Contoh Sukses Pesantren Digital, Bantu Dakwah Jadi Lebih Mudah!

pesantren digital
Photo by Madrosah Sunnah on Unsplash

Pesantren Digital – Kata siapa pesantren itu tradisional? Buat kamu yang pernah jadi santri, tentunya pesantren menawarkan banyak ilmu baik agama maupun umum yang dibalut dengan bagus. Tentunya, pesantren juga nggak mau ketinggalan digitalisasi, kok!

Banyak aspek yang akan diuntungkan jika pesantren digital diterapkan. Mulai dari kewirausahaan, dakwah, hingga penyaluran infaq & zakat. Pesantren digital juga membantu para santri untuk menjadi lebih melek teknologi dan tidak tertinggal dengan kemajuan zaman, Sob!

Nah, jika kamu adalah seorang santri atau santriwati yang tertarik untuk mengembangkan teknologi di pesantren kamu, maka kamu bisa intip contoh sukses digitalisasi kegiatan kepesantrenan yang menginspirasi!

1. Pesantren Go Digital, aplikasi pesantren digital yang super lengkap

Aplikasi ini merupakan salah satu contoh pesantren digital yang cukup lengkap. Platform yang digagas oleh Telkom Indonesia ini menawarkan layanan digitalisasi mulai dari Kartu Santri, platform pembelajaran digital, hingga kemudahan dakwah digital lewat Muslim Life.

Jika kamu tertarik untuk menciptakan layanan platform serupa, kamu bisa mencoba melihat layanan website dan pembelajaran digital milik Jagoan Hosting yang langsung bisa kamu terapkan untuk pesantren kamu dalam sekejap!

2. Santree, ajarkan para santri kemampuan berdagang

Pesantren juga memiliki fungsi ekonomi yang dahsyat yaitu mengajarkan santri-santriwati kemampuan berdagang. Melalui aplikasi Santree, para santri dapat belajar mengelola e-commerce dalam satu tempat, lho!

Tidak hanya itu, Santree menerapkan sistem poin reward yang bisa membantu santri untuk berikhtiar lebih giat dengan hadiah umroh! Gamifikasi menjadi salah satu konsep yang menarik untuk mendorong pengguna berlomba-lomba mengejar kebaikan. Sudah terinspirasi menciptakan platform serupa?

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Tagline? Jenis, Contoh dan Cara Buat

3. Ngabar Digital App, aplikasi untuk pondok pesantren digital

Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar untuk kemudahan seluruh santri-santriwati. Salah satu masalah yang dihadapi santri adalah kesulitan mengelola keuangan dan kendala komunikasi finansial dengan wali santri. Ngabar Digital App bisa membantu wali santri untuk memantau serta melakukan pembayaran langsung melalui aplikasi.

Tidak hanya itu, Ngabar Digital App juga mengintegrasikan sistem akademik juga, lho! Dengan begini wali santri bisa tetap terinformasi dengan kondisi akademik putra-putrinya.

4. Cariustadz, bantu kamu dapat penuntun agama

Sesuai namanya, Cariustadz ini bisa membantu kamu menemukan ustadz maupun ustadzah yang akan membimbing belajar agama sesuai lokasi kamu. Memang, aplikasi ini tidak spesifik untuk pesantren digital, tetapi sangat bermanfaat di masa pandemi ini!

Tidak hanya menemukan penuntun agama, tetapi juga menawarkan layanan berupa kajian keluarga, kajian kelompok, dan khutbah untuk salat Jumat maupun Idul Fitri dan Idul Adha. Wah lengkap banget, Sob!

5. SIPku

Aplikasi SIPku bisa membantu pengurus pesantren untuk mengelola pembukuan keluar-masuk dana pesantren, SPP, hingga infaq dan zakat. Tentunya tidak perlu repot lagi menghitung secara manual, ya!

Apalagi aplikasi SIPku ditujukan untuk meningkatkan transparansi dari pesantren. Tidak lain agar semua pihak dapat melaksanakan ibadah dengan tenang, Sob!

Itulah 5 contoh aplikasi wajib pesantren digital. Jadi sudah terbukti kan kalau pesantren juga bisa go digital, Sob! Apalagi jika kamu berniat untuk mengabdikan keahlian kamu mengembangkan aplikasi bagi pesantren kamu, pahalanya tentu berkali-kali lipat.

Ibadah jangan setengah-setengah, sama seperti menggunakan layanan pendukung aplikasi kamu harus yang terbaik, dong. Coba intip layanan dari Jagoan Hosting yang sudah menyiapkan mulai dari server terbaik dan hosting terbaik, hingga pembelajaran digital yang siap pakai untuk mendukung go-digital yang kamu inginkan

Cek Konten Lainnya:
Ini Cara Buka Usaha Online Course, Peluang Cuan di Tengah Gaya Hidup Normal Baru!

-->
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
profesi web developer
Read More
7 Alasan Mengapa Profesi Web Developer Cocok Jadi Pilihan Karier Kamu!
Saat ini web developer menjadi pekerjaan impian bagi banyak kawula muda, hal ini dikarenakan oleh gaji yang besar…
jualan online
Read More
4 Cara Promosi Jualan Online Untuk Pemula
Jualan online merupakan salah satu cara untuk dapat uang tambahan, sob! Apalagi di masa pandemi seperti ini, banyak…