Cara Membuat Email Bisnis yang Profesional dan Kredibel

cara membuat email bisnis

Membangun sebuah perusahaan dan ingin menciptakan branding terbaik untuk kemajuan bisnis, maka dibutuhkan effort tersendiri. Salah satunya dengan tahu bagaimana cara membuat email bisnis.

Meskipun pada dasarnya tetap membutuhkan domain email .gmail. Tetapi, untuk keperluan perusahaan lebih professional, hal ini tentu kurang menunjukkan effort tersendiri.

Sehingga, dibutuhkan Gmail bisnis untuk membantu menciptakan branding. Biasanya penamaan email bisnis akan lebih professional akan menampilkan nama domain sekaligus.

Ketika kamu login email bisnis, kamu akan merasakan sensasi yang berbeda. Tetapi sebelum itu, pastikan kamu terlebih dahulu apa itu email bisnis. Dengan mengetahui dasaran email bisnis, tentu akan membantu kamu lebih paham mengenai proses pembuatannya.

Apa yang Dimaksud dengan Email Bisnis?

email bisnis adalah

Meskipun sudah seringkali mendengar mengenai email bisnis, mungkin beberapa orang masih belum paham sepenuhnya terkait pengertian dan fungsi penggunaannya.

Email bisnis atau business email adalah alat email yang proses pembuatannya didasarkan pada nama domain perusahaan atau instansi.

Tujuannya untuk membantu komunikasi internal, tools kolaborasi, integrasi bisnis, dan juga membangun branding.

Ketika kamu mengirimkan pesan kepada pelanggan atau target kerja sama perusahaan. Maka, pembaca akan langsung mengetahui dari brand yang sudah terpampang langsung di badan email.

Oleh karena itu, email ini menjadi salah satu upaya professional dari marketing bisnis yang menguntungkan. Contoh email bisnis sendiri seperti [email protected].

Cara Membuat Email Bisnis Mudah Pakai Zoho Mail

Jika kamu mencari cara membuat email bisnis gratis, maka bisa memanfaatkan layanan dari Zoho Mail. Karena meskipun gratis, Zoho sangat profesional dalam membuat email untuk perusahaan maupun instansi.

Selain itu, kamu juga bisa memilih layanan pakai email domain pribadi. Salah satunya memanfaatkan Free Plan. Panduan pembuatannya, sebagai berikut:

  • Pertama, pastikan kamu sudah memiliki nama domain dan juga web hosting
  • Kemudian akses website resmi dari Zoho Mail > klik Email Bisnis dan pilih DAFTAR SEKARANG
  • Scroll ke bawah hingga kamu mendapati tulisan DAFTAR SEKARANG > klik di bagian paket gratis selamanya
  • Selanjutnya, kamu bisa langsung memasukkan nama, alamat email, dan juga password untuk membuat akun di Zoho Mail
  • Klik Sign Up
  • Berikutnya jangan lupa untuk memasukkan kode verifikasi yang sebelumnya sudah dikirimkan ke alamat email atau nomor telepon yang kamu gunakan untuk mendaftar
  • Setelah itu, tambahkan domain di bagian Add an existing domain
  • Cara mudahnya pilih Add Now
  • Lalu, segera masukkan nama domain dan informasi bisnis pada kolom yang sudah tersedia > pilih Add
  • Ketika kamu sudah sampai di tahap ini, maka domain sudah berhasil masuk ke Zoho Mail. Tetapi kamu tetap membutuhkan verifikasi dengan klik Proceed to domain verification
  • Segera lakukan verifikasi dengan tiga opsi, yaitu menggunakan CNAME, TXT record, dan juga upload file HTML di website.
  • Terakhir, pilih verify dan lanjutkan ke proses setup email hingga pengaturan Zoho Mail berhasil. Proses berhasil dilakukan. Kini kamu sudah memiliki email bisnis dengan memanfaatkan Zoho Mail
Cek Konten Lainnya:
5 Macam Investasi Bisnis yang Harus Dimiliki Seorang Pebisnis

Pada cara membuat email bisnis ini perlu pengguna ketahui bahwa Zoho memberikan fasilitas untuk lima username dengan satu domain. Nah, untuk rinciannya 5 GB per user dan maksimal kapasitasnya hanya 25 MB saja.

