7 Tugas Full Stack Developer yang Wajib Kamu Tahu!

programmer full stack
Photo by Arnold Francisca on Unsplash

Tugas programmer full stack – Kalau kamu perhatiin, programmer full stack lagi ramai-ramainya diperbincangkan! Apalagi di kalangan startup atau pencari kerja.

Yep, ada banyak keunggulan dari profesi ini yang bikin mereka diincar banget belakangan ini! Pasalnya, mereka nggak cuma asal bisa coding, tapi juga mulai dari database sampai ke klien itu sendiri.

Tenang, buat kamu yang baru memulai kehidupan seorang programmer full stack, nggak usah panik, Sob! Jagoan Hosting sebagai layanan penyedia virtual machine Indonesia terbaik bakal kasih kamu ‘kisi-kisi’ apa aja tugas mereka yang bakal bantu kamu meningkatkan potensi kamu!

1. Coding untuk back-end dan front-end

Salah satu keunggulan yang bikin mereka keren adalah kemampuan menguasai front-end dan back-end!

Inilah kenapa programmer full stack banyak diminati oleh perusahaan dan startup teknologi. Pengetahuan ‘dua dunia’ ini bisa menjadi luar biasa jika ditangani oleh satu orang dan mengurangi miskomunikasi.

Tentunya, kamu juga perlu mempersiapkan pengetahuan di back-end dan front-end, ya Sob!

2. Bug-testing juga termasuk tugas programmer full stack

Kalau sudah bikin, tentunya perlu dipastikan kalau berjalan lancar di pengguna, kan? Bug-testing juga termasuk tugas kamu nih agar bisa sigap dan cepat dalam menanggapi bug yang ada.

Jadi jangan dikira saat sudah selesai mengembangkan aplikasi dan software, sudah tuntas dan bisa leyeh-leyeh, ya!

Cek Konten Lainnya:
Ingin Belajar WordPress? Ini 6 Tahapan Mudah untuk Pemula 

3. Programmer full stack terlibat sejak awal proses desain

Tugas Full Stack Developer
Photo by Peter Gombos on Unsplash

Umumnya, tugas mereka akan banyak bersinggungan dengan pihak dan tim yang beragam. Mulai dari desainer hingga UX researcher, programmer full stack perlu berkoordinasi untuk memastikan proses desain app/software berjalan lancar.

Dengan begini, kamu bisa dapat gambaran bagaimana memaksimalkan app/software yang kamu kembangkan dengan tepat!

4. Memastikan server dan database bisa berjalan dengan baik

Namanya juga jack of all trades, mereka juga bersinggungan dengan back-end seperti server dan database. Sudah jelas kamu harus memastikan server yang kamu gunakan terbaik agar terhindar dari lemot dan masalah teknis!

Agar app/software kamu bisa memukau, tentunya kamu perlu mencari best price performance server, betul nggak? Kabar baiknya, Jagoan Hosting menawarkan kamu VPS X Pro yang didesain untuk profesional papan atas kayak kamu! Dengan kebebasan layaknya komputer pribadi ditambah performa nggak main-main, kamu bisa dapatkan server untuk program sebesar apapun mulai dari Rp 80.000 per bulan saja.

Nggak percaya? Boleh kamu bandingin dengan klik di sini! 

5. Mengoptimalkan tampilan cross-platform

Setuju nggak lebih banyak orang pakai smartphone daripada laptop? Nah inilah kenapa tugas programmer full stack juga memastikan website kamu bisa diakses di kedua device tersebut!

Cloud VPS

Jangan sampai tampilan wah kamu jadi kacau dan ‘padat’ ketika dibuka lewat smartphone!

6. Memenuhi kebutuhan teknis dari pengguna

Keunikan lain dari profesi yang satu ini adalah tuntutan untuk menentukan kebutuhan pengguna yang perlu ditambahkan di dalam app/software. Kamu juga bakal bekerja dengan user researcher supaya app/software kamu tepat guna ketika digunakan, Sob!

7. Menyusun pustaka kode dan bahasa pemrograman yang dapat digunakan di masa mendatang

Nggak ada yang pernah tahu hari esok, Sob! Siapa tahu kode yang kamu scrap hari ini ternyata tambang emas di masa depan. Nggak ada salahnya kalau kamu membuat pustaka kode dan bahasa pemrograman yang mungkin atau sudah pernah diaplikasikan di app/software kamu.

Cek Konten Lainnya:
Perbedaan VPS, Shared Hosting dan Dedicated server

Siapa tahu, kamu bisa membantu programmer lain ataupun meningkatkan performa dengan kode-kode yang sudah kamu susun!

Itulah 7 tugas programmer full stack yang perlu kamu tahu. Banyak banget, bukan? Kalau Uncle Ben di Spiderman bilang “With great power comes great responsibility”, Jagoan Hosting juga setuju kalau “With great performance comes great return of investment”. Server bukan masalah yang sepele, Sob! Cukup 1 server yang dapat kamu andalkan seperti VPS X dari Jagoan Hosting, kamu bisa memaksimalkan performa dan profit kamu! Start here now!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara membuat website e-commerce
Read More
Cara Membuat Website E-Commerce: 6 Langkah Jualan Online
Cara membuat website e commerce saat ini banyak menjadi incaran. Utamanya bagi beberapa pihak yang ingin serius berkecimpung…
cek ip website
Read More
Cara Cek IP Domain Website dan Tools Gratisnya
IP website adalah alamat unik yang dimiliki setiap jaringan komputer, baik ponsel, laptop, maupun PC. Karena unik, setiap…