Langkah Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

bisnis jasa pembuatan website

Memulai bisnis jasa pembuatan website adalah peluang ideal. Industri ini berkembang dengan pesat dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi dalam menciptakan bisnis jasa yang sukses. 

Namun, bisnis di bidang ini termasuk kompetitif sehingga penting untuk meletakkan fondasi bisnis dengan hati-hati. Untuk meminimalisir kegagalan, semestinya kamu memperhatikan tips-tips dasar untuk memulai bisnis.

Langkah Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

memulai bisnis jasa pembuatan website

Bisnis yang bergerak di bidang jasa pembuatan website sangat potensial mengingat kebutuhan website saat ini terus meningkat. Oleh karena itu, jika kamu tertarik membangun bisnis ini, yuk terapkan langkah-langkah sistematis berikut.

1. Find Your WHY

Bisnis selalu dimulai dengan tujuan. Untuk itu, sebelum memulai bisnis, jawablah pertanyaan “mengapa”. Memiliki tujuan dan target yang jelas sangat penting. 

Ketika ada kesulitan, pertimbangkan kembali motivasimu dan kenapa kamu memilih jalur ini sejak awal. 

Sebagai implementasi nyata, kamu wajib menentukan tujuan perusahaan. Tujuan ini menjadi peta jalan untuk memandu bisnis ke arah yang benar. Beberapa pertanyaan yang perlu kamu jawab untuk membantu menentukan tujuan bisnis yaitu:

  • Apa misi perusahaan? Gambarkan dengan singkat apa yang kamu lakukan, siapa yang dilayani, dan alasan di balik bisnis agar kamu selalu ingat mengapa memulainya.
  • Bagaimana kamu ingin klien melihat bisnismu? Apakah sebagai jasa pembuatan website secara freelance, agensi, mitra bisnis, atau spesialis digital? Pilih peran yang mencerminkan hubungan bisnis dengan klien.
  • Kapan kamu ingin mendapatkan klien pertama? Tetap realistis dan sesuaikan ekspektasi dengan situasi, jangan terburu-buru tapi juga jangan terlalu lambat.
  • Berapa banyak klien yang akan bekerja sama setiap bulan? Tetapkan target yang wajar, memperhatikan keseimbangan antara sumber daya dan pelayanan terbaik.
  • Di mana kamu ingin berada dalam 1 atau 5 tahun ke depan? Tentukan visi bisnis terkait pendapatan, jumlah klien, jenis layanan, atau bahkan penjualan agensi. Catat visi ini untuk menjaga motivasi, terutama dalam tantangan bisnis.
Cek Konten Lainnya:
Perhatikan 3 Poin Penting Sebelum Membangun Startup IoT

Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa membantumu menemukan “WHY” kamu harus memulai bisnis. 

2. Memilih Niche

Pemilihan niche dalam bisnis jasa sangat penting. Salah satu tujuannya untuk memberi  kemudahan dalam pemasaran. Dengan jelas menyatakan spesialisasi akan berdampak jauh lebih baik.

Fokus pada niche juga mempermudah identifikasi prospek yang sesuai dengan bisnis. Hal ini juga mengurangi waktu pencarian klien dan mencegah terlibat dalam cakupan jasa di luar spesialisasi.

Setelah menetapkan niche, lakukan riset untuk memastikan adanya peluang bisnis jasa pembuatan website. Selain itu juga, untuk memastikan kemampuan target pasar tersebut membayar jenis jasa yang kamu tawarkan. 

Dengan memiliki niche yang tepat, kamu bisa melangkah maju dengan keyakinan hingga bisnis semakin terarah.

