Zimbra Mail Server: Fitur, Kelebihan dan Rekomendasinya

email zimbra

Kalau bicara tentang mail server, apakah kamu tahu apa itu aplikasi Zimbra? Zimbra adalah software open source yang penggunaannya untuk email dan kolaborasi.

Zimbra menjadi solusi email server dengan berbagai fitur seperti penjadwalan, kontak, dan manajemen penyimpanan dokumen. Aplikasi ini tersedia untuk Linux, AC OS, dan platform virtualisasi lainnya.

Aplikasi Zimbra bisa kamu jalankan menggunakan browser Internet Explorer, Firefox, dan Safari. Menariknya lagi, aplikasi ini bisa kamu integrasikan dengan aplikasi bisnis lain yang menggunakan web services.

Pengertian Aplikasi Zimbra

zimbra adalah

Saat mendapat banyak pekerjaan, kadang kala kita sering kerepotan mengurus deadline. Belum lagi kalau harus mengatur meeting bersama klien. Nah, beruntungnya ada aplikasi bernama Zimbra.

Zimbra adalah aplikasi mail server untuk memanajemen email sehari-hari. Menariknya lagi, kamu bisa mengirim dan menerima email menggunakan nama domain sendiri. Lebih profesional dan menjadikan reputasi semakin baik bukan?

Zimbra menawarkan solusi inovatif berupa integrasi beberapa fitur dalam email. Fitur tersebut diantaranya kalender, kontak, dan manajemen tugas (deadline) untuk bisnis. Dengan begitu, Zimba juga memungkinkan kolaborasi tim.

Setiap pengguna mampu membuat jadwal yang bisa ditampilkan untuk seluruh tim. Platform ini juga membantu tim berkomunikasi dan bekerja secara efektif. Terlebih lagi ada fitur penyimpanan file sehingga seluruh tim bisa mengaksesnya.

Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan tanpa perlu terikat komputer kantor atau laptop. Karena aplikasi ini mendukung akses seluler. Kamu bisa tetap terhubung kemanapun dan kapanpun. Tenang, protokol keamanan Zimbra canggih jadi bisa tetap aman dan teratur.

Kelebihan Zimbra Mail Server

Zimbra merupakan software dengan kualitas yang bagus, fitur lengkap, dan harga lebih murah. Melalui berbagai fiturnya, Zimbra banyak memudahkan pekerjaan. Berikut kelebihan Zimbra untuk meningkatkan produktivitas kerja.

1. Email yang Profesional

Mengirim email melalui Zimbra dapat dikostumisasi dengan domain sesuai keinginan. Kamu bisa mengaitkan alamat email dengan nama domain sesuai nama bisnis, perusahaan, atau bahkan nama pribadi.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Niche Market? Manfaat, Contoh & Cara Menentukan

Sebagai contoh, nama bisnismu GLOUP Cosmetics. Kamu bisa memakai email “[email protected]”. Penamaan email seperti ini menciptakan kesan profesional sehingga memberikan kepercayaan bahwa penerima email berurusan dengan entitas resmi.

Selain itu, fitur email Zimba juga meningkatkan citra merek. Nama domain yang sesuai dengan bisnis membantu mempromosikan merek secara luas. Orang-orang lebih mudah mengingat alamat email yang relevan daripada alamat email umum.

Jadi, penggunaan Zimbra email dengan domain yang sesuai adalah langkah yang cerdas untuk meningkatkan profesionalisme bisnis, sob.

2. User Friendly

Dari tampilannya, interface Zimbra sangat user-friendly. Chat dan fitur kolaborasinya membuat pengguna merasa nyaman dan mudah beradaptasi saat baru pertama menggunakan.

Dengan tampilan yang user-friendly, kamu akan mudah dalam proses mengirim dan menerima pesan. Belum lagi aktivitas kolaborasi lain juga terjangkau, tidak perlu mempelajari fiturnya secara khusus.

Kamu sudah tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk memahami cara menggunakan platform ini. Dalam satu kali belajar, kamu bisa dengan cepat memulai penggunaan Zimbra untuk berbagai keperluan.

