10+ Contoh Email Marketing yang Menarik dan Tips Buatnya

contoh email marketing

Banyak orang khususnya pebisnis yang mencari seperti apa contoh email marketing yang menarik konsumen. Hal ini wajar mengingat penggunaan strategi pemasaran seperti ini terbukti efektif untuk menarik pelanggan. 

Banyak perusahaan besar yang sudah menerapkan strategi pemasaran ini karena dampaknya yang bagus untuk bisnis. Nah, jika kamu memiliki usaha atau bisnis tertentu, email marketing bisa menjadi salah satu cara promosi untuk kamu coba. 

Lantas, seperti apa contoh email marketing yang menarik itu? Dan apa saja tips yang bisa kita terapkan agar email tersebut efektif mendongkrak penjualan produk? Untuk lebih lengkapnya, simak informasinya berikut ini ya, Sob!

Pengertian Email Marketing

email marketing adalah

“Email marketing is a marketing strategy where businesses send promotional messages to people in mass quantities. It is typically used to generate sales by sharing promotional offers, nurturing leads, or expanding the impact of content marketing efforts”. – Neil Patel 

Melansir dari laman Neil Patel, bisa kamu pahami bahwa email marketing adalah strategi pemasaran yang mengirimkan pesan promosi kepada banyak orang dalam jumlah besar via email. 

Umumnya strategi ini bertujuan untuk menghasilkan penjualan yang tinggi dengan cara mengirimkan penawaran menarik, memelihara prospek, dan memperluas usaha pemasaran konten. 

Jika kamu bisa memanfaatkan email marketing dengan tepat, dampaknya akan luar biasa untuk bisnis. Karena tidak hanya mendorong konsumen membeli produk, tetapi juga menjaga koneksi dengan konsumen dan memberi info produk terbaru. 

Email marketing adalah langkah yang tepat jika pebisnis ingin menjaga hubungan dengan konsumen dalam jangka panjang. Dalam artian menjadi media yang tepat untuk membentuk loyalitas atau kesetiaan pelanggan.

Efektivitas dari strategi pemasaran ini pun sudah terbukti. Melansir dari data WBR Digital, email marketing mampu mencatat keberhasilan akuisisi pelanggan sampai 81%. Hal ini bahkan lebih dari social media marketing yang hanya sekitar 51% saja. 

10+ Contoh Email Marketing yang Efektif untuk Promosi 

contoh email marketing

Inilah beberapa contoh ide konten email marketing yang menarik sebagai inspirasi untuk bisnis: 

1. Contoh Email Selamat Datang 

Pertama, ada contoh email marketing berupa selamat datang. Ucapan ini bisa kamu berikan kepada pelanggan setelah mereka menggunakan jasa atau membeli produk. Tujuannya untuk memberikan sambutan kepada pelanggan. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu AIDA Marketing? Strategi Ampuh Tingkatkan Penjualan

Contoh: 

Selamat Datang, Yth Putri Ayu

Kepada Yth Putri Ayu, Terimakasih sudah mendaftar di layanan hosting dari Hero Hosting. Email ini akan bermanfaat untuk membantu Anda menggunakan akun Hero Hosting dengan mudah.

Silahkan login melalui link berikut: (link) 

2. Contoh Email Promosi Produk 

Selanjutnya, ada contoh email marketing yang berisi promosi produk. Ini bisa kamu gunakan jika ingin menawarkan promosi kepada pelanggan dan membuat mereka tertarik untuk melakukan pembelian. 

Contoh:

Halo, Aisyah! Promo Skincare Beauty dateng lagi nih! 

Ada promo minimal belanja Rp75.000 dapatkan gratis ongkir maksimal Rp20.000. Promo berlaku mulai 2 Agustus sampai 8 September 2023.

Yuk, buruan belanja sekarang juga jangan sampai kehabisan! 

3. Contoh Email Marketing Peringatan Hari Tertentu 

Momen peringatan hari tertentu pun bisa jadi momen yang pas untuk mengirim email marketing. Seperti Hari Ibu, Hari Kemerdekaan, Hari Tahun Baru, atau lainnya. Kamu bisa mengajak pelanggan untuk melakukan aksi di hari tersebut. 

Contoh:

Buat seluruh ibu yang ada di Indonesia, selamat hari ibu!

Dear, Zara. Kamu udah ucapin hari ibu belum? Kalau belum, ucapin sekarang yuk! Biar makin spesial, tunjukkin rasa kasih sayang ke ibu dengan Cheesecake Premium dari Pandora. 

Jadi nggak cuma ucapan, tapi juga ada hidangan seru untuk ibu tercinta. Promo Cheesecake Premium dari Pandora buat Hari Ibu. Ada potongan sampai 40%.

