Tiktok Creative Center: Fitur & Cara Menggunakannya

tiktok creative center

Tidak mengherankan kalau tiktok sekarang dipakai untuk lapak bisnis. Potensi eksposurnya sangat besar melihat data Statista yang menyatakan per Januari 2024 ada 126 juta pengguna tiktok di Indonesia. 

Namun potensi itu harus dimbangi dengan konten-konten promosi yang berkualitas. Untungnya kini membuat konten semacam itu semakin mudah berkat adanya fitur tiktok creative center

Apa Itu Tiktok Creative Center?

tiktok creative center

Dilansir dari website resmi tiktok, tiktok creative center merupakan fitur yang memungkinkan kamu melihat secara gratis iklan-iklan yang ada di dalam platform Tiktok. Secara umum dengan adanya fitur ini bisa kamu pergunakan untuk : 

  • Mengikuti perkembangan tren yang sedang terjadi dalam tiktok
  • Melihat contoh-contoh iklan dari brand-brand perusahaan yang lain.
  • Mencari ide-ide konten yang segar buat website-mu sendiri.   

Manfaat Tiktok Creative Center

Berikut pembahasan yang lebih spesifik terkait manfaat-manfaat yang ada di dalam tiktok creative center:  

1. Mencari Inspirasi Membuat Konten-Konten Baru

Sudah tentu tidak mudah bagi seorang pembuat marketing content dituntut membuat konten setiap harinya dan harus tetap menarik bagi audiens.

Tidak mengherankan jadinya acap kali pelaku-pelaku yang berkecimpung di sini mengalami yang namanya “kehabisan inspirasi”.

Berdasarkan masalah itulah, tiktok creative center sangat bermanfaat. Kumpulan-kumpulan iklan yang ada di situ dapat menjadi sumber inspirasi untuk kontenmu sendiri. 

2. Mengikuti Perkembangan Tren

tiktok trends

Tren yang ada di internet dapat berubah dengan begitu cepatnya tapi mau tidak mau wajib kamu ikuti.Alasannya karena audiens secara umum lebih suka konten yang relevan dengan tren yang terjadi. Semakin relevan maka semakin tinggi potensi kesuksesan konten menarik lebih banyak engagement.

Untuk dapat melihat tren apa saja yang terjadi melalui tiktok creative center, masuklah ke menu “trend discovery”. Kamu akan menemukan informasi tentang hashtag, lagu, ataupun video yang sedang populer saat itu. 

Cek Konten Lainnya:
15+ Contoh Company Profile, Isi dan Cara Membuatnya

3. Membantu Proses Pembuatan Video

Kamu ingin mempromosikan bisnis lewat tiktok tapi belum punya skill editing yang memadai? Jangan khawatir karena tiktok creative center adalah solusi yang tepat buat kendala tersebut.

Di sini tersedia berbagai tools yang sangat mudah orang awam pelajari. Dengan begitu kamu jadi tidak perlu memakan waktu terlalu lama untuk membuat suatu konten iklan

4. Memetakan Strategi Kompetitor Sesuai Iklan yang Mereka Tampilkan

Semua iklan dari brand perusahaan manapun yang mengunggah iklannya dalam aplikasi buatan bytedance ini pasti akan tampil dalam tiktok creative center tanpa terkecuali.

Hal ini menjadi kesempatan melihat dan menganalisis seperti apa strategi dari kompetitor. Lebih lanjut dari situ, kamu pun jadi bisa memetakan kelebihan dan kekurangan mereka. 

5. Mengevaluasi Performa Konten

Tiktok creative center tidak hanya sekedar menampilkan sekumpulan konten video iklan tapi secara lengkap memberikan data tentang performanya.

Misal data mengenai berapa banyak orang yang melihat, berapa banyak yang berinteraksi, dll. Data-data itu amatlah berharga buat membantu kamu menganalisis performa dan membuat perbaikan dari situ. 

Fitur dan Cara Menggunakan Tiktok Creative Center

Fitur-fitur yang ada dalam tiktok creative center terbagi menjadi 3 kategori yaitu

Kategori Inspirasi

inspiration tiktok creative center

Tools-tools yang terdapat dalam kategori ini meliputi : 

  • Top Ads

Top ads berisi sekumpulan iklan  yang performanya bagus. Jenis iklan bisa kamu  saring sesuai kebutuhan berdasarkan wilayah, jenis industri, tujuan promosi, dan lainnya. 

  • Keyword Insight
keyword insight tiktok

keyword insight merupakan tools yang menginformasikan tentang  kata kunci seperti apa yang sedang banyak dipakai untuk menarik audiens.

Boleh saja kamu pakai kata kunci yang sama supaya kontenmu juga memperoleh popularitas tapi sebaiknya pahami dulu konteks penggunaannya dalam iklan-iklan yang telah ada. 

  • Creative Insight

Merupakan fitur yang menyajikan sekumpulan data untuk menolong kamu mengerti elemen-elemen apa yang membuat suatu konten dikatakan menarik atau tidak.

Cek Konten Lainnya:
Kamu Belum Memulai Bisnis Online? Tenang, Ini Waktumu!

Secara lebih spesifik data-data yang menjadi parameter penilaian tersebut antara lain:  gaya video, elemen visual, dan komponen apa yang mendorong performa. 

