebrandly menawarkan berbagai fitur canggih. Salah satunya yaitu opsi custom domain sesuai keinginan. Jadi, di Rebrandly kamu bisa membuat link dengan nama brand kamu.

Cek Konten Lainnya:
Wajib Tahu, Sob! 5 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2020!

Kamu juga bisa menggunakan berbagai fitur lain yang tersedia untuk menunjang keperluan bisnis, seperti pengaturan kadaluarsa link, mengubah link menjadi QR Code, menganalisa performa link, dan banyak lagi.

Untuk menggunakan layanan dari Rebrandly, kamu perlu membuat akun terlebih dahulu.

6. Yourls

Berbeda dari situs shorten URL lain, Yourls menggunakan sistem self-hosting, sehingga memungkinkan kamu untuk membuat domain URL sendiri secara gratis.

Untuk membuat link lebih pendek dengan Yourls, kamu perlu melakukan instalasi dan menjalankan pada server pribadi.

Ada banyak fitur dari Yourls untuk keperluan bisnis kamu, seperti pengecekan data pengunjung link, statistic performa link, dan banyak lagi. Menariknya, Yourls tidak akan membebani server meskipun fiturnya banyak.

7. T2M

Situs perpendek link yang satu ini menawarkan fitur yang terbilang lengkap. Tersedia dashboard pengguna yang memungkinkan kamu untuk memantau traffic dari link yang kamu buat.

Menariknya, kamu bisa memendekkan banyak link secara bersamaan di T2M. Tersedia juga opsi untuk membagikan link yang sudah jadi ke media sosial dengan satu klik.

T2M juga memiliki fitur untuk kustomisasi URL dengan pengaturan waktu kadaluarsa sesuai keinginan.

Penggunaan T2M secara gratis juga cukup leluasa karena tidak memiliki batasan jumlah URL untuk dipendekkan. Satu lagi keunggulan dari situs ini, yaitu fitur Custom Analytic Reports yang memungkinkan laporan statistik yang lebih detail.

8. Cuttly

pemendek link - cuttly

Cuttly patut menjadi shorten URL andalan untuk keperluan bisnis. Pasalnya, situs ini tidak hanya membantu membuat link menjadi lebih singkat dan cantik. Cuttly memiliki banyak fitur yang menunjang keperluan branding.

Kamu bisa mengevaluasi analytics performa dari link yang sudah dipendekkan dengan Cuttly. Selain itu, tersedia opsi custom link dengan domain brand sendiri sehingga terkesan lebih kredibel dan profesional.

Satu lagi yang menjadi keunggulan Cuttly, yaitu tampilan dashboard yang sederhana dan user friendly.

Cek Konten Lainnya:
Plan Poker: Bantu Mengestimasi Item Product backlog Saat Planning Meeting

9. Short URL

Bagi kamu yang lebih suka situs dengan tampilan sederhana dan cepat memproses pemendekan link, Short URL bisa menjadi pilihan tepat.

Pada halaman situs ini, kamu bisa langsung memasukkan link di kolom yang tersedia. Selanjutnya, tinggal klik dan tunggu sebentar hingga link dalam versi lebih pendek jadi.

Short URL juga menyediakan berbagai fitur lain yang bisa kamu akses dengan akun premium. Fitur yang tersedia meliputi analytic, custom short link, dashboard, dan sebagainya.

10. Smart URL

Smart URL merupakan situs memperpendek link yang juga menyediakan sejumlah fitur untuk mendukung keperluan branding bisnis kamu.

Salah satu fitur unik dari situs ini yaitu adanya opsi untuk mengatur negara tujuan dan perangkat. Opsi tersebut dapat membantu mengarahkan promosi pada target pasar yang sesuai.

11. GG.gg

Satu lagi rekomendasi situs perpendek URL yang mudah dan simple, GG.gg. Untuk membuat URL lebih pendek, kamu tinggal memasukkan link pada kolom yang tersedia. Kemudian bubuhkan tanda centang apabila hendak memodifikasi akhiran link.

Lanjutkan dengan menentukan nama link, lalu klik tombol Shorten URL. Kamu bisa mengecek link baru dengan klik Open Link in New Tab. Tersedia pula fitur untuk mengubah link yang sudah jadi menjadi QR Code untuk.

Penutup

Itulah rekomendasi situs shorten URL untuk perpendek link secara gratis. Kebanyakan layanan gratis memang memiliki batasan tertentu, sehingga kamu perlu cermat memilih situs yang sesuai untuk bisnis kamu.

Memilih situs yang baik bisa jadi awal yang bagus untuk bisnis yang hendak kamu lakukan. Situs yang bagus juga akan meningkatkan jumlah review, bagi sob yang ingin mengembangkan situs pribadi untuk aktualisasi diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara melacak hp
Read More
9 Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Nyala & Mati!
Cara melacak HP yang hilang penting diketahui oleh setiap orang. HP sebagai produk teknologi semakin tidak bisa ditinggalkan,…
cara memasang google analytics di wordpress
Read More
Cara Pasang Google Analytics di WordPress bagi Pemula
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melihat performa website pada CMS WordPress. Salah satu yang paling mudah adalah…