Sebagai salah satu media sosial ter-hits di dunia, Instagram sepertinya nggak mau kehilangan pamornya nih dalam memanjakan para penggunanya supaya tetap betah berlama-lama menggunakan aplikasi yang satu ini. Yaps! Setelah menghadirkan fitur Instagram Shopping layaknya e-commerce, kali ini aplikasi besutan Kevin Systrom ini menambahkan fitur terbaru, yakni Instagram Reels.

Ketika kamu mencoba fitur Instagram Reels, tentunya kamu nggak asing dengan tampilannya saat digunakan. Kamu nggak salah duga, fitur yang dirilis di Indonesia pada akhir bulan Juni 2021 ini mirip sekali dengan aplikasi video asal Tiongkok, yaitu TikTok.

Terlebih lagi saat ini, tren membuat konten video begitu diminati karena menghibur dan mendorong banyak orang untuk menuangkan kreativitasnya secara maksimal supaya dapat menjadi terkenal bahkan memperoleh pundi-pundi uang.

Kalau misalnya fitur Instagram Reels menyerupai Tiktok, apa yang menjadikannya berbeda dan bagaimana cara menggunakannya? Apakah user experience yang ditawarkan Instagram Reels lebih baik dibandingkan TikTok? Yuk kita simak pembahasannya di bawah ini!

Mengapa Instagram Meluncurkan Fitur yang Satu Ini?

instagram reels
www.kompas.com

Mungkin sebagian dari kamu beranggapan jika Instagram benar-benar mengadaptasi berbagai macam fitur dari beberapa media sosial lainnya dalam satu aplikasi. Misalnya saja seperti fitur Instagram Stories yang mirip dengan Snapchat, adanya fitur IGTV dengan durasi lebih panjang layaknya Youtube, dan kini, Instagram Reels juga mengadaptasi dari aplikasi TikTok.

Jadi sebenarnya mengapa Instagram menyediakan fitur Instagram Reels?

Dilansir dari Meson, sebenarnya Instagram ingin berinovasi dalam mengembangkan Instagram supaya mampu memenuhi kebutuhan para pengguna.

Terlebih lagi Instagram bukan hanya dijadikan sebagai sarana berkomunikasi dan berbagi cerita kehidupan sehari-hari secara online, melainkan ladang bisnis yang memungkinan menjangkau ratusan hingga jutaan pengguna Instagram yang berpotensi menjadi loyal customer.

Dikarenakan Instagram Stories dianggap terlalu monoton, maka pengelola Instagram menginginkan sebuah fitur yang mampu menjadikan konten para pengguna Instagram terlihat lebih atraktif dan menarik perhatian banyak orang.

Dengan adanya Instagram Reels, tentunya fitur-fitur yang disediakan menjadikan para content creator di Instagram semakin dimanjakan dalam melakukan editing video sesuai kreativitas mereka.

Apa Kelebihan Instagram Reels Dibandingkan TikTok?

instagram reels
www.kompas.com

Jika dilihat sekilas, sebenarnya Instagram Reels maupun TikToK nggak mempunyai perbedaan signifikan karena dari segi tampilannya pun mirip. Namun, ada sedikit perbedaan yang akan kamu temukan ketika membandingkan performa dan kualitas di antara dua aplikasi ini, yaitu:

  • Resolusi video di Instagram Reels jauh lebih baik dibandingkan TikTok. Meskipun menggunakan smartphone atau kamera berkualitas tinggi, akan tetapi video yang diproses dari aplikasi TikTok mempunyai tampilan yang nggak begitu jernih
  • Ketika memanfaatkan Instagram Reels untuk tujuan pemasaran, tentunya memudahkan para pebisnis dalam memperkenalkan produk mereka secara cepat dari segi jangkauan audience.
  • Supaya video semakin keren, Instagram Reels juga menyediakan fitur mixed audio dan voice over sebagai latar belakang musik.

Meskipun masih banyak yang membandingkan kehadiran fitur Instagram Reels dengan TikTok, akan tetapi masing-masing keduanya mempunyai kekurangan dan kelebihannya tersendiri, tergantung bagaimana para pengguna memanfaatkannya.

Dari pembahasan kali ini kamu bisa mengetahui bahwa penggunaan media sosial, khususnya di era digital mempunyai peranan penting dalam kehidupan masyarakat modern, ya? Nggak hanya dari mengubah gaya komunikasi, akan tetapi media sosial juga memberikan kemudahan untuk para pebisnis dalam mempromosikan usaha yang dijalankan.

Nah, buat kamu yang sekarang sedang menggeluti bisnis, boleh nih memanfaatkan Instagram Reels sebagai bagian media pemasaran! Tanpa mengeluarkan biaya apapun, kamu sudah bisa memperkenalkan bisnismu kemana-mana.

Tapi kamu tahu nggak sih, selain memanfaatkan sosial media, kamu juga perlu mendevelop website resmi untuk mempromosikan bisnis lho! Keberadaan website menandakan bahwa kamu mengelola bisnis ini dengan serius dan profesional. Udah pasti bisa bisa menciptakan persepsi positif di benak pelanggan!

Supaya nilai ini bisa sampai ke pelanggan, kamu nggak boleh asal-asalan ya saat mendevelop website. Gunakan jasa web developer yang sudah ahli dan kredibel. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa perusahaanmu berlangganan domain dan hosting terbaik dari Jagoan Hosting!

Biar makin terkesan profesional, gunakan juga e-mail bisnis ya! Masa bisnisnya sudah besar tapi masih pakai domain gratisan?

Jangan khawatir soal harga Sob, di Jagoan Hosting kamu bisa mendapatkan semua yang kamu butuhkan dengan harga yang terjangkau. Dijamin value for money deh pokoknya! Yuk, tunggu apa lagi langsung cek penawarannya disini, Sob!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like