Tunggu apalagi? Yuk, pesan ke Pandora sekarang juga!

4. Contoh Email Marketing Ulang Tahun 

Ketika ada pelanggan yang berulang tahun, kamu bisa memberikan email marketing kepada mereka. Tujuannya tidak hanya promosi saja, tapi juga bentuk apresiasi kepada pelanggan setia. 

Contoh: 

Hai, Windy. Selamat Ulang Tahun! 

Di hari spesialmu, Pastilaku punya voucher khusus sebagai hadiah ulang tahun. Dapetin extra diskon up to 40% untuk semua produk. Masukkin kode vouchernya HBDB88. 

Voucher berlaku 7 Agustus – 10 Agustus aja. Jadi buruan pakai jangan sampai ketinggalan promonya ya! 

5. Contoh Email Marketing Penawaran Produk 

Untuk menawarkan produk terbaru, kamu bisa melakukannya lewat email marketing. Agar lebih mengena cobalah untuk mengenalkan produk atau jasa tersebut dengan melibatkan emosional konsumen. 

Tujuannya agar mereka semakin tertarik dengan produk tersebut.

Contoh:

Assalamualaikum wr.wb, Maudy! 

Sudahkah kamu bersedekah hari ini?

“Satu sedekah yang tulus sama dengan seribu langkah menuju surga.” Nggak cuma membawa banyak kebaikan, hati bisa makin tenang dengan bersedekah. 

Biar sedekah lebih mudah dan praktis, kamu bisa pakai aplikasi KitaMampu. Di aplikasi ini kamu bisa memberi ke orang lain yang membutuhkan dengan cepat dan banyak opsi pembayaran.

Download aplikasinya sekarang!

6. Contoh Email Berisi Update atau Pembaruan 

Ketika ada pembaruan atau update pada bisnis, kamu bisa memberitahukannya pada konsumen melalui email marketing.

Inilah contoh email pemberitahuan tersebut: 

Pengumuman Penukaran Poin ABC Berhadiah 

Dear Sisil, ada pengumuman terbaru mengenai penukaran poin ABC. Karena antusiasme yang tinggi, periode penukaran poin ABC kami perpanjang dari yang awalnya sampai 1 September 2023, menjadi sampai 15 September 2023. 

Cek aplikasi ABC sekarang untuk melihat syarat dan ketentuan terbaru penukaran poin ABC. Jangan sampai kamu ketinggalan informasinya ya! 

7. Contoh Email Marketing Newsletter 

Selanjutnya, kamu bisa membuat email berupa format newsletter kepada para konsumen. Di dalam email ini biasanya berfokus pada berbagai informasi mengenai penawaran spesial untuk pelanggan dan berisi CTA (Call to Action). 

Contoh:

Belanja sekarang juga! Dapatkan cashback dan gratis ongkir hingga 90%. Berlaku untuk semua produk fashion, kecantikan, dan kesehatan. 

Festival kupon berlaku hingga 8 September 2023. Cek sekarang di aplikasi Belilagi. Jangan sampai kehabisan!

8. Contoh Email Event Tertentu 

Contoh email marketing selanjutnya adalah yang berisi ajakan untuk mengikuti event tertentu.

Cek Konten Lainnya:
10+ Contoh Email Penawaran Kerjasama dan Cara Buatnya

Inilah contohnya: 

Hai, Jeje! 

Ingin memperdalam ilmu SEO supaya bisa jadi SEO specialist dengan gaji menjanjikan? Kita punya berita bagus lho! Kami mengundang kamu untuk ikut di webinar spesial dari Search Agency SEO. 

Acara berlangsung pada 8 September 2023, pukul 19.30-20.30 via Zoom. Klik link pendaftaran berikut ini untuk mengisi data dan kehadiran.

Kami tunggu kehadiran kamu ya!  

9. Contoh Email Marketing dari Bank 

Bank biasanya juga akan mengirimkan email kepada pelanggan yang berisi penawaran atau promosi tertentu. Inilah contohnya: 

Promo Deposito Syariah! 

Assalamualaikum wr.wb, Zidan.

Yuk, nabung di deposito Syariah Bank AVA dan dapatkan nisbah sebesar 17% dan rezeki tambahan sampai Rp600.000. Caranya cukup tenor minimal 1 bulan dan selama periode 7 Agustus 2023-7 September 2023. 

Pastikan juga tidak mencairkan deposito sebelum jatuh tempo. Baca syarat dan ketentuan selengkapnya di link berikut ini. 

10. Contoh Email Mengandung Testimoni 

Contoh penulisan email marketing lainnya yang bisa dicoba adalah dengan memasukkan testimoni. Ini bertujuan agar semakin banyak pelanggan yang yakin dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Contoh:

Sudah lebih dari 1500+ pelanggan puas dengan kualitas layanan laundry express VIVI! Gabung juga bersama mereka dan rasakan kualitas laundry yang cepat, praktis, terjangkau, dan memuaskan.

