Tips manajemen project – Pernah nggak kamu mikir Sob, proyek pemasangan jaringan internet yang melibatkan orang banyak, kok bisa ya lancar-lancar saja? Jawabannya itu karena ada manajemen proyek. Karena pengelolaan yang matang, sebuah proyek memang akan dipastikan berhasil, Sob. Nah, supaya kamu ketularan suksesnya juga, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan nih. Buruan, simak ulasannya berikut ini ya.

Ketahui ya Sob bagaimana target perusahaanmu

tips manajemen project
gambar dari unsplash

Pastikan ya, sebelum membuat proyek, kamu sudah tahu bagaimana target perusahaan. Tipa perusahaan emang sih, punya target yang beda-beda. Misalnya target kepuasaan pelayanan pada pelanggan seperti apa atau berapa persen penjualan yang harus dicapai pada periode tertentu. Kamu bisa cari info ini dari tanya-tanya ke sesama tim atau atasan kamu juga it’s okay. Pokoknya, jangan sampe proyek yang kamu buat nantinya harus dirombak lagi karena nggak sesuai ekspektasi perusahaanmu.

Planning adalah kuncinya!

Tips manajemen project selanjutnya adalah membuat planning, Sob. Di tahap ini, kamu bisa tentukan budget, mau tim yang bagaimana, jadwal pengerjaannya, hingga material atau-alat-alat yang dibutuhkan. Kalau kamu sudah mengetahui batasan-batasan itu, kedepannya kamu jadi mudah controlling dan pengawasannya. Enggak hanya itu, perencanaan yang matang, juga bisa loh meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi. 

Sama halnya ketika kamu punya proyek membuat website, nggak bisa loh kamu pilih hosting yang sembarangan. Kamu butuh hosting yang punya server spesifikasi tinggi dan aman. Nah, kamu bisa pilih cloud hosting terbaik punyanya Jagoan Hosting. Cobain deh Sob, buat website 5x lebih cepat dan stabil dengan adanya LITESPEED Web Server. Terus buat keamanannya kamu bisa dapetin SSL Grade-A secara gratis!

Pentingnya manajer sebuah proyek

Untuk memastikan proyek tersebut bisa berjalan semestinya, udah pasti manajer memainkan peran penting di sini. Makanya, kamu harus menetapkan beberapa kriteria misalnya si manajer harus memiliki pemahaman dari segi teknis proyek dan mampu bertindak sebagai pengambil keputusan. Kecerdasan emosional juga sangat diperlukan, agar manajer bisa membaca situasi. Apalagi jika berhadapan dengan konsumen. 

Tentukan milestone proyekmu!

Sob, pernah dengar tentang milestone? Buat kamu yang belum tahu, milestone adalah tonggak penting yang mempengaruhi aktivitas proyek. Kalau di dunia game, milestone ini mirip konsepnya seperti checkpoint, Sob. Jadi, penting banget buat evaluasi setelah satu tahap selesai agar bisa ke tahap selanjutnya. Buat kamu yang belum punya gambarannya mau bagaimana, secara umum milestone terbagi menjadi:

  • Kontrak,
  • Menentukan Persyaratan,
  • Buat konsep,
  • Implementasi, dan
  • Evaluasi akhir.

Terapkan manajemen komunikasi proyek yang baik

Tips manajemen project terakhir tapi nggak kalah pentingnya adalah kamu harus tahu gimana manajemen komunikasi yang benar. Tahu nggak Sob? Ternyata ada 3 proses loh dalam komunikasi proyek yang perlu dilakukan manajer proyek yaitu merencanakan komunikasi, distribusi informasi, dan mengontrol komunikasi itu sendiri. 

Pada tahap merencanakan komunikasi, manajer perlu merinci informasi apa yang ingin disampaikan, orang-orang yang perlu menerima informasi, metode penyampaian, dan frekuensi komunikasi. Lalu, di tahap distribusi informasi kamu perlu pertimbangkan penggunaan teknologi dan metode penyampaiannya. Terakhir, agar komunikasi proyekmu itu lancar Sob, manajer proyek harus melaporkan progress saat ini dan di masa mendatang. 

Sobat Jagoan, dari beberapa tips manajemen project di atas, kira-kira gimana? Kamu sudah memiliki gambaran kan, bagaimana sebuah proyek itu harus dijalankan? Memang dalam mengimplementasikan project nggak bisa asal-asalan. Perlu strategi dan planning yang mendalam. 

Sama halnya, ketika kamu pilih Hosting untuk website kamu, perlu strategi yang tepat agar pas di kantong dan nggak bikin boncos. Nah, solusinya itu ada di Mix & Match punyanya Jagoan Hosting, Sob. Karena bisa fleksibel atur kebutuhan resource, seperti RAM, CPU, dan Storage, serta banyak juga fitur unlimited yang bisa kamu dapatkan. Pokoknya, bakal ngertiin kamu banget deh!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like