Berbicara soal profesi, tentu gajinya akan dan harus sesuai dengan porsi kerjanya. Namun, tak jarang ditemui bayaran bulanan ini nggak sesuai dengan kinerja yang sudah diberikan selama sebulan penuh. Misalnya ada pada kasus soal gaji programmer. Kalau menurutmu, kira-kira gaji programmer itu seharusnya berapa sih?

gaji programmer
gambar dari unsplash

Programmer dan Apa Saja yang Dikerjakannya

Programmer adalah profesi yang baru-baru ini ramai dicari. Untuk menjadi salah satunya, kamu bisa mencoba berbagai cara sebelum nantinya benar-benar terjun ke lapangan pekerjaan. Misalnya dengan mengambil studi lanjutan terkait IT atau bahkan hanya dengan ikut bootcamp intensif. Kamu sudah bisa menjadi programmer dengan cara yang sesuai denganmu, Sob.

Programmer adalah seseorang yang menciptakan perangkat lunak komputer dengan metode coding. Seorang programmer tentunya harus menguasai minimal salah satu bahasa pemrograman komputer supaya dapat bekerja. Profesi ini menuntut untuk memiliki keterampilan dalam menulis kode sebelum membuat project atau fitur.

Secara umum, programmer bekerja dalam proses perancangan, penulisan, pengujian, debugging atau troubleshooting bahkan sampai ke pemeliharaan kode. Namun, terlepas dari seluruh proses tersebut, programmer memiliki satu privilege yang nggak dimiliki profesi lain: menghasilkan perilaku tertentu yang diinginkan dari user.

Skill dan Tanggung Jawab yang Selaras

Jika kamu bekerja di bidang IT, tentunya kamu nggak bekerja sendiri. Ada banyak peran yang terlibat di dalam pembuatan software atau fitur. Sebagai programmer, kamu tentunya wajib punya skill teknik maupun non teknik. Berikut ini, Jagoan Hosting spill apa saja yang kamu perlukan sebelum menjadi seorang programmer.

Mahir menggunakan bahasa pemrograman

Dalam melakukan pekerjaannya, programmer dapat menggunakan berbagai macam  bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan project. Misalnya ada SQL, Java C++, Python dan lain lain. Eits, tapi nggak perlu semua bahasa ini kamu kuasai. Paling nggak, kamu cukup menguasai dua bahasa pemrograman supaya tingkat adaptasi kalau ada masalah dapat diselesaikan dengan cepat.

Paham dengan konsep dan penerapannya

Karena seorang programmer atau software engineer ini bekerja lebih dulu daripada yang lain, maka ia haruslah memiliki kemampuan tinggi akan pemahaman konsep. Memang ada dua jenis orang bekerja: menjadi konseptor atau eksekutor. Namun, ketika memilih untuk menjadi seorang programmer kamu harus lebih kuat di bagian konsep atau menjadi seorang konseptor.

Di lain sisi, kamu juga tetap harus memiliki jiwa-jiwa eksekutor. Bisa jadi nanti ada kalanya di mana konsep yang sudah dibuat mesti dipraktikkan terlebih dahulu sebelum turun ke divisi lain.

Jago matematika

Kalau ini sih, sudah jangan diragukan lagi. Jago matematika akan menjadi kunci survival kit kamu jika bekerja sebagai seorang programmer. Namun, sebetulnya kamu nggak perlu-perlu banget ahli matematika sih, Sob. Cukup dengan memiliki kemampuan matematika level dasar sampai menengah buat bekal belajar ngoding!

Gaji Programmer di Indonesia

Gaji programmer sendiri di Indonesia sudah bisa menyentuh angka 10 juta. Beban kerja yang banyak dan mewajibkan untuk selalu update membuat gaji programmer besarnya bukan main.

Dengan pengalaman 2-3 tahun, gaji programmer bisa berkisar antara 8 sampai 15 juta. Namun jika jam terbang sudah tinggi, wah, ini sih sudah bisa mulai 15 sampai 40 juta, Sob. Tapi Mimin ingatkan, lamanya pengalaman akan bersesuaian dengan bidang ya. Misalnya kan ada data analyst, software developer, QA dan lain lain. Kamu bisa menemukan informasi seputar gaji profesi-profesi bidang IT lainnya di blog Jagoan Hosting. Jagoan Hosting, penyedia layanan VPS Indonesia dan Hosting Terbaik.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like