3. Menentukan Layanan dan Spesifikasi

Bisnis di bidang jasa menawarkan layanan spesifik. Itulah sebabnya kamu pun harus mengetahui cakupan layanan apa saja yang mampu kamu layani. Berikut pertanyaan yang membantumu menemukan jenis layanan dan spesifikasinya:

  • Apakah kamu memiliki spesialisasi dalam website e-niaga?
  • Apakah kamu mahir dalam merancang portal pembelajaran?
  • Layanan jasamu melibatkan pembuatan dan pemeliharaan blog dengan penyediaan konten secara berkala? Atau apakah fokus desain web lebih pada halaman statis yang sederhana?
  • Apakah kamu juga bertanggung jawab atas hosting situs web klien?
  • Apakah kamu menawarkan layanan SEO (Search Engine Optimization)?
  • Lalu, apakah kamu menyediakan jasa pemeliharaan untuk situs web?

Kamu tidak perlu mencoba menjadi ahli di semua bidang. Sebaliknya, berfokuslah pada keterampilan dan layanan yang kamu kuasai dengan baik.

Pertimbangkan untuk menyajikan layanan yang dapat menghasilkan pendapatan berkelanjutan secara otomatis. Misalnya, seperti layanan pemeliharaan situs web dan layanan hosting. 

Cloud VPS

Meskipun layanan ini mungkin lebih kompleks daripada pembuatan situs web baru, jenis jasa ini memberikan hasil yang konsisten. Jadi, sumber daya optimal dan pendapatan pun besar.

4. Memilih Nama Bisnis dan Mendaftarkan Domain

Para pebisnis pemula sering bertanya terkait nama bisnis, apakah lebih baik menggunakan nama sendiri atau lainnya?

Misalkan kamu memulai sebagai bisnis jasa pembuatan website, mungkin terlintas untuk menggunakan nama sendiri agar klien mengenalimu dengan baik. Namun, hal ini dapat menjadi masalah ketika kamu ingin memperluas tim. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Startup, Karakteristik & Bedanya dengan Bisnis Biasa

Nama pribadi mungkin menyebabkan kebingungan. Maksudnya, klien masih menghubungimu meskipun kamu tidak lagi secara langsung terlibat dalam bisnis tersebut.

Itulah sebabnya, memilih nama bisnis yang berbeda dari nama pribadi menjadi penting. Selain itu, pertimbangkan juga terkait bagaimana nama bisnis terdengar di telinga target konsumen. Nama brand harus mudah diingat dan mudah diucapkan.

pilih domain

Mulailah menggagas ide nama dan uji reaksi orang yang kamu kenal. Dengan mendapatkan umpan balik mereka, kamu bisa menentukan apakah nama tersebut memenuhi kriteria yang diinginkan. 

Jika kamu merasa puas, segera dapatkan nama domain yang sesuai sesegera mungkin. Nama Domain bisa kamu dapatkan dengan mudah di Domain Murah atau di Domain ID dari Jagoan Hosting.

5. Menyiapkan Aspek Hukum

Aspek hukum tidak kalah penting dalam pendirian bisnis. Jika kamu memutuskan untuk mendirikan agensi pembuatan website, sejak hari pertama kamu juga perlu mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan karyawan atau kontraktor. 

Dalam hal ini termasuk gaji, pajak, pengaturan tunjangan, dan lain sebagainya. Sebab, salah satu aspek hukum yaitu terkait jaminan bagi para pekerja. 

Jangan sampai bisnis kamu melanggar etika dan peraturan karena tidak memenuhi hak pekerja sebagaimana mestinya.

6. Pilih Provider Hosting Terbaik

Memilih provider hosting dan domain yang tepat merupakan langkah krusial dalam membangun bisnis jasa pembuatan website. Hosting yang handal akan memastikan bahwa website kamu dapat diakses dengan cepat dan stabil, memberikan pengalaman yang baik kepada pengunjung. 

digitalisasi bisnis pakai jagoan hosting

Provider Hosting Terbaik akan menyediakan infrastruktur yang handal, layanan dukungan pelanggan yang responsif, dan keamanan yang kuat seperti di Jagoan Hosting. Dengan memilih provider hosting yang baik, bisnis jasa pembuatan website dapat memberikan pengalaman pengguna yang optimal, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan mendukung pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

7. Menetapkan Harga

Setiap layanan harus memiliki harga yang layak. Biaya untuk jasa pembuatan website bisa meliputi biaya tetap seperti pemeliharaan server dan biaya tidak tetap seperti biaya iklan setiap bulan.

