5 Rekomendasi Aplikasi Pendukung Jualan Online untuk Anak Muda

Jualan online adalah salah satu peluang bisnis yang paling banyak diminati di masa pandemi Covid-19. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dalam meminimalisir kontak fisik dan anjuran untuk tetap di rumah saja menyebabkan jumlah keberadaan bisnis online semakin meningkat drastis dengan berbagai pilihan produk dan jasa yang ditawarkan.

Masyarakat Indonesia pun menjadi semakin mudah untuk memenuhi kebutuhan. Mereka cukup melakukan transaksi dari rumah melalui smartphone, lalu tinggal menunggu pesanan diantarkan oleh kurir. 

Apakah Anda tertarik memulai atau mengembangkan usaha jualan online? Penggunaan aplikasi untuk bisnis online adalah hal yang wajib Anda pelajari. Meningkatnya jumlah pelaku jualan online di masa pandemi belakangan ini mengakibatkan munculnya banyak aplikasi pendukung jualan online dengan fitur yang berbeda-beda menyesuaikan kebutuhan pebisnis.

Pentingnya penggunaan aplikasi pendukung jualan online yaitu untuk mengoptimalkan pekerjaan dan meningkatkan pelayanan pada pelanggan, sehingga akan memengaruhi peningkatan pendapatan Anda. Apabila Anda masih kebingungan memilih software ritel apa saja yang Anda butuhkan untuk usaha Anda?

Berikut kami rangkum 5 rekomendasi aplikasi online shop untuk menunjang jualan online Anda:

Aplikasi E-Commerce

Aplikasi e-commerce adalah aplikasi wajib untuk para online shop, karena kegiatan transaksi jual-beli bisnis Anda dilakukan di sana. Kemudahan dalam pembuatan akun serta keamanan transaksi menjadikan aplikasi e-commerce banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Sebut saja Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, dan lainnya. Anda akan dimanjakan oleh fitur unggulan keren di setiap aplikasi.  

Aplikasi Manajemen Media Sosial

Agar bisnis Anda dapat berkembang dan dijangkau calon pelanggan, Anda perlu membuat konten brand awareness dan melakukan promosi di media sosial. Software Hootsuite dapat mempermudah marketing digital Anda dengan cara memantau dan mengatur semua saluran media sosial dari satu tempat, membuat jadwal konten dan mendapatkan statistik data keyword populer sekaligus kinerja media sosial jualan online Anda.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Affiliate Marketing? Ini Tips Sukses Menjalankannya!

Aplikasi Desain Grafis

Apabila tampilan profil akun media sosial Anda menarik, tentu sangat berpotensi untuk dilirik oleh banyak calon konsumen. Sebab itu, Anda membutuhkan aplikasi desain grafis yang bisa diakses di perangkat mobile dan desktop. Aplikasi yang mudah digunakan untuk pemula sekalipun karena menyediakan berbagai template desain yang tinggal Anda sunting sesuai kebutuhan. Anda juga bisa membuat desain logo, background, katalog dan brosur promosi usaha menggunakan Canva dan/atau Figma.

Aplikasi Kehadiran dan Timesheet

Aplikasi pendukung jualan online yang tidak kalah penting adalah pencatatan kehadiran dan timesheet digital. Aplikasi absensi Hadirr memungkinkan Anda untuk mengelola karyawan, dimulai dari pencatatan kehadiran, manajemen proyek dengan cara kolaborasi dan bagi tugas, memonitor waktu kerja karyawan agar produktivitas online shop Anda berjalan secara efisien dan efektif.

Aplikasi Penggajian Karyawan (Payroll

Apabila Anda memiliki usaha online dengan jumlah karyawan yang banyak, kegiatan administratif untuk penggajian akan merepotkan Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi penggajian online yang bernama Gadjian untuk membantu Anda mengelola perhitungan dan pengiriman upah karyawan secara otomatis, aman dan akurat. Selain itu, Anda juga bisa mengatur jadwal shift kerja karyawan serta menganalisis kinerja dan produktivitas mereka.

Dua rekomendasi aplikasi terakhir ini mungkin masih belum familiar bagi Anda. Akibat dari dampak pandemi menyebabkan banyak jualan online mengalami penurunan pendapatan. Sehingga peningkatan efektivitas dan efisiensi bisnis online tentu menjadi konsen utama. Hal mendasar yang perlu diatur sebelum fokus meningkatkan profit adalah pengelolaan operasional sumber daya manusia yang dimiliki.Aplikasi absensi online Hadirr dan aplikasi HRIS Gadjian dengan sistem cloud terbaik di Indonesia akan membantu pengelolaan SDM dan produktivitas bisnis Anda agar menjadi lebih baik.

Cek Konten Lainnya:
10+ Cara Jualan Online Laris Bagi Pemula di 2024

-->
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
produk jualan online
Read More
13 Ide Produk Jualan Online Paling Laris Dicari
Sedang mencari ide produk jualan online yang laris di pasaran? Selamat! Kamu berada di artikel yang tepat.  Kali…
internet marketing
Read More
Internet Marketing: Pengertian, Jenis, Elemen dan Strateginya
Rasanya, hampir semua orang kini telah mengenal internet. Melihat fenomena ini, sebagai pebisnis, tentunya kamu dapat memanfaatkannya sebagai…