Cara Mudah Membuat Katalog di WhatsApp Bisnis

membuat katalog di whatsapp bisnis

Tidak dapat dipungkiri bahwa pemakaian berbagai platform digital untuk keperluan promosi  semakin masif saat ini. 

Tidak mengherankan jadinya kalau beberapa aplikasi mulai menambahkan fitur bisnis kepada user. Salah satunya adalah whatsapp yang meluncurkan salah satu fiturnya yang bernama katalog WA bisnis.

Seperti apa fitur ini sebenarnya? Bagi kamu yang mungkin belum tahu sama sekali, mari simak di sini : 

Definisi Katalog WA BIsnis

Sleekflow mendefinisikan bahwa katalog WA bisnis merupakan fitur yang membuat kamu dapat mempresentasikan visual produk serta layanan bisnismu melalui aplikasi whatsapp. Kamu memperoleh ruang untuk menyajikannya secara detail yang meliputi : 

  • Nama atau judul produk
  • Nominal harga
  • Deskripsi
  • Tautan situs web
  • Kode produk.

Manfaat Katalog di WA Bisnis

Verloop io menunjukkan bahwa pada tahun 2023 sudah 316 juta user yang telah mengaktifkan katalog WA bisnis dalam akunnya, terjadi kenaikan 9% dari tahun sebelumnya. Ini menunjukkan bahwa memang fitur tersebut benar-benar memberikan manfaat yang mantap bagi businessman.

Memangnya apa sajakah manfaatnya? Mari simak pemaparannya dari business chat io  :

1. Menaikkan Potensi Engagement Dari Customer Ke Lapak Bisnismu

Potensi engagement ini bisa terjadi karena dua faktor. Pertama adalah masih berdasarkan data yang ditunjukkan oleh Verloop.io bahwa jumlah pemakai whatsapp sedang berada dalam tren positif tiap tahunnya mengalami kenaikan. Berikut grafiknya : 

data user whatsapp

Faktor kedua adalah karena aplikasi yang didominasi warna hijau ini sudah familiar dengan berbagai rentang umur, berikut detailnya : 

Cek Konten Lainnya:
Hobi Jualan Online? Kamu Wajib Tahun 5 Cara Terampuh Agar Bisnismu Berkembang Pesat

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa saat ini setiap orang pasti memiliki whatsapp. Kamu akan jadi lebih mudah mempromosikan produkmu jika berhasil memperoleh nomor telepon customer-mu

Selain itu katalog WA mampu menaikkan engagement karena sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, semua informasi produk dapat tercantum dengan detail. Kedetailan inilah yang kemudian berbanding lurus dengan kesan positif yang customer rasakan saat berkunjung ke dalam lapakmu. 

2. Sarana Informasi yang Lebih Mudah dan Murah 

Kemudahan di sini tidak cuma dari sisi customer tapi juga buat kamu dari sisi produsen karena : 

  • Jika suatu saat perlu menerangkan tentang produk yang kamu jual. Tidak usah pusing-pusing menghafal, cukup buka WA dan presentasikan dengan meyakinkan kepada customer.
  • Katalog WA bisnis mampu memuat hingga 500 produk, jumlah yang sudah cukup banyak untuk dapat menciptakan sistem katalog 1 pintu. Sales tidak usah buang-buang waktu lagi mencari-cari informasi tentang suatu produk dalam katalog-katalog cetak yang terpisah-pisah. 

Fitur Katalog Whatsapp Business

Manfaat-manfaat yang begitu luar biasa dari katalog WA tersebut bisa diperoleh tidak lepas karena adanya fitur- fitur keren di dalamnya. Berdasarkan eazybe, inilah beberapa contoh fitur tersebut  : 

1. Fitur Mengunggah Produk

Sebuah fitur yang membuat kamu dapat menambahkan produk atau layanan secara dengan memberikan informasi yang relevan. Ini termasuk nama produk, deskripsi, harga, kode produk (opsional), dan gambar berkualitas tinggi. 

