Cara Mengembangkan Bisnis di Era Digital Dengan Tepat

cara mengembangkan bisnis

Di era digitalisasi, setiap pemilik usaha harus memahami cara mengembangkan bisnis di era digital. Melalui kegiatan bertajuk

“Teknik Hemat & Tepat Menjaring Klien Tanpa Berkeringat” yang digelar oleh Jagoan Hosting dan PT Satu Tujuan Event ini, memberikan edukasi tentang membangun bisnis di era digital.

Acara yang digelar pada Rabu, 27 September 2023 itu menghadirkan dua orang pemateri, yaitu Ari Pohan, Project Executive PT Satu Tujuan Event dan Hilga Damayanti, UI/UX Designer Jagoan Hosting.

Pada kesempatan tersebut, banyak membahas lebih dalam mengenai strategi komunikasi bisnis di era digital. Tujuannya, untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan pebisnis untuk mempersiapkan usahanya.

Project Executive PT Satu Tujuan Event, Ari Pohan mengungkapkan, penggunaan promosi di era digital memang lebih banyak menggunakan platform media sosial.

“Selain itu, kami juga memanfaatkan website sebagai identitas brand kami. Saat ini, saat orang ingin tahu sesuatu, bisa cari di google,” kata dia.

Berkaitan dengan kebutuhan tersebut, yang sangat penting diperhatikan adalah kata kunci atau keywords yang digunakan.

“Ini penting banget, perusahaan bisa menuangkan informasi bagi pengunjung atau calon klien di masa depan. Misalnya, klien bisa melihat portofolio kita juga untuk meningkatkan trust,” kata dia.

Ari menjelaskan, membuat website bisa menekan budget untuk kebutuhan perusahaan dalam hal memperluas pasar.

“Website bisa membantu kita mendapatkan market agar dapat revenue sebanyak-banyaknya. Manfaatkan budget seefektif dan seefisien mungkin. Selain itu, juga membantu awareness agar orang-orang banyak tahu perusahaan kita,” papar dia.

Zaman sekarang, membuat website bukanlah hal yang rumit. Apalagi, sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa tersebut. Salah satunya Jagoan Hosting.

Cek Konten Lainnya:
Gimana Sih Sebenarnya Kebiasaan Gen Z dalam Ber Sosial Media? Ini Dia Jawabannya

“Saat ini kami pakai Jagoan Hosting, tidak ribet. Website mau diisi apa, layoutnya seperti apa, bisa disesuaikan dengan kebutuhan kami,” imbuh dia.

Sementara itu, UI/UX Designer Jagoan Hosting, Hilga Damayanti menambahkan, tampilan desain website yang dihadirkan harus mudah dan nyaman.

“Disini bisa terlihat dari bagaimana pengguna memahami konten dan mengoperasikan navigasi yang ada pada website. Sehingga, calon pelanggan bisa tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan,” papar dia.

Dalam membuat website, juga penting diperhatikan warna tampilan agar terlihat menarik. Termasuk, aspek kecepatan website juga menjadi fokus utama.

“Kalau desain yang ditampilkan tidak menarik atau load lama, akan timbul bounce rate. Sebab, pengunjung tidak melakukan aksi apa-apa di website kita,” kata dia.

Hilga menambahkan, pembuatan website harus disesuaikan dengan target market. Dia mencontohkan, untuk website obat herbal, dimana pangsa pasarnya adalah orang berusia lanjut.

“Warna yang dipilih dalam website harus soft, tulisan dan gambar harus lebih besar. Sebab, orang berusia di atas 40 lebih suka tulisan dan gambar yang besar agar mudah terbaca,” kata dia.

Selain itu, dalam membuat website juga harus memahami website milik kompetitor.

“Dari situ, kita bisa tahu, apa yang kurang dari website mereka dan bisa ditambahkan di website kita. Kemudian, pemilihan tombol untuk melakukan aksi juga bisa dieksplor lebih jauh lagi,” kata Hilga.

Pada kesempatan tersebut, Hilga juga berpesan kepada pemilik usaha agar mengamankan lebih dahulu nama domain untuk pembuatan website.

“Amankan dahulu nama domainnya, agar tidak digunakan oleh orang lain. Sebab, pembelian nama domain hanya satu kali saja,” pungkas dia.

Uraian di atas merupakan rangkuman singkat mengenai cara mengembangkan bisnis di era digital. Ingin tahu edukasi lainnya, selalu baca blog Jagoan Hosting kami, yah!

Cek Konten Lainnya:
Startup Ini Siap Bantu Maksimalkan Fasilitas WIFI Gratis Anda!

-->
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Manajemen Komunikasi & Publik Relasi dalam Online Store Anda
Beberapa dari kalian mungkin sering mendengar tentang manajemen komunikasi, publik relasi, customer service dan hal hal yang kalian…
jagoan poin
Read More
Jagoan Poin untuk Pelanggan Setia, Bikin Untung Nggak Main-Main!
Jagoan Poin – Jika kamu suka game petualangan, tentunya kamu mengerti sistem exp alias experience, bukan? Semakin banyak…