Amankah Data Cloud Storage? Don’t Worry! 5 Alasan Ini Bisa Meyakinkanmu

cloud storage

Cloud Storage – Mungkin Sobat Jagoan sudah sering mendengar sistem cloud storage. Terus, kamu jadi bertanya-tanya deh, aman nggak ya menyimpan data di cloud? Jagoan Hosting bisa pastiin nih Sob kalo jawabannya adalah jauh lebih aman kok. Kalau bisa dijelaskan lebih rinci, mungkin satu artikel ini nggak akan bisa menjelaskan semuanya. Tapi, mari kita coba kupas satu persatu di sini soal kekhawatiran kamu itu. So, let’s check it out!

cloud storage
gambar dari unsplash

1. Kamu nggak perlu repot update sistem keamanan

Pernah nggak kamu dapat notif untuk update aplikasi, tapi nggak kamu lakukan? Padahal, hal itu bermanfaat banget loh Sob untuk mengamankan datamu. Ibaratnya ada lubang di aplikasi yang harus ditambal, update ini berfungsi sebagai penambalnya. Nah, kalau kamu menyimpan data website di cloud, maka provider secara otomatis akan memperbaharui sistem keamanannya untukmu. Nggak perlu repot lagi, kamu tinggal terima beres saja, Sob.

2. Sistem firewall bisa pantau aktivitas di cloud

Firewall baik berbentuk hardware atau software, dapat menyaring semua data yang berjalan di dalam cloud. Semua lalu lintas yang berjalan di firewall bakalan selalu dipantau loh. Jadi, kalau ada data tersembunyi atau mencurigakan bakalan ketahuan, Sob. Nggak ada tuh kesempatan buat si pencuri data untuk sisipkan malware atau virus. Kalau ada konten yang berbahaya, bakal langsung tuh diblok sama si firewall.

3. Redudansi di cloud bikin nggak takut kehilangan data

Sob, pernah dengar kata yang satu ini? Buat kamu yang belum tahu, redudansi adalah proses duplikasi (kerangkapan) data yang tersimpan dalam suatu database. Biasanya, redudansi ini menyempurnakan kinerja dan melengkapi data-data yang kamu simpan. Jadi, cloud akan melakukan duplikasi data secara otomatis dan menyimpannya di lokasi yang berbeda-beda. Ini berguna banget, buat kamu yang lagi otak-atik, terus nggak sengaja hapus file website. Nah, kamu masih bisa memulihkan data itu, Sob.

Cek Konten Lainnya:
Forum Jagoan Hosting : Tanya apapun Tentang Masalah Teknis

4. Bebas atur data website sendiri di cloud hosting secara aman

Kalau kamu menyimpan data di cloud, kamu bisa sepenuhnya mengatur hak aksesnya. Kamu bisa atur sendiri, alokasi penyimpanan yang kamu dapatkan. Siapapun yang nggak kamu kasih akses, maka data kamu akan tetap aman sentosa kok, Sob. Sama halnya nih kalau kamu menggunakan cloud service di Jagoan Hosting yang memanfaatkan SSH Key Management, baik Cloud Hosting atau Server VPS. Jadi, kamu bisa akses SSH dari hosting tanpa password.

5. Sistem VPN bisa jaga data rahasiamu

Sob, cloud storage itu punya sistem VPN yang bisa jaga kerahasiaan data kamu. Karena bersifat jaringan pribadi, nggak ada orang yang bisa akses history transfer data kamu. VPN juga menggunakan protokol enkripsi dan teknik tunneling aman untuk melindungi berbagai transfer data secara online. Tapi kadang, kalau setting VPN sendiri di server agak ribet ya, Sob. Nah, beda cerita kalau di Xpro Virtual Machine punya Jagoan Hosting. Kamu bisa buat dan akses VPN secara lebih cepat dan simpel loh soalnya ada fitur Tun / Tap.

Adanya penyimpanan di cloud memang memiliki segudang manfaat. Apalagi buat website yang selalu online dan harus bisa diakses secara cepat. Kamu butuh cloud hosting terbaik yang punya respon server super cepat kayak punyanya Jagoan Hosting. Teknologi Network Tier-1 Upstream-nya, bikin load website kamu bisa lebih singkat. Nggak cuman itu aja, adanya OS CloudLinux buat website jadi lebih stabil dan aman. Pokoknya, masih banyak lagi deh keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Let’s moving on ya, Sob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Kesalahan Fatal
Read More
Melakukan Migrasi Menuju Cloud hosting? Hindari 10 Kesalahan Fatal Ini
Kalau kamu adalah seorang pebisnis yang baru saja mulai ingin bermigrasi untuk memindahkan website kamu ke awan, alias…
cara membuat vpn
Read More
Cara Membuat VPN Server Sendiri dengan OpenVPN, Mudah!
Virtual Private Network atau VPN adalah salah satu solusi untuk kamu jika ingin mengakses internet melalui koneksi jaringan…