Hati-hati dalam menetapkan harga karena sebagai pemilik bisnis, biaya overhead mungkin lebih besar. Alhasil, biaya inilah yang bisa mengharuskan kamu menyesuaikan tarif.

7. Menyiapkan Software Pendukung Operasional Bisnis

Siapkan perangkat lunak bisnis untuk memastikan kelancaran operasional bisnis jasa pembuatan website. Beberapa software yang mungkin kamu butuhkan yaitu:

  • Software Manajemen Proyek seperti Trello untuk menjaga keteraturan dan organisasi proyek.
  • Software Kontrak/Proposal untuk memastikan persetujuan resmi mengenai ruang lingkup kerja dan syarat-syarat kontrak.
  • Perangkat Lunak Akuntansi untuk membantu dalam pembuatan faktur, proses pembayaran, dan pembukuan umum.
  • Software SDM (Opsional). Jika kamu mengembangkan tim, tools sumber daya manusia membantu mengelola informasi karyawan, kontraktor, pajak, dan tunjangan.
Cek Konten Lainnya:
Simak Otomasi Industri dan Perannya dalam Ekonomi Indonesia

Pastikan juga kamu memiliki perangkat keras yang tepat seperti PC atau Mac untuk mendukung keberjalanan bisnis. Dengan berinvestasi dalam perangkat yang sesuai, kamu bisa meningkatkan produktivitas dan keberhasilan bisnis.

8. Mulai Membangun Branding Bisnis

Langkah-langkah sebelumnya memberikan dasar untuk memulai bisnis. Namun, sebelum mencari klien, kamu wajib memiliki branding. Luangkan waktu khusus untuk membangun profil online bisnismu. 

Situs web menjadi sumber informasi utama. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan yaitu:

  • Memberikan detail bisnis melalui akun Google Bisnisku.
  • Membuat halaman bisnis di Facebook.
  • Membuat akun media sosial untuk promosi.

Setiap profil yang kamu buat perlu dikelola dan dipantau secara teratur agar brandingnya semakin meningkat Jika waktu terbatas, fokuslah pada situs web dan satu atau dua saluran media sosial terlebih dahulu.

Demikian 8 langkah memulai bisnis jasa pembuatan website. Semuanya bisa kamu lakukan asalkan memiliki niat, tekad, dan komitmen yang kuat untuk sukses dalam industri ini. 

Bangun Bisnis Jasa Pembuatan Website Sekarang

Jangan ragu untuk dengan memulai bekerja sama dengan penyedia domain dan hosting. Dengan begitu akan mendukung kelancaran bisnismu. 

pilih jagoan hosting

Jagoan Hosting sebagai provider hosting terbaik menawarkan solusi hosting yang andal, performa tinggi, dan dukungan pelanggan 24/7. Dengan memilih Jagoan Hosting, kamu dapat memastikan bahwa website bisnismu berjalan dengan lancar, aman, dan memberikan kesan positif kepada pengunjung. Pilih provider hosting terbaik, pilih Jagoan Hosting untuk mendukung kesuksesan bisnis jasa pembuatan website.

Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Tips Menjadi Pendengar yang Baik Demi Loyalitas Customer
Pernahkah kamu menghubungi customer service dan mencoba menjelaskan apa masalah kamu, tapi kamu mendapat kesan bahwa mereka tidak…
growth hacking
Read More
Apa Itu Growth Hacking? Ini 10+ Strateginya
Dalam lingkup bisnis, growth hacking adalah strategi pemasaran yang sering digunakan oleh bisnis-bisnis rintisan seperti startup. Tujuan dari…