Buat Email Bisnis Profesional dengan Layanan dari Jagoan Hosting

bikin email bisnis pakai email hosting

Memanfaatkan Zoho sebagai salah satu cara membuat email bisnis baru memang terkesan lumayan. Tetapi kamu pasti tahu kalau setiap layanan gratis memiliki keterbatasan akses tersendiri.

Bagaimana jika ditengah-tengah kepadatan pesan masuk dan juga layanan yang harus ditangani, tetapi kapasitas email tidak mendukung? Hal itu pastinya menjadi penilaian tersendiri bagi setiap klien yang ingin menjalin kerjasama.

Nah, untuk meminimalisir hal tersebut lakukan sebuah terobosan baru dengan memanfaatkan layanan untuk membuat email bisnis lebih profesional lagi. Salah satunya dengan mempercayakan kepada Jagoan Hosting.

Memilih layanan hosting email di Jagoan Hosting, kamu tidak perlu lagi repot-repot mengurus semuanya sendirian. Selain itu, paket email hosting pun sangat murah untuk kapasitas bisnis, loh.

Jadi, kamu akan terkesan lebih produktif dan juga mampu memenangkan persaingan pasar. Layanan dari jagoan hosting sendiri memiliki banyak sekali keuntungan yang bisa kamu rasakan, seperti:

1. Memiliki Kapasitas Pengiriman Email yang Besar

Menggunakan layanan email bisnis dari Jagoan Hosting, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan aktivitas pengiriman email. Karena, kami akan memberikan layanan sangat besar, sebab sudah disiapkan lebih dari 300 pengiriman dalam sehari.

2. Kapasitas Hingga 99,9%

Jagoan Hosting siap menghadirkan 99,9% hingga email hosting milik perusahaan menjadi handal dan memiliki kinerja yang lancar. Hal ini membuat produktivitas menjadi lebih cepat.

3. Memiliki Penyimpanan yang Sangat Besar

Bersama Jagoan Hosting, kamu akan mendapatkan storage yang besar dan bisa mengirim serta menyimpan file lebih banyak.

Cek Konten Lainnya:
6 Kesalahan Iklan di Media Sosial yang Perlu Dihindari

Fasilitas Layanan Email Bisnis di Jagoan Hosting

harga email hosting untuk bisnis

Memilih jagoan hosting sebagai media untuk membuat layanan email bisnis berkualitas, kamu dapat membeli salah satu dari tingkatan layanan populer, diantaranya:

1. Basic

Untuk paket basic, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya Rp20.000 saja per bulan. Fasilitasnya mulai dari 10 GB email storage, 5 GB free file storage, 300 sendmail per hari dan juga bonus domail .live dan .info.

Ditambah layanan migrasi secara gratis, keamanan 2FA dan juga berbagi file.

2. PRO

Jika kamu memilih paket PRO, maka biaya berlangganan per bulannya sekitar Rp25.000 saja per bulan. Tentunya dengan fasilitas lebih komplit seperti 25 GB email storage, 300 sendmail per hari, dan juga 5 GB free file storage.

Kamu juga bisa mendapatkan bonus domain .live dan .info. Fasilitas ini sudah termasuk ke dalam keamanan 2FA, berbagi file, migrasi secara gratis dan juga penyimpanan email yang selalu bisa di upgrade.

3. Email Hosting Lebih Besar

Ingin email hosting dengan kapasitas lebih besar? Kamu bisa gunakan aplikasi Zimbra dari agar lebih efisien dan fleksibel.

Layanan ini sudah termasuk managemen full untuk control email bisnis dan email pribadi serta keamanannya. Ada juga fasilitas kuota sendmail kustom serta gratis tambah akun kapan saja.

Kamu bisa dapatkan Email Hosting Murah di Jagoan Hosting untuk kredibilitas dan profesional bisnismu.

Cara Membuat Email Account dari cPanel

Membuat akun email juga bisa kamu lakukan melakukan Cpanel. Syaratnya kamu udah jadi pelanggan hosting yang menggunakan kontrol panel cPanel seperti hosting murah unlimited dan hosting terbaik.

