Pernahkah kamu mendengar apa itu campaign? Campaign adalah istilah yang lekat dengan dunia marketing, di mana ia jadi salah satu cara andalan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa lewat berbagai kanal berbeda seperti radio, televisi, surat kabar, media sosial, dan berbagai platform online lainnya.

Biasanya, marketing campaign dibuat dalam bentuk iklan ataupun demonstrasi menarik guna mengambil perhatian publik. Berikut penjelasan lengkap soal campaign, termasuk manfaat, contoh, hingga cara dan tips membuatnya

Apa itu Campaign?

campaign adalah
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Sebagian dari kalian mungkin masih asing dengan istilah campaign. Namun bagi kamu yang berkecimpung di dunia marketing, istilah tersebut sudah terdengar akrab. 

Kampanye, campaign, atau marketing campaign adalah salah satu cara mempromosikan suatu produk atau jasa melalui beberapa media misal, radio, surat kabar, koran, majalah, iklan, sosial media, televisi, dan platform online lainnya. 

Tak sedikit juga yang mendefinisikan campaign adalah sebuah proses perencanaan, peningkatan, pengukuran, dan pelaksanaan akan suatu produk yang sedang kamu pasarkan. 

Manfaat Campaign

Campaign adalah aktivitas yang membantu marketing mencapai target. Berikut merupakan beberapa manfaatnya.

  1. Membangun dan meningkatkan brand image

Pertama, manfaat campaign adalah menjadikan brand atau merek bisnismu lebih dikenal di masyarakat, khususnya pada target pasar bisnismu. 

Ketika suatu produk sudah dikenali oleh banyak orang, calon pelanggan akan lebih aware dan tertarik sehingga akan membeli produk tersebut. Artinya, kamu memiliki peluang untuk meningkatkan sales atau penjualan yang lebih tinggi, kan?

  1. Mendatangkan leads

Setelah produk kamu dikenal oleh masyarakat luas, tentu hal tersebut akan menarik mereka untuk mencari tahu lebih tentang produk yang kamu tawarkan, baik melalui sosial media atau website produkmu! 

Nah, oleh sebab itu, salah satu hal penting yang perlu kamu jadikan perhatian sebelum membuat campaign adalah memastikan dan mempersiapkan materi, konsep, serta bahan untuk website atau sosial media sematang mungkin. Buatlah materi yang eye catching agar ketika calon pelanggan melihat produkmu, mereka akan langsung tertarik. 

Untuk masalah website sebagai toko online yang menarik, kamu bisa cek penawaran produk Jagoan Hosting, toko online murah. Mengapa begitu? Karena produk tersebut dirancang khusus untuk membantumu memenangkan persaingan sekaligus hati customer! Kamu juga dapat memilih domain sendiri sehingga akan meningkatkan kredibilitas bisnis.

Fiturnya pun lengkap, seperti product management, payment gateway, shopping rule, shipping rule, discount rule, integrasi API, laporan penjualan, serta ratusan tema yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Produk toko online dari Jagoan Hosting ini memiliki semua yang kamu butuhkan untuk jadikan toko onlinemu makin powerfull! 

  1. Meningkatkan penjualan

Setelah produkmu mulai dikenal banyak orang dan leads meningkat, pasti penjualan produk juga akan meningkat. Nah, kamu harus memastikan bahwa produk yang kamu tawarkan benar-benar sudah siap untuk pelanggan sehingga tidak mengecewakan. 

  1. Meningkatkan loyalitas konsumen

Ketika tiga poin di atas sudah terpenuhi, manfaat keempat dari campaign adalah menciptakan konsumen loyal. Misal jika bisnismu adalah penyedia layanan hosting terbaik, coba adakan flash sale di tanggal-tanggal tertentu dan berikan voucher diskon. Dengan begitu maka akan meningkatkan rasa percaya pelanggan terhadap produk dan bisnismu.

Contoh Campaign

Di bawah ini telah kami rangkum contoh campaign yang berhasil menarik perhatian para konsumennya. 

  1. BTS Meal by McD

Baru-baru ini, konsumen Indonesia dihebohkan dengan campaign McD dan BTS, boy band asal Korea. Kolaborasi tersebut membuat ARMY atau para penggemar BTS menyerbu seluruh gerai McD yang menjual BTS meals. 

Baik online maupun offline, pembelinya sangat membludak dan menjadi perbincangan di media sosial mengenai pembahasan BTS Meal by McD ini.

  1. Nike (Just Do It)

Tahukah kamu kalau dulu Nike hanya produk yang kebanyakan digunakan untuk pelari marathon? Lalu, muncul kebiasaan orang-orang yang gemar menggunakan pakaian olahraga. Di situlah muncul ide dari pemasaran Nike untuk melakukan tindakan untuk mendahului pesaing utamanya, yaitu Reebok. 