Fitur kolaborasi yang mudah digunakan seperti ini akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Kamu bisa lebih fokus tanpa perlu menghabiskan waktu untuk memahami interface yang rumit.

3. Zimbra Chat

Kamu bisa berinteraksi dengan pengguna lain melalui Zimbra web client. Platform ini memungkinkanmu mengundang atau menghapus orang dalam daftar kontak serta melakukan panggilan komunikasi. 

Zimbra chat akan menjadikan proses komunikasi semudah memakai aplikasi pesan instan atau messenger yang umum digunakan. Pemakaiannya pun mudah seperti chat biasanya.

Menariknya lagi, Zimbra web client tidak hanya memfasilitasi komunikasi teks. Akan tetapi juga menyediakan fitur panggilan suara dan video. Hal ini memungkinkanmu berkomunikasi secara lebih interaktif dengan rekan kerja atau mitra bisnis.

4. Integrasi Tugas dengan Cepat

Pada aplikasi Zimbra, ada fitur smart mailbox yang mendukung integrasi email, tugas, daftar kontak, kalender, berkas, dan aplikasi perusahaan. Fitur ini memungkinkanmu bisa mengakses semuanya dengan cepat dan mudah. 

Smart mailbox terintegrasi sehingga kamu bisa bekerja secara efisien. Tenang saja, fitur Ini sudah terhubung dengan layanan hosting. Selain itu, integrasi dengan layanan hosting membuatnya lebih mudah untuk mengatur dan mengelola semua data. 

Artinya, tingkat keamanan berkas di dalamnya terjamin. Kamu tidak perlu khawatir bekerja kolaborasi karena seluruhnya mampu dilakukan dengan mudah, cepat, dan aman.

Cek Konten Lainnya:
9 Cara Mudah Mendapatkan Passive Income

5. Terintegrasi dengan Hosting

Mail server Zimbra juga memungkinkan integrasi dengan hosting milikmu. Aplikasinya bisa menyesuaikan dengan kapasitas hostingmu saat ini. Dengan kata lain, kamu akan memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi dalam penggunaan layanan ini.

Integrasi dengan hosting membuatmu mampu mengadaptasi kapasitas email dan penyimpanan sesuai kebutuhan. Kalau butuh lebih banyak ruang penyimpanan, kamu bisa menyesuaikannya dengan memanfaatkan kapasitas hosting yang tersedia.

Fitur ini sangat penting, terutama dalam lingkungan bisnis yang yang kebutuhannya sering kali berubah.

vps zimbra

Kamu bisa dapatkan server yang sudah teroptimasi untuk zimbra di VPS Zimbra dari Jagoan Hosting. Dengan integrasi hosting, kamu bisa mengoptimalkan penggunaan Zimbra email sesuai perkembangan dan tuntutan bisnis sehingga lebih fleksibel.

6. Mudah Diakses

Kelebihan Zimbra adalah bisa kamu akses dari berbagai lokasi melalui aplikasi Zimbra mobile dan Zimbra desktop. Pada Zimbra mobile, kamu bisa mengaksesnya dari perangkat seluler seperti smartphone atau tablet. 

Keuntungan ini membuatmu tetap terhubung dan mampu mengelola email saat di luar kantor atau dalam perjalanan Dengan aplikasi seluler ini, kamu bisa membaca, mengirim, dan menerima email dengan mudah.

Sementara itu, Zimbra desktop memungkinkanmu mengakses Zimbra dari komputer desktop atau laptop. Melalui komputer, kamu bisa mengatur email lebih mudah karena  layar komputernya besar. Ada juga itur-fitur tambahan yang mungkin tidak tersedia di ponsel.

7. Kontrol Keamanan dan Admin

Sebagai administrator, kamu memiliki kontrol penuh untuk mengatur tingkat keamanan. Kamu juga bisa mengendalikan izin pengguna seperti mengatur admin lain. Kewenangan ini bertujuan memastikan kepatuhan terhadap standar perusahaanmu.

Kamu bisa menentukan siapa yang memiliki akses dan fitur khusus pada email. Artinya, tingkat keamanan data perusahaan bisa sesuai dengan level pengguna. Pengguna yang tidak diberi akses tidak bisa membuka file yang tidak diizinkan oleh admin.