  • Top Product

Menyoroti produk-produk tren yang sedang laris saat ini dalam  aplikasi TikTok. Informasi ini bermanfaat bagi kamu menentukan produk mana yang akan kamu sebarluaskan lebih lagi lewat iklan berbayar.  

Kategori Creative Tools

Tools yang ada di dalam sini antara lain : 

  • Editor Video dan Template Video

Editor Video adalah alat pengeditan video yang memberikan kebebasan untuk mengedit dan menyesuaikan kontenmu dengan elemen gaya TikTok.

Misalnya dengan menambahkan musik bebas hak cipta, font teks, warna teks, dimensi kreatif, dan lainnya. 

Selain itu editor video turut menyediakan berbagai template iklan siap pakai. Dengan demikian kamu bisa lebih cepat membuat video yang disesuaikan dengan hanya memilih templat dan mengunggah foto, teks, dan video yang ada.

  • Add-on Interaktif

Add-on Interaktif membantumu memahami secara visual semua format iklan TikTok yang inovatif dan fitur-fiturnya. Di sisi lain dari sini kamu  bisa juga sambil melihat pratinjau iklan dengan add-on seperti yang akan terlihat saat ditayangkan secara langsung.

  • Script Maker

Script maker adalah alat yang menghasilkan skrip iklan dengan memanfaatkan kekuatan teknologi pintar. Lewat ini memperoleh ide-ide pembuatan skenario iklan hanya perlu  hitungan detik. 

Cukup kamu masukkan data tentang di bidang apa bisnismu bergerak, nama produk, dan deskripsinya.

Script maker secara otomatis akan mengolahnya menjadi sebuah skenario iklan yang terbagi menjadi : bagaimana pengadeganannya, rekomendasi visual yang cocok, voice over, dan overlay text-nya.  

  • Commercial Music Library 

Merupakan direktori audio yang bisa kamu tambahkan berbagai jenis lagu yang memang tiktok khususkan untuk keperluan iklan komersial.

Silakan tentukan sendiri lagu yang kamu inginkan sesuai dengan aspek tema, genre, suasana hati, dan durasi untuk menemukan  yang paling cocok untuk mengiringi iklanmu.

Kategori Pendidikan

education tools tiktok creative center

Tools-tools yang terdapat dalam kategori ini mencakupi :

  • Creative Strategy

Creative strategy adalah sumber informasi yang pasti kamu butuhkan terutama bagi yang masih baru terjun dalam marketing tiktok. Di sini terdapat buku yang khusus memberikan panduan soal tata cara pembuatan konten yang baik yang algoritma tiktok sukai..

  • Creative Assistant

Kamu tidak akan pusing-pusing lagi berjuang sendirian membuat konten tiktok. Ada fitur “creative assistant” yang akan menolong kamu berkreasi. 

Cek Konten Lainnya:
Google Keyword Planner: Definisi, Fitur & Cara Menggunakan

Ia di sini sudah pengembang desain sedemikian rupa untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber untuk kemudian memberikan berbagai rekomendasi tentang bagaimana pembuatan dan penyempurnaan konten. Baik itu dari.dari segi isi maupun visual. 

Manfaat dari tiktok creative center ternyata sangat signifikan bukan untuk mempermudah promosi dan mencapai engagement yang lebih baik?

Jadi segera manfaatkan tunggu apalagi, kamu akan rasakan bagaimana lebih efisiennya membuat konten dengan adanya bantuan fitur ini. 

Maksimalkan Kreatifitas dan Bisnis yang Profesional dengan Website

digitalisasi bisnis pakai jagoan hosting

Sekarang saatnya untuk membawa karya dan bisnismu ke level berikutnya dan jangan biarkan konten terbaikmu hanya terbatas pada TikTok.

Bayangkan betapa banyaknya kesempatan yang akan terbuka jika kamu memiliki website pribadi dan website profesional untuk memamerkan produk dan kontenmu, tentu akan menjangkau audiens yang lebih luas, dan memperluas pengaruhmu.

Dapatkan jangkauan audiens lebih luas dengan Jagoan Hosting, kamu dapat membuat website dengan mudah dan cepat.

FAQ

Bagaimana memulai program creative center dari tiktok?

  • Buat akun TikTok Ads Manager
  • Setelah login ke halaman utama, lihat di bagian kiri ada menu “Creative Center”. Masuk ke situ
  • Pilih alat yang kamu perlukan
  • Ikuti instruksi lebih lanjut
  • Pratinjau dan simpan pengaturan tadi. 

Jika iklanmu masuk ke dalam top ads tapi kamu tidak ingin iklan itu dilihat oleh orang lain, bagaimana cara menghapusnya ? 

  • Masuk dalam akun bisnismu.
  • Klik pada profil akun lalu masuk ke ‘Ad Authorization Management’.
  • Pilih iklan mana yang ingin kamu hilangkan dengan klik ‘Withdraw’
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
instagram bisnis
Read More
Cara Membuat Instagram Bisnis Lengkap untuk Pemula
Instagram kini telah menjadi sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya berbisnis menggunakan instagram bisnis.…
Read More
Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Software Akuntansi Untuk Bisnis
Saat Anda memilih software akuntansi untuk bisnis, pastikan Anda memahami kebutuhan dan mengetahui fitur apa yang harus dicari…