Kemudian pada akhir tahun 80-an, Nike mengadakan kampanye besar-besaran yang pasti berhasil dikenal oleh banyak orang hingga saat ini, yaitu Just Do It. Hal tersebut membuat Nike menjual sekitar $800 juta, dan pada sepuluh tahun kemudian penjualan tersebut naik hingga 10 kali lebih tinggi. Slogan tersebut adalah kalimat singkat, namun penuh makna.

  1. Teh Botol Sosro

Strategi penjualan teh botol sosro memang luar biasa karena teh ini menjadi pelopor di Indonesia yang memiliki banyak konsumen. Dengan slogan ‘apapun makanannya minumnya teh botol sosro’, mampu mendongkrak pemasaran yang begitu dahsyat. 

Awalnya, target dari produk ini hanya orang yang sedang perjalanan jauh atau yang sering berkendara di jalan dengan tujuan menghilangkan rasa haus. Namun, seiring berjalannya waktu, Sosro menambah target pemasarannya kepada semua kalangan dengan melakukan beberapa strategi bisnis yang lebih canggih dan modern untuk mendapatkan banyak konsumen.

Cara Membuat Campaign

Setelah mengetahui apa itu campaign dan kita tahu bahwa campaign adalah sesuatu yang bermanfaat untuk produk kamu, pasti kamu ingin mengetahui bagaimana cara membuat campaign. Cara membuat campaign adalah sebagai berikut:

  1. Tetapkan tujuan campaign

Menetapkan suatu tujuan dalam pembuatan campaign adalah salah satu hal yang penting agar tidak salah langkah. Selain itu, pastikan juga untuk menargetkan siapa konsumen yang ingin kamu tuju untuk produk yang dibuat. 

  1. Riset market

Seperti yang sudah disinggung pada poin di atas, menentukan target pasar sangat penting untuk memastikan apakah produk itu tepat kepada klien atau tidak. 

  1. Lakukan secara konsisten

Untuk menemukan ramuan campaign yang maksimal, kamu bisa melakukannya secara berkala dan konsisten agar mendapatkan formula dan cara kerja yang tepat. Ketika kamu sudah menemukan formula yang paling tepat, itu akan sangat menguntungkan untuk produkmu kedepannya karena kamu sudah tahu mana yang memiliki pengaruh paling tinggi. 

  1. Evaluasi secara berkala

Terakhir, cara membuat campaign adalah mengevaluasi. Setelah beres dan kamu mengetahui formula terbaik untuk campaign produkmu, kamu perlu mengevaluasinya secara berkala. Bahas mana yang perlu diperbaiki, dikurangi, dan apa yang perlu ditambah.

Tips Membuat Marketing Campaign

campaign adalah
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Melakukan marketing campaign adalah sesuatu yang penting demi menciptakan citra brand dan meningkatkan sales. Yuk, intip tips membuat marketing campaign berikut :

  1. Email Marketing

Pertama, tips membuat marketing campaign adalah email marketing. Email marketing campaign adalah aktivitas mengirimkan email yang berisi informasi produk, penawaran, promo dan lain sebagainya. Melalui strategi ini kamu dapat meningkatkan penjualan dari konsumen baru maupun lama. 

  1. Search Engine Optimization

SEO adalah cara untuk meningkatkan pengunjung ke website milikmu. Di mana SEO dapat membuat website atau blog milikmu muncul di halaman pertama search engine result page. 

  1. Search Engine Marketing

SEM biasanya dilakukan untuk membuat suatu produk muncul pada halaman utama search engine result page, hampir sama dengan SEO. Dengan metode SEM kamu bisa memasang iklan dan memasukkan keywords yang berhubungan dengan produk, sehingga saat konsumen menuliskan keyword pada Google iklan tersebut akan muncul di halaman utama. 

  1. Social Media Marketing

Keempat, tips membuat marketing campaign adalah dengan social media marketing. Hal ini terbukti sukses, pasalnya kini tersedia banyak platform media sosial yang diakses banyak orang. 

Ketika kamu merencanakan, membuat, dan mendistribusikan kontennya dengan baik maka kamu bisa menjangkau lebih banyak target pasar. 

  1. Inbound Marketing

Cara terakhir membuat marketing campaign adalah dengan inbound marketing. Metode ini membuatmu melakukan strategi pemasaran modern yang membuat calon konsumen tertarik dan mencari brand atau produk tertentu.

Misal, Coca Cola pernah melakukan integrasi antara inbound dan outbound marketing saat kampanye Share a Coke. Coca Cola membuat iklan yang cukup konvensional dan menyisipkan inbound marketing di dalamnya.

Demikian ulasan seputar arti campaign lengkap hingga manfaat, contoh, cara dan tips membuatnya. Setelah memahaminya kamu pasti sudah siap kan memuat marketing campaign untuk bisnismu?

Jagoan Hosting juga punya campaign yang tidak kalah keren lho! Pasalnya Jagoan Hosting punya domain .com paling murah se-Indonesia Raya! Coba bayangin dengan bayar 95 ribu saja, kamu sudah bisa dapat gratis domain .com selama 364 hari! Asik, bukan? Yuk, buruan cek info lengkapnya di sini

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like