Ada juga fitur yang menyinkronkan Zimbra dengan platform lain seperti Gmail dan Yahoo. Fitur ini bermanfaat untuk mengelola email dari berbagai sumber dalam satu tempat. Alhasil, pengaturannya lebih efisien. 

Kekurangan Zimbra

Di samping kelebihannya, Zimba juga memiliki kekurangan. Berikut kekurangan aplikasi Zimbra berdasarkan review dari pengguna.

1. Proses Pembaruan Rumit

Seperti aplikasi lainnya, Zimba juga perlu kamu perbarui (update) sesuai versi aplikasinya. Kalau tidak diperbarui bisa saja fitur pada aplikasi lama eror atau sulit dijalankan lagi.

Cek Konten Lainnya:
7 Aplikasi Live Chat untuk Website Terbaik

Namun, proses update Zimbra ternyata cukup sulit. Kamu membutuhkan jaringan internet yang kuat, tanpa gangguan. Kalau tidak, pembaruan aplikasi bisa terganggu atau seluruh fitur layanan menjadi offline.

2. Sulit Menyesuaikan Instalasi

Meskipun Zimba bisa mengintegrasikan beberapa aplikasi sejenis, tapi proses instalasinya tidak semudah yang kamu bayangkan. Saat bermigrasi ke server lain, risiko yang mungkin kamu hadapi ketika gagal yaitu kehilangan data.

Solusinya, pastikan kamu mengikuti panduan Zimbra yang tersedia. Panduan yang benar akan membantumu menyinkronkan aplikasi sekaligus memastikan data tetap aman.

3. Pengelolaan Pesan Sudah Dibaca

Berikutnya kekurangan Zimbra adalah mengenai pesan yang sudah dibaca masih masuk dalam prioritas atau tampilan paling atas. Itu artinya, kalau ada pesan baru malah berada di bagian bawahnya.

Kekurangan ini membuat pengguna kesulitan mencari pesan baru. Sebagai solusi, kamu bisa menambahkan pesan-pesan penting pada bagian “berbintang” agar tidak tenggelam.

Cara Kerja Zimbra Mail Server

Zimbra bekerja mengelola seluruh kotak pesan baik pesan masuk maupun pesan terkirim. Cara kerjanya yaitu pesan diterima dari server Zimbra. Kemudian pesan diindeks dan disimpan ke kotak surat yang sesuai.

Setiap server email Zimbra di sistem hanya dapat melihat volume penyimpanannya sendiri. Dengan kata lain, satu server tidak dapat melihat, membaca, atau menulis ke server Zimbra lain.

FAQ

Kamu masih bingung hal lain tentang Zimbra? Informasi penting berikut mungkin akan menjawab pertanyaanmu.

Aplikasi Zimbra untuk apa?

Aplikasi Zimbra berfungsi untuk mengelola email, kalender, dan kolaborasi berbasis cloud. Zimbra menawarkan solusi pengelolaan email yang inovatif dengan menghubungkan pengguna ke informasi dan aktivitas di cloud pribadi.

Apakah Zimbra berbayar?

Betul, Zimbra adalah aplikasi berbayar dengan sistem berlangganan. Untuk memakai Zimbra, kamu harus berlangganan dengan biaya yang dihitung per mailbox untuk satu bulan atau satu tahunan.

zimbra mail server

Dengan banyaknya manfaat aplikasi Zimbra, kini saatnya kamu memakai Zimba untuk bekerja lebih efisien. Kami menyiapkan VPS mail server teroptimasi dengan kualitas terbaik untuk mendukung produktivitasmu. Cek di VPS Zimbra dari Jagoan Hosting yuk, sob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pemilik website terkaya di dunia
Read More
Tajir Melintir! Yuk Kenalan dengan 5 Pemilik Website Terkaya di Dunia
Pemilik Website Terkaya di Dunia – Kehadiran teknologi memang memudahkan semua orang untuk memperoleh berbagai macam informasi hanya…
tips membuat flowchart
Read More
5 Tips Membuat Flowchart yang Mudah & Benar
Sob, kalau kamu mau buat website atau program pasti membutuhkan yang namanya flowchart. Nah, biasanya di flowchart ini…