Beberapa langkahnya antara lain:

  • Pertama, kamu bisa masuk ke Cpanel hosting
  • Untuk ke cPanel hosting kamu harus login terlebih dahulu ke member.jagoanhosting.com dan masukkan alamat email serta password-nya.
  • Kemudian klik menu layanan
  • Pilih layanan yang sudah kamu beli dan masih aktif
  • Klik login to cPanel
  • Setelah itu, pada menu email klik email account
  • Kemudian isikan semua form dengan benar
  • Di mailbox quota ada dua pilihan 1024 mb dan unlimited. Ketika kamu memilih 1024 mb dan email mencapai limit, maka email tidak bisa menerima lagi. Tetapi jika pilih unlimited, kamu tidak perlu menambah limit apabila sudah penuh
  • Apabila semuanya sudah terisi, pilih Create Account
  • Setelah berhasil, nantinya akan muncul pemberitahuan bahwa proses pembuatan akun sukses dilakukan.
Cek Konten Lainnya:
12+ Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Buat Pemula

Kelebihan Pakai Email Bisnis Daripada Email Pribadi

kelebihan email bisnis

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat email bisnis, kini pastikan kamu paham apa kelebihannya dibanding email pribadi. Berikut beberapa pembahasannya:

1. Email Terlihat Profesional

Ketika kamu menerapkan cara membuat email bisnis, maka hal tersebut akan membuat perusahaan terlihat semakin professional. Di mana, kesannya tidak menggunakan email pribadi dengan domain .gmail.

Kamu bisa memanfaatkan email bisnis dengan penamaan [email protected].

2. Data Bisnis Terlindungi dengan Pasti

Penggunaan email bisnis akan membantu kamu dalam mendapatkan perlindungan serta kontrol penuh terhadap administrator untuk kebutuhan sinkron email. Contohnya seperti pada Yahoo dan juga Gmail.

3. Akses yang Mudah Dilakukan

Menggunakan email bisnis dari jagoanhosting.com, kamu bisa mengaksesnya secara mudah dan cepat. Apalagi kami mendukung sistem seperti Android dan juga IOS.

4. Memiliki Smart Mailbox yang Terintegrasi

Di sini, kamu bisa mendapatkan dukungan smart mailbox yang sudah terintegrasi dengan address book, message, task, kalender file, email, dan juga aplikasi yang perusahaan gunakan.

5. Memudahkan Komunikasi

Penggunaan email bisnis akan membantu kamu dalam meningkatkan komunikasi bersama klien. Sebab, selain fiturnya sudah terintegrasi normal, sistem pesan di email bisnis ini sangat mudah dan cepat dipahami.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara membuat email bisnis dan banyak proses yang perlu diikuti. Pastikan kamu melakukan setiap stepnya dengan mudah. Jangan lupa gunakan jagoanhosting.com untuk berlangganan email bisnis berkualitas.

FAQ

Apa itu email untuk bisnis?

Email untuk bisnis merupakan sebuah layanan yang dibuat untuk membantu proses marketing dan branding perusahaan.

Apa perbedaan email untuk diri sendiri dan bisnis?

Ketika kamu menggunakan email bisnis, maka nama domain akan berubah secara professional seperti [email protected]. Sedangkan email pribadi pada umumnya memakai nama domain yang sudah disediakan secara langsung.

Apa manfaat mengirim email bisnis profesional?

Mengirim pesan pakai email bisnis professional akan meningkatkan rasa percaya pelanggan atau klien terhadap fitur maupun program yang kamu tawarkan. Sehingga sangat bermanfaat untuk membangun kerja sama antar bisnis yang berkembang.

Apa yang harus dilakukan agar email bisnis terlihat profesional?

Merubah nama domain mengikuti brand bisnis. Contohnya seperti [email protected]. Untuk melakukannya kamu bisa mempercayakannya pada Jagoanhosting.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
tools project management
Read More
20+ Tools Project Management untuk Kelola Kerjaanmu
Mengelola proyek bisa menjadi tugas yang menakutkan, tetapi tools project management membuatnya lebih mudah dengan menyediakan platform terpusat…
beda programmer dan developer
Read More
Biar Pede, Cek 5 Kriteria Developer yang Baik Ini, Sob!
Kriteria Developer yang Baik – Developer aplikasi dan developer software rasanya makin menjamur dan berebut lapangan pekerjaan yang…