Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
Skill Menjadi Digital Marketing - jagoanhosting.com

Ingin Menjadi Digital Marketing Handal? Pastikan 7 Skill ini Kamu Miliki!

Digital Marketing menjadi sebuah profesi yang banyak digandrungi millennials dan generasi Z dewasa ini. Tak dapat dipungkiri, kehadiran social media dan perkembangan dunia digital yang berkembang pesat, membuat posisi digital marketing banyak dicari berbagai perusahaan. Baik korporasi, maupun digital startup untuk memenangkan persaingan bisnis di dunia online. Tak heran, digital marketing menjadi salah satu profesi yang diperhitungkan saat ini. Bahkan, sebagai seorang pebisnis pun, penting bagi kita untuk menguasai bidang satu ini. Kira – kira apa saja kah skill yang harus dimiliki untuk menjadi Digital Marketing handal yang banyak dicari?, simak disini selengkapnya!

1. Pertajam skill analisamu

Skill Menjadi Digital Marketing - jagoanhosting.com

 

Skill analisa menjadi salah satu skill penting yang dimiliki setiap digital marketing. Hal ini dibutuhkan agar digital marketing dapat menganalisa setiap kegiatan / aktifitas marketing yang mereka lakukan. Tak hanya itu, mereka juga harus daoat menganalisa setiap kebutuhan dan konversi penjualan dari website yang mereka miliki. Dengan kemampuan analisa yang mumpuni, diharapkan mereka dapat meningkatkan penjualan di dunia online. Serta, memberikan prediksi langkah dan kebutuhan yang harus diambil beberapa tahun kedepan.

2. Aktif di social media

Skill Menjadi Digital Marketing - jagoanhosting.com

Tidak dapat dipungkiri, social media merupakan komponen penting dalam channel digital marketing. Oleh karena itu, untuk menjadi digital marketing handal, wajib hukumnya untuk dapat aktif dan menguasai kemampuan social media dengan baik. Mereka harus mampu menyusun strategi untuk memperluas jaringan pemasaran melalui social media. Selain itu, social media juga berperan penting untuk memperluas leads bisnis produk yang mereka tawarkan.

3. Kemampuan visualisasi data yang baik

Skill Menjadi Digital Marketing - jagoanhosting.com

 

Marketing without data is like driving with your eyes closed.

Seperti kata kutipan diatas, sebagai seorang marketing, apalagi digital marketing, keberadaan data menjadi salah satu hal yang sangat vital. Data diperlukan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan keputusan yang mereka ambil. Sehingga, setiap kegiatan / aktivitas marketing yang mereka lakukan sudah berdasarkan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Tak hanya itu, seorang digital marketing harus mampu menyajikan data dengan baik sebagai bentuk evaluasi. Untuk itu, kemampuan mengolah dan memvisualisasikan data yang baik sangat diperlukan untuk menjadi digital marketing handal.

Cloud Hosting Murah - jagoanhosting.com

4. Pondasi technical skill yang kuat

Skill Digital Marketing - jagoanhosting.com

 

Tak ada salahnya untuk mempelajari dasar technical skill, seperti dasar web development atau video editting. Hal ini diperlukan agar mereka juga dapat berkomunikasi dengan baik dengan tim web developer atau video creator. Sehingga, mereka dapat saling berdiskusi dan bertukar pikiran untuk membuat digital marketing campaign.

5. Tak hanya technical skill, soft skillmu juga perlu diasah

Skill Menjadi Digital Marketing - jagoanhosting.com

Hal ini memang terdengar sederhana, namun untuk menjadi digital marketing handal, kita harus mampu berkomunikasi dengan baik, serta mampu menjadi pribadi yang fleksibel terhadap pekerjaan maupun pelanggan. Penting bagi seorang digital marketing untuk menyeimbangkan antara technical skill dan soft skill mereka.

Cloud Hosting Murah - jagoanhosting.com

6. Bisa bekerjasama dalam tim

Skill Menjadi Digital Marketing - jagoanhosting.com

Seorang digital marketing juga harus dapat menjadi team player yang baik untuk bekerjasama dengan anggota tim lain. Karena, untuk membuat sebuah digital marketing campaign, akan membutuhkan resource / bantuan dari tim lain seperti web developer, social media, content creator, dll. Selain dapat meringankan pekerjaan mereka, hal ini akan memudahkan mereka untuk bertukar pikiran dan mendapat insight dari setiap anggota tim. 

7. Adaptable dengan perkembangan teknologi

Skill Menjadi Digital Marketing - jagoanhosting.com

Seperti yang sudah kita ketahui, digital marketing merupakan sebuah profesi erat kaitannya dengan dunia digital dan teknologi yang selalu berkembang. Untuk itu, penting bagi seorang digital marketing untuk selalu beradaptasi dengan perkembangan dunia digital dan teknologi terkini. Sehingga, skill yang mereka miliki akan selalu berkembang dan tune – in dengan update teknologi terbaru.

[Simak, tools Digital Marketing dasar yang harus kamu tau, DISINI]

Cloud Hosting NVMe Murah - jagoanhosting.com

Itu dia beberapa skill penting yang harus mulai kita miliki dan pelajari untuk menjadi Digital Marketing. Sekarang, apakah kamu sudah siap untuk menjadi seorang Digital Marketing handal?. Bagi kamu yang sudah menjadi seorang Digital Marketing, kamu juga bisa berbagi pengalamanmu di kolom komentar!

Semoga bermanfaat, sob! 🙂

Artikel ini disadur dan dikembangkan dari blog partner kami mebiso.com

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +