10+ Tools Social Media Terbaik Untuk Digital Marketer

tools social media

Bagi para social media marketer, penting untuk menguasai tools social media yang akan digunakan untuk menarik pelanggan. Anda harus mempelajari berbagai alat yang membantu untuk meningkatkan penjualan. 

Hal yang perlu dilakukan dengan belajar platform apa saja yang tersedia dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda perlu menganalisis dengan baik cara penjualan dari social media tools tersebut agar tidak salah pilih. Berikut adalah informasi lengkapnya. 

Apa Saja Tools Social Media yang Wajib Dimiliki? 

Ada berbagai macam tools social media yang bisa digunakan untuk digital marketer. Ada tools yang terkenal untuk Anda coba. Yuk, kita simak informasinya berikut ini. 

1. Instagram Analytics 

Seperti yang kita ketahui bersama, Instagram adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh orang saat ini. Pemanfaatan dari media sosial ini tidak hanya untuk pribadi, tetapi juga penting dalam menjalankan bisnis. 

Berdasarkan Ann Handley, Chief Content Officer dari marketing profs menyebut bahwa keberadaan Instagram ini membuat orang lebih mudah untuk menjalankan proses pemasaran. Oleh sebab itu, dirinya lebih menyukai platform tools social media tersebut. 

Saat ini, Instagram memiliki fitur yang dinamakan dengan Instagram Analytics. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa melihat seberapa sering pengikut bisa menjalankan interaksi dari postingan yang sudah Anda lakukan. 

Kelebihan dari tools social media ini juga dipakai untuk melihat performa dari setiap postingan yang dilakukan. Selain itu, Anda juga bisa tahu siapa yang melihat postingan dari kategori tertentu seperti usia, kelamin, dan berbagai kategori lainnya. 

Dari adanya fitur tersebut memungkinkan Instagram merupakan social media tools yang perlu dikuasai oleh digital marketer. 

2. Facebook Analytics 

Tools social media analytics yang satu ini memiliki kemampuan dalam memahami performa dari postingan Facebook yang sudah Anda buat. Facebook Analytics ini memungkinkan Anda untuk melihat jumlah engagement pengunjung, jumlah like, dan followernya. 

Masih banyak orang menggunakan aplikasi ini meskipun terbilang bukan aplikasi yang baru. Bahkan, Facebook sudah diprediksi akan punah tetapi justru makin banyak orang yang mengunduh aplikasi ini. 

Digital marketer harus kreatif dalam memposting konten untuk dijual di Facebook agar memperoleh keuntungan dari tools social media. 

3. Twitter Analytics 

Menurut founder dari Content Marketing Institute, disebutkan bahwa Twitter yang awalnya digunakan untuk menjalin hubungan dengan banyak orang kini tujuannya berubah dan memiliki pengaruh yang besar. 

Hal ini karena Twitter bisa mendatangkan pengunjung sendiri dan pengunjungnya cenderung setiap sehingga bisa digunakan untuk melakukan pemasaran. Ada tools social media marketing yang bisa Anda gunakan yaitu Twitter Analytics. 

Cek Konten Lainnya:
Ini Cara Daftar Google News & Tips agar Diterima

Dari social media analytics tools ini, tersedia berbagai macam data penting mulai dari siapa saja pengunjung akun Twitter Anda. Selain itu, ada juga data lain seperti penilaian postingan untuk melihat seberapa bagus postingan yang sudah Anda buat untuk menarik para audiens. 

Baca juga: Apa itu Social Media Marketing? Manfaat, Platform dan Strategi

4. BuzzSumo 

buzzsumo

Pernahkan Anda mendengar tools social media audit yang bernama BuzzSumo? Tools ini sangat membantu dalam masalah digital marketing. Dari alat ini akan dijelaskan secara lebih lengkap apa yang saat ini sedang ramai atau trending di media sosial. 

Dari informasi tersebut, Anda bisa menemukan ide perihal konten terbaik yang dapat dibuat untuk meningkatkan performa di sosial media. Anda juga lebih merasa dekat dengan orang yang membagikan konten yang sudah dibuat sehingga lebih banyak menjangkau orang. 

Jadi, tools social media ini digunakan untuk mencari inspirasi bagi digital marketer membuat konten apa yang saat ini sedang ramai diperbincangkan. Hal ini menjadikan Anda mudah menentukan konten yang efektif untuk pemasaran saat itu juga. 

Aplikasi ini akan membantu Anda memahami performa dari konten yang dibuat di social media  seperti di Twitter, Pinterest, Reddit, dan Facebook. Jadi, Anda bisa menganalisisnya dengan optimal. 

5. Animoto 

animoto

Animoto adalah tools social media terbaik yang juga tidak boleh Anda lewatkan. Adanya Animoto mampu untuk membantu dalam membuat konten video yang lebih baik dan lebih menjual. 

Dengan demikian, pemasaran akan berlangsung lebih baik lagi. Bahkan sekelas Facebook Marketing Expert, Mari Smith menyebut bahwa dirinya suka menggunakan tools ini. 

Keunggulan yang bisa Anda temukan dalam tools social medianya yaitu ada berbagai template serta musik pengiring yang membantu dalam membuat video marketing. Dari keunggulan yang ada ini membuat Animoto patut Anda coba. 

Editan dari tools ini membantu untuk membuat kumpulan foto menjadi video yang bagus dengan musik yang ada di latar belakangnya. Hal ini menjadikan konten yang sudah Anda buat terlihat lebih  profesional. 

Apalagi tools konten video media sosial saat ini sering dijadikan sebagai alat marketing yang bagus. Dari penjelasan tersebut tampak bahwa Animoto termasuk peluang yang membantu Anda mendapatkan rasa ketertarikan dari calon pelanggan Anda.

Jadi, alat yang satu ini bisa kamu praktekkan dengan mudah. 

6. Buffer 

tools social media buffer

Buffer termasuk tool social media yang juga wajib Anda pakai guna memaksimalkan keuntungan yang diperoleh dari target pemasaran. Menariknya, Buffer memiliki dua platform dengan fungsinya yang berbeda-beda. Dua platform tersebut adalah Buffer Publish dan Buffer Reply. 

Cek Konten Lainnya:
7 Skill Digital Marketing yang Wajib Kamu Miliki!

Penggunaan Buffer Publish akan membantu untuk mengatur waktu dari postingan di social media. Cara ini dilakukan dengan memasukkan data kapan konten tersebut dipublikasikan dan menggunakan cara apa ia bisa dipublikasikan. 

Selanjutnya, ada juga buffer reply. Tugasnya adalah untuk mengecek interaksi audiens dengan media sosial Anda. Pengecekan ini berlaku dari jenis media sosial yang Anda gunakan baik itu Facebook, Instagram, atau Twitter. 

Adanya platform ini akan membantu dalam melihat interaksi calon pelanggan dengan akun media sosial yang Anda pilih sebagai media untuk promosi. Keberadaan Buffer ini sudah membantu dalam menganalisis pasar dan membantu orang terhubung satu sama lain. 

Inilah yang menjadikan tools ini bisa menarik perhatian pelanggan dan membuat Anda lebih mendapatkan banyak penghasilan. 

Baca juga: 9 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis dan Tips Menggunakannya

7. Canva 

canva

Canva sudah dikenal sebagai aplikasi yang bisa melakukan proses editing untuk menghasilkan gambar yang berkualitas. Dari aplikasi ini, Anda bisa membuat konten yang bagus sehingga bisa menarik pelanggan ketika gambarnya sudah dipublikasikan di media sosial. 

Aplikasi ini sudah tidak asing lagi dibuat oleh content creator. Selain itu, bagi para marketer juga perlu menggunakannya untuk hasil promosi yang terlihat lebih profesional. Konten yang menarik secara visual memang banyak menarik perhatian pelanggan. 

Oleh sebab itu, banyak para marketers yang membuat kontennya menggunakan Canva untuk membuat gambar yang baik dengan cara menambahkan template, icon, sampai dengan ilustrasi dan fitur pengeditan lainnya. 

Canva ternyata juga bisa dipakai oleh para pemula sekalipun. Jadi, bagi orang yang bekerja dibagian digital marketer tetapi tidak punya basic desain, bisa menggunakan aplikasi ini sehingga membuat gambar yang dihasilkan menjadi lebih bagus lagi. 

google trends

Bagi Anda yang ingin tools gratis social media, bisa menggunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh Google. Nama aplikasinya adalah Google Trends. Dalam hal ini, tools social media tersebut membantu untuk mencari content terbaik agar bernilai efektif untuk pemasaran. 