Dengan begitu akan sangat membantu customer memahami fitur dan manfaat produk, sehingga mereka dapat membuat keputusan pembelian yang lebih terarah. Tidak sampai menyebabkan customer kecewa karena merasa kena tipu. 

2. Fitur Untuk Menata Produk 

Untuk memudahkan customer menavigasi katalog WA bisnis, kamu dapat mengkategorikan produk ke dalam berbagai bagian. Ini memungkinkan customer untuk menelusuri kategori spesifik dan menemukan apa yang mereka cari dengan lebih efisien.

3. Fitur Pembaharuan Katalog:

Sangat penting untuk menjaga katalog kamu tetap diperbarui supaya informasi yang tersampaikan kepada customer tetap up to date.

Oleh karenanya fitur ini hadir supaya kamu dapat mengedit segala informasi yang ada dalam  produk yang ada, termasuk deskripsi, harga, atau status ketersediaan mereka. 

Cara Membuat Katalog WA Bisnis

Bagaimana sangat menarik sekali bukan menggunakan katalog WA bisnis. Jadi tunggu apalagi segera buat akun bisnisnya. Silakan perhatikan prosedurnya yang dibedakan berdasarkan jenis gadget yang kamu pakai : 

Cek Konten Lainnya:
17 Langkah Memulai Bisnis Sampingan Saat Sedang Bekerja

1. Cara Buat Lewat Smartphone

Berbasis Android

  • Di aplikasi WhatsApp Business Anda, pergi ke ⋮ (tiga titik vertikal) di sudut kanan atas untuk lebih banyak opsi, lalu buka “Pengaturan” > “Alat Bisnis” > “Katalog”.
  • Pilih “Tambah item baru” untuk menambahkan katalog baru.
  • Ketuk + (ikon tambah), lalu pilih “Tambahkan gambar”.
  • Pilih “Galeri” untuk mengunggah gambar dari Foto Anda atau “Kamera” untuk mengambil foto produk baru. Anda dapat mengunggah hingga 10 gambar.
  • Masukkan nama produk atau layanan dan tambahkan detail opsional lainnya seperti harga, deskripsi, tautan, dan kode.
  • Pilih “Simpan”.

Berbasis iPhone

  • Di aplikasi WhatsApp Business Anda, ketuk “Pengaturan” di pojok kanan bawah dan buka “Alat Bisnis” > “Katalog”.
  • Pilih “Tambah item baru” untuk menambahkan katalog baru.
  • Ketuk + (ikon tambah biru) atau “Tambah item baru”, lalu pilih “Tambah gambar”.
  • Pilih “Pilih Foto” untuk mengunggah gambar dari ponsel Anda atau “Ambil Foto” untuk mengambil foto baru produk Anda. Anda dapat mengunggah hingga 10 gambar.
  • Masukkan nama produk atau layanan dan tambahkan detail lainnya seperti harga, deskripsi, tautan, dan kode (opsional).
  • Pilih “Simpan”.

2. Cara Buat Lewat Desktop

  • Buka WhatsApp Web atau WhatsApp Business App di desktop Anda, ketuk ⋮ (tiga titik vertikal) di atas daftar obrolan Anda, dan pilih “Katalog”.
  • Pilih “Tambahkan item baru”.
  • Klik “Tambahkan gambar baru” dan pilih hingga 10 gambar untuk diunggah.
  • Ketik nama produk atau layanan dan tambahkan detail opsional lainnya seperti harga, deskripsi, tautan, dan kode.
  • Klik “TAMBAHKAN KE KATALOG” untuk menambahkan produk yang diunggah ke katalog WhatsApp Anda.

