Jenis Pembelajaran Daring – Munculnya wabah COVID-19 membuat aktivitas yang semula dilakukan secara normal, kini harus beralih menjadi adaptasi new normal. Dimana jika sebelumnya pembelajaran dilakukan di sekolah, sejak Maret 2020 lalu semuanya dilakukan secara daring alias online

Dalam penerapannya, pembelajaran daring terbagi beberapa jenis yang bervariasi agar mampu mencapai hasil yang diharapkan.

Jenis-jenis pembelajaran daring

jenis pembelajaran daring
Photo by Michael Burrows from Pexels

Mengenai hal tersebut pasti banyak pertanyaan mengenai apa saja sih jenis pembelajaran daring. Jika menanyakan hal tersebut, jawabannya akan bervariasi tergantung dari pembagiannya. Berikut ulasannya!

Menurut Fordham University, ada 3 jenis pembelajaran daring yang dibagi berdasarkan interaksi waktu. Apa aja ya, Sob? Berikut penjelasannya!

1. Asynchronous online courses

Jenis yang pertama adalah asynchronous, dimana pelajar tidak harus belajar secara live atau real-time.

Tugas dan materi yang sudah diberikan dalam jangka waktu tertentu dan siswa dapat mengerjakannya kapan saja hingga batas waktu yang sudah diberikan. Asynchronous online course memfasilitasi hubungan kerja antara guru dan pelajar, bahkan jika salah satunya tidak online pada saat yang sama.

Tingkat fleksibilitas yang tinggi adalah kunci dalam pembelajaran online. Hal ini memungkinkan pelajar untuk dapat menggabungkan waktu pendidikan dengan  keluarga, pekerjaan, dan tanggung jawab lainnya. 

Tipe ini sangat cocok untuk pelajar yang sibuk atau memiliki keleluasaan waktu.

2. Synchronous online courses

Pelajar harus mengikuti kelas secara langsung dan berinteraksi di saat bersamaan atau real-time. Tipe ini mengharuskan para pelajar dari manapun berpartisipasi di saat yang bersamaan. 

3. Hybrid courses

Nah, kalau yang satu ini adalah kombinasi dari kedua jenis pembelajaran daring di atas. Pelajar dapat memilih mengikuti kelas sinkron atau asinkron.

Jenis pembelajaran daring menurut media yang digunakan, ada apa aja?

jenis pembelajaran daring
Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels

Pembelajaran secara daring di rumah dapat menggunakan gawai maupun laptop melalui beberapa portal dan aplikasi pembelajaran daring. Tentunya juga harus dengan koneksi internet yang memadai, ya!

Umumnya, ada beberapa media yang sering digunakan untuk pembelajaran daring. Berikut penjelasannya!

1. Tatap muka virtual

Tatap muka virtual ini dapat dilakukan melalui video conference, teleconference, atau diskusi dalam suatu grup di media sosial atau aplikasi.

Dalam tatap muka virtual memastikan adanya interaksi secara langsung antara guru dan peserta didik. 

Guru akan memberi tautan untuk masuk ke dalam diskusi grup dan menjelaskan mengenai materi seperti pada umumnya. Biasanya di akhir pembelajaran akan diberi waktu untuk sesi tanya jawab, yang harapannya para murid dapat mengerti dan paham apa yang telah disampaikan oleh pengajar. 

2. Learning Management System (LMS)

LMS adalah sistem pengelolaan pembelajaran secara daring melalui aplikasi.

Aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam LMS yaitu pendaftaran dan pengelolaan akun, penguasaan materi, penyelesaian tugas, pemantauan hasil belajar siswa, keterlibatan dalam forum diskusi, serta konsultasi ujian atau penilaian. 

Salah satu LMS yang bisa kamu gunakan untuk keperluan mengajar yaitu Moodle! Moodle adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk media pembelajaran daring. Selain untuk mengunggah materi pembelajaran, ada fitur lain yang dapat digunakan di dalam Moodle, yaitu tugas, pesan, forum, kuis, dan survei. 

Kalau kamu masih bingung bagaimana cara install Moodle, jangan khawatir! Kamu bisa mengikuti langkah-langkah tutorial install Moodle di Hosting. Mau cobain trialnya? Klik disini!

Namun, sebelum penginstalan, pastikan kamu memiliki hosting dan domain dulu, Sob! Kamu bisa berlangganan hosting dan domain terbaik di Jagoan Hosting. Di Jagoan Hosting, kamu bisa memilih sendiri paket yang cocok untuk kebutuhan Moodle for LMS. 

Nah, itulah tiga jenis-jenis pembelajaran daring serta media apa saja yang digunakan. Kini, pembelajaran daring lebih mudah karena adanya aplikasi yang memudahkan kegiatan belajar daring bagi guru dan siswa. Tetap semangat ya, Sob!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like