Digitalisasi industri – Memasuki eranya digital, itu artinya segala sesuatu dapat berlangsung dalam kedipan mata dan ada di dalam genggaman kita semua. Gak hanya teknologi komunikasi yang berkembang pesat, tapi juga pertumbuhan ekonomi pun ikut juga dampak positifnya. 

Digitalisasi industri 4.0 telah mengubah tatanan sistem perindustrian kita saat ini. Perdagangan saat ini, sudah gak kenal lagi batas negara dan waktu. Kamu jadi bisa melakukan transaksi tanpa berpindah tempat dengan waktu yang cemat. Kuy, baca sampai tuntas pembahasan ini ya, Sob!

Apa Itu Digitalisasi Industri?

digitalisasi industri
gambar dari unsplash

Kamu tahu siapa perintis revolusi Industri 4.0 itu? Dia adalah Klaus Schwab, dimana dia meyakini bahwa teknologi baru akan menggabungkan dunia fisik, biologis, dan digital secara bersamaan. Yang dimaksud dengan digitalisasi industri sendiri adalah mengubah komunikasi, fungsi, maupun interaksi dalam industri ke dalam digital. Jadi, ini merupakan transformasi industri dari konsep konvensional jadi virtual. Nah, transformasi ini bisa mempengaruhi proses transaksi dan sistem di dalam industri itu sendiri.

Lalu, Bagaimana Digitalisasi Industri Saat Ini?

Digitalisasi industri ini sudah didukung dengan adanya kemajuan teknologi seperti big data dan kecerdasan buatan. Perubahan-perubahan ini sudah terjadi di banyak vektor loh, Sob. Misalnya saja tumbuhnya pertanian cerdas, konsumsi terhadap blockchain, pemanfaatan energi pintar, dan masih banyak lagi.

Lalu, ribuan pabrik saat ini di seluruh dunia juga sudah menggunakan robot yang telah diprogram sebagai robot industri. Robot ini melakukan tugas-tugas kompleks dan kritis yang biasanya dilakukan oleh manusia seperti pengemasan, dirgantara, otomatisasi, hingga logistik.Tentu saja, adanya robot ini bisa menyederhanakan tugas dan meningkatkan efisiensi area produksi.

Strategi Digitalisasi Industri yang Harus Kamu Coba!

Buat kamu yang ingin segera bergabung ke digitalisasi industri, gak perlu terburu-buru ya, Sob. Sebab, semuanya pasti butuh yang namanya adaptasi dengan sistem yang baru. Nah kamu yang saat ini lagi menjalankan bisnis, coba cek beberapa strategi berikut ya Sob untuk menghadapi digitalisasi industri.

1. Menggunakan Manufacturing Automation Software

Buat kamu yang memiliki industri manufaktur, kamu bisa gunakan software otomasi produksi yang bisa meningkatkan efisiensi kegiatan produksi. Manufacturing Automation Software juga berfungsi untuk mengawasi dan mengatur berbagai kegiatan produksi yang dilakukan mesin berat. 

Software nantinya akan memberikan update data otomatis tentang aktivitas produksi  hingga ke pantauan tentang status mesin loh. Jadi, para teknisi gak perlu melakukan inspeksi manual terus menerus deh.

2. Mengadaptasi Software Digitalisasi

Sob, mulai dari pencatatan data klien, pencatatan keuangan, hingga layanan customer service bisa dioptimalkan loh dengan menggunakan teknologi digital. Misalnya saja sistem pembayaran digital yang sudah tersedia saat ini. Customer bisa lebih mudah bayar apapun cuman lewat smartphone mereka. Lebih praktis dan tetap aman.

Nah, sama juga buat kamu yang sedang menyiapkan website, terus butuh cloud hosting terbaik yang aman dan lebih stabil kayak punyanya Jagoan Hosting, Sob. Gak perlu khawatir, hosting ini didukung oleh OS CloudLinux dan CageFS. 

Digitalisasi industri saat ini memang jadi terobosan baru yang sangat menjanjikan karena kemudahan dan efektivitas yang ditawarkan. Apalagi, di tengah persaingan industri yang semakin ketat dan peluang jadi terbuka lebar.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like