Mengoptimalkan Katalog Whatsapp Business

Ingat bahwa bukan berarti saat kamu pakai katalog WA bisnis maka jualanmu secara otomatis laris manis karena kompetitor kemungkinan besar juga sudah pakai. Sterling team menyebutkan masih ada upaya yang perlu kamu usahakan untuk membuat promosimu di sini lebih optimal yaitu : 

1. Kirimkan Tautan Katalog dalam Pesan Promosi

Saat kamu membagi-bagikan konten promosi kepada customer, jangan lupa cantumkan juga link ke katalog produk. Ini akan memudahkan customer untuk menjelajahi dan membeli produk dengan lebih cepat.

Cek Konten Lainnya:
5 Langkah Bisnis Ecommerce kamu dengan Mudah

2. Pakai Fitur Jawab Otomatis untuk Merespon Pertanyaan Customer

Prinsip waktu adalah uang semakin terasa krusial dalam bisnis salah satunya dalam hal follow up customer. Jika kamu terlalu lambat maka hilang sudah kesempatan dealmu.

Maka dari itu manfaatkanlah fitur “pesan cepat” di WhatsApp Business untuk menyimpan jawaban-jawaban umum tentang produk atau layananmu. 

Jadi walaupun mungkin kamu belum sempat pegang handphone, pertanyaan customer tetap terjawab dengan baik. 

3. Rutin Mengadakan Promosi Khusus untuk Produk Unggulan

Fokuskan promosi  kepada produk atau layanan unggulan yang tercantum dalam katalog . Tawarkan diskon atau penawaran khusus untuk produk-produk ini untuk menarik perhatian customer.

Buat bisnismu lebih efisien dalam pengelolaan dan juga semakin terlihat profesional melalui katalog WA bisnis. 

Selain Katalaog WhatsApp Bisnis, Kamu Juga Wajib Buat Katalog di Website

digitalisasi bisnis pakai jagoan hosting

Kamu sudah memiliki WhatsApp Bisnis yang keren, tapi tahukah kamu bahwa website untuk katalog produkmu bisa menjadi senjata rahasia yang tak tergantikan?”

Dengan Jagoan Hosting, kamu bisa memiliki website profesional dengan mudah dan cepat. Kami menyediakan layanan hosting dan domain terbaik untuk membangun kehadiran online yang kuat bagi bisnismu

Bayangkan sekarang, website indah yang menampilkan katalog produkmu dengan rapi dan menarik. Pelanggan bisa dengan mudah menjelajahi produkmu kapan saja, di mana saja.

Jangan ragu lagi! Mulailah sekarang dengan Jagoan Hosting. Dapatkan web hosting dan beli domain terbaik untuk website bisnismu dan tingkatkan penjualanmu sekarang juga!

FAQ

1. Apakah saya bisa melihat berapa kali item di katalog saya dilihat?

Saat ini, WhatsApp Bisnis tidak menyediakan statistik atau analitik untuk melihat berapa kali item di katalog  telah dilihat.

2. Apakah pelanggan dapat membeli langsung melalui katalog WhatsApp Bisnis?

Tidak, pelanggan tidak dapat melakukan pembelian langsung melalui katalog. Namun, mereka dapat melihat informasi produk dan kemudian menghubungi kamu untuk menyelesaikan pembelian melalui chat.

3. Apakah ada biaya untuk menggunakan Katalog WhatsApp Bisnis?

Tidak, menggunakan Katalog WhatsApp Bisnis adalah gratis. Kamu hanya perlu mengunduh dan menggunakan aplikasi WhatsApp Bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
mcdonalds-outlet
Read More
Belajar Entrepreneur Journey ala Founder Mc Donald’s
Belajar Entrepreneur Journey dari film “the founder”.  Ini bukan tentang review dari film, tapi ini tentang pelajaran yang bisa…
Read More
Bukan Cuma Jadi Jagoan, 2 Cara ini Bisa Bikin Kamu Jadi Pahlawan di Era Digital
Menurut data dari APJII, dari total penduduk Indonesia saat ini yang sudah mencapai angka 262 juta jiwa, terdapat…