Dari Google Trends, Anda bisa menemukan topik apa yang banyak dibicarakan dan hal viral lainnya yang terjadi di dunia. Selanjutnya, tinggal dikembangkan saja tema apa yang sesuai dengan produk pemasaran yang dimiliki. 

Lalu, buatlah konten yang sedang banyak dicari oleh orang. Namun, pastikan konten tersebut relevan dengan produk yang Anda jual. Social media tools gratis ini akan membantu Anda untuk menemukan topik terhangat yang diperbincangkan dunia. 

Hal ini wajar saja terjadi karena Google Trends adalah milik Google yang memang bisa menjangkau ke seluruh dunia. Selanjutnya, ia bisa membantu Anda untuk mencari kata kunci yang banyak dibicarakan oleh orang-orang. 

Berdasarkan penjelasan di atas, sudah tampak jelas bahwa Google Trends termasuk tools yang bisa Anda pertimbangkan untuk menggunakannya. 

Cek Konten Lainnya:
Target Pasar: Arti, Tujuan, Contoh & Proses Menentukannya

9. Slack 

Bagi para tim digital marketer, akan lebih mudah bekerja jika menggunakan aplikasi Slack. Tools ini berguna untuk Anda membagi tugas kepada rekan tim dengan mudah. 

Sudah ada fitur seperti workflow yang membuat pekerjaan harian bisa terbagi dengan mudah sehingga penyusunan dan penjadwalan publikasi digital marketing bisa dikelola secara tepat waktu.

Tak hanya itu, ada pula fitur seperti Slack Connect yang memudahkan Anda untuk mengirim pesan ke orang lain dengan workspace yang berbeda. 

10. Meta Business Suite 

Ada juga tools lainnya yang digunakan khusus untuk social media tools Instagram. Meta Business Suite adalah resmi dari Meta. Tujuan dari tools ini dipakai untuk memenuhi kebutuhan konten. 

Contohnya seperti berfungsi untuk penjadwalan konten, melakukan analisa melalui insights yang disediakan untuk bahan pertimbangan membuat konten, dsb. Hal ini menjadikannya lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan konten Anda di Facebook atau Instagram. 

Hal ini menjadikannya lebih mudah dan praktis karena tidak perlu mengelolanya satu per satu lagi. 

Baca juga: Apa Itu Facebook Pixel (Meta)? Fitur, Fungsi & Cara Membuat

11. HubSpot CRM 

hubspot

HubSpot CRM adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM)  yang berguna untuk mengelola komunikasi dengan pelanggan sehingga interaksi yang terjadi berjalan dengan lancar. 

Contohnya seperti mengelola database pelanggan, buat konten, atur aktivitas campaign, lacak interaksi pelanggan di media sosial, dsb. Keunggulan lainnya yaitu bisa dihubungkan dengan kalender, form web, dan email guna meningkatkan strategi pemasaran yang lebih baik lagi. 

Demikian penjelasan lengkap tentang rekomendasi tools social media yang wajib Anda pakai. Namun, pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan sesuaikan juga dengan media sosial yang Anda punya guna mendukung optimasi pelanggan yang tertarik dengan konten Anda. 

FAQ 

Tools Apa Saja yang Bisa Digunakan untuk Social Media Monitoring? 

Selain social media tools secara umum yang sudah disebutkan di atas, ada pula tools khusus monitoring. Namanya adalah tools social media monitoring yang digunakan untuk memantau informasi di media sosial. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut: 

  1. Hootsuite: berguna untuk memantau kegiatan media sosial di berbagai media sosial seperti LinkedIn, Fb, Twitter, WordPress, dan Google+ 
  2. Sprout social: ada fitur analitik untuk meningkatkan engagement di media sosial dan terbilang sebagai tools yang profesional untuk manajemen dan optimasi medsos. 
  3. Keyhole: untuk twitter dan Instagram
  4. Awario: mengetahui informasi obrolan tentang brand, kompetitor, industri bisnis, dsb.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
belajar instagram marketing
Read More
Belajar Instagram Marketing: Cara Murah Untuk Menawarkan Jasa
Menjadi seorang freelancer memang bukan pekerjaan yang mudah. Kamu perlu memikat klien-klien agar terus menggunakan jasa yang kamu…
cara mendapatkan uang dari blog
Read More
10+ Cara Mendapatkan Uang dari Blog di 2024
Apakah blog bisa menghasilkan uang? Pertanyaan ini sering muncul karena tak sedikit orang yang mengaku sukses lewat dunia…