Hubungi kami sekarang! 

11. Contoh untuk Promosi Produk Fashion 

Terakhir, ada contoh iklan email marketing untuk produk fashion. 

Diskon 50% untuk semua produk fashion!

Hai, Zee! Dapatkan diskon 50% untuk semua produk fashion di toko kami! Ini adalah kesempatan terbaik untuk kamu membeli pakaian, sepatu, dan aksesoris impian dengan harga yang sangat terjangkau.

Jangan sampai ketinggalan! Promo ini hanya berlaku sampai 15 Agustus 2023. 

Tips Membuat Email Marketing yang Menarik 

cara buat email marketing yang menarik

Meski terlihat mudah, tapi cara membuat email marketing yang menarik sebenarnya juga sangat tricky agar bisa efektif menarik konsumen. Inilah beberapa tips yang bisa kamu perhatikan: 

1. Judul yang Menarik 

Judul adalah bagian awal yang akan langsung konsumen lihat ketika membaca email masuk. Oleh karena itu, pastikan kamu membuat judul yang menarik supaya konsumen tertarik membacanya dan terhindar dari spam. 

Cek Konten Lainnya:
5 Aplikasi Wajib untuk Content Creator Pemula

Hindari judul yang sifatnya clickbait karena hal ini justru memunculkan ketidaknyamanan pada konsumen. 

2. Pesan yang Singkat, Jelas, dan Padat 

Selanjutnya, pastikan kamu juga membuat email yang singkat, jelas, tapi padat. Ini karena berdasarkan survey, email marketing akan konsumen buka lewat perangkat mobile mereka. 

Email akan jauh lebih enak dibaca jika tidak terlalu panjang dan to the point. Pesan yang ingin kamu sampaikan pun bisa konsumen terima dengan lebih maksimal. 

3. Berikan CTA yang Menggigit 

Call to Action atau CTA harus kamu masukkan ke dalam email untuk pelanggan. Hal ini bertujuan agar konsumen melakukan suatu aksi tertentu setelah membaca email tersebut. CTA ini bentuknya bisa sangat beragam.

Seperti misalnya ajakan untuk subscribe, download aplikasi, membeli produk, melakukan pembaruan layanan, dan lain sebagainya. 

4. Pilih Platform yang Tepat & Email Profesional

Jika kamu membayangkan akan menggunakan platform email biasa seperti Google Mail untuk marketing, maka salah besar. Karena jumlahnya sangat besar, dibutuhkan platform khusus untuk mengirimkan email promosi. 

Ada banyak platform yang bisa dipilih untuk melakukan email marketing. Seperti misalnya BenchMark, VerticalResponse, Mailchimp, dan lain sebagainya. Pilih salah satu dari berbagai platform tersebut yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. 

email marketing pake email profesional

Setelah pilih platform email marketing yang bisa memenuhi kebutuhan campaignmu, kamu juga harus memperhatikan penggunaan domain email.

Aktifitas Email Marketing akan lebih berhasil jika alamat email yang mengirimkan menggunakan alamat email profesional seperti care@ jagoanhosting com atau marketing@ jagoanhosting com daripada menggunakan domain email gratis seperti pake gmail.

Kamu bisa dapatkan email pake domain sendiri di layanan Email Hosting dari Jagoan Hosting untuk aktifitas campaign email yang lebih maksimal.

5. Buat Email List yang Jelas 

Terakhir, buatlah email list yang jelas dimana list ini akan berisi seluruh klien yang akan menjadi target pengiriman email. Hal ini sangat krusial agar email yang kamu kirimkan benar terkirim kepada pihak yang tepat.

Nah Sob, itulah berbagai contoh email marketing dan tips membuatnya yang bisa kamu simak. Pada dasarnya, email marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang paling efektif untuk bisnis. 

Berbagai contoh email blast marketing diatas bisa menjadi referensi untuk promosi bisnis. Dengan email marketing, kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas, membangun hubungan dengan pelanggan, dan mendorong penjualan. 

Jadi, pastikan kamu menggunakan email marketing sebagai salah satu strategi efektif agar bisnis makin sukses dan berkembang pesat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
membuat email bisnis
Read More
Membuat Email Bisnis, Apakah Perlu?
Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah sebuah perusahaan atau badan usaha lainnya perlu membuat email bisnis? Apakah email bisnis benar-benar…
cara SEO bekerja
Read More
Begini Lho Ternyata Cara SEO Bekerja
Hai Sob, mungkin sebagian dari kamu merupakan para pengguna dan pemilik website bisnis, website pengetahuan, blog, atau yang…