Pengguna fintech kian hari kian menunjukkan peningkatan yang luar biasa ya, Sob. Hal ini tentu saja berdampingan dengan teknologi yang juga semakin berkembang. Usut punya usut, fintech memiliki segudang manfaat loh yang bisa kamu rasakan, baik secara individu atau secara nasional. Nah buat rincian manfaatnya, simak ulasannya berikut ini, Sob.

fintech
gambar dari unsplash

1. Lebih aman dibanding menyimpan uang di dompet

Buat kamu yang suka lupa taro dompet dimana, atau mungkin sering ngerasa kehilangan uang, fintech bisa jadi solusinya nih. Dengan sistem digital payment, kamu nggak perlu pegang uang tunai dalam jumlah yang besar, kamu bisa menyimpannya secara lebih aman. Ini juga jadi cara yang fleksibel, karena kamu nggak perlu sering-sering ke ATM untuk melakukan pembayaran apapun. 

2. Meningkatkan Perkembangan Bisnis Startup

Kemunculan fenomena ini menjadi peluang bisnis yang baru bagi para startup loh. Mereka berlomba-lomba memberi layanan terbaik dan mengembangkan produk finansial mereka. Tak jarang kamu temui sekarang, banyak aplikasi untuk mengelola finansial secara lebih mudah. 

3. Memudahkan kamu melakukan transaksi finansial

Nggak bisa dipungkiri Sob, kehadirannyamemudahkan kita semua dalam bertransaksi. Kamu jadi lebih mudah melakukan transfer, investasi, bahkan melakukan pinjaman hanya melalui smartphone. Coba deh waktu sebelum ada fintech,kamu harus datang ke tempat yang menyediakan layanan tersebut dengan membawa berkas-berkas persyaratan. Tinggal install aplikasi atau kunjungi website, kamu sudah bisa daftar pinjaman online secara lebih cepat dan nggak perlu antri lagi. 

4. Membantumu mengelola uang dengan lebih bijak

Sob, aplikasi fintech biasanya memiliki manajemen keuangan yang lebih baik. Sebab, aplikasi ini menggunakan market aggregator yang memanfaatkan history transaksi kamu untuk memberi tips keuangan, investasi, hingga pengelolaan kartu kredit loh.

Mereka juga dapat jadi pengingat bagimu ketika ada tagihan yang sudah jatuh tempo. Selain itu, buat kamu yang suka boros berbelanja, aplikasi ini bisa memberi peringatan ketika saldomu hampir habis. Rasanya kayak punya teman penasehat keuangan pribadi kan, Sob.

5. Dapat mengurangi jumlah pinjaman yang memiliki suku bunga tinggi

Di tengah maraknya kemudahan pinjaman online, kamu harus tetap berhati-hati, Sob. Soalnya banyak pinjaman bank yang bukannya menolong kamu, eh malah memberi bunga yang tinggi yang bisa mencekik. Nah, dengan adanya fintech, kamu jadi terhindari dari pinjaman yang berbunga tinggi, Sob. Soalnya fintech itu menawarkan transparansi yang jelas soal skema kreditnya kepada para nasabah. Untuk itu deh, banyak investor yang akhirnya tertarik buat menanamkan modalnya di perusahaan fintech ini.

6. Pengembang dana yang tepat

Ketika kamu ingin menanamkan dana modal kepada fintech atau melakukan deposit ke fintech, imbal hasil keuntungannya cukup menggiurkan. Kalau dibandingkan dengan perbankkan, sangat jauh rata-rata imbalannya, Sob. Bunga yang ditawarkan itu 10-21% per tahunnya, sementara di bank yang tertinggi hanya 7% per tahun. Selain itu, prosesnya juga lebih mudah dan efisien.

7. Meningkatkan pertumbuhan bitcoin

Sob, pasti kamu udah nggak asing lagi dengan uang digital nomor satu di dunia ini yaitu bitcoin. Uang virtual dengan nilai tinggi ini hanya dibuat dalam skala yang terbatas dan cuman bisa diakses secara digital. 

Kemunculan fintech ternyata bisa loh merangsang perkembangan bitcoin. Seenggaknya sekitar 2,5 milyar lebih pengguna bitcoin nggak menggunakan akun bank dan justru memilih fintech sebagai tempat menyimpan uang mereka. Alasannya lagi-lagi karena kemudahan transaksi yang bisa didapatkan.

Jadi gimana, Sob? Tertarik kan bertransaksi lewat fintech juga? Nah, sebelum kamu memutuskan fintech mana yang dipilih, kamu pastikan dulu ya bahwa fintech tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Adanya fintech memang bisa memudahkan kamu melakukan berbagai transaksi pembelian. Termasuk saat kamu mau beli cloud hosting di Jagoan Hosting, Sob. Tinggal pilih paket yang sesuai dengan kebutuhanmu, terus lakukan pembayaran lewat fintech seperti Gopay dan OVO. Mudah dan praktis banget kan? Biar nggak penasaran, makanya cobain sendiri deh, Sob!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like