10+ Langkah Meningkatkan Performa Bisnis di Era Digital

meningkatkan performa bisnis digital

Era digital telah membuka pintu perdagangan antarnegara di seluruh dunia sehingga bisnis berlangsung tanpa batas. Sebagai pengusaha, hal ini memberikan peluang besar untuk meningkatkan performa bisnis di era digital.

Seiring dengan peluang tersebut, jumlah pesaing atau kompetitor juga meningkat. Oleh karena itu, penting untukmu merancang strategi bisnis yang efektif guna menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Langkah Meningkatkan Performa Bisnis di Era Digital

Era digital identik dengan teknologi yang bisa kamu manfaatkan untuk memudahkan proses bisnis. Apakah kamu sudah menyiapkan strategi untuk mengembangkan bisnismu? Berikut langkah yang bisa kamu terapkan untuk scale-up bisnismu!

1. Mengembangkan Produk atau Layanan

Menambahkan produk atau layanan dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan profit bisnis, terutama jika bisnis sudah berjalan dengan baik. Sebelum mengembangkan produk, kamu perlu riset pasar.

Riset pasar sebelumnya dapat membantu mengidentifikasi produk atau layanan dengan tingkat permintaan tinggi. Dengan begitu bisa meningkatkan potensi keberhasilan di pasaran. 

Namun, perlu berhati-hati terhadap risiko kerugian yang mungkin timbul jika produk baru tidak diterima dengan baik. Sebelum menambahkan produk atau layanan baru, pertimbangkan secara matang untuk memastikan respons positif dari konsumen.

2. Membuat Brand Story

Tiap pengusaha memiliki perjalanan unik dalam membangun bisnis. Mulai dari pemilihan jenis bisnis, metode pembangunan, hingga mempertahankan usahanya. Cerita tersebut bisa diolah dan dijadikan narasi untuk brand story.

Berbagi kisah inspiratif seputar perjalanan bisnis tidak hanya bermanfaat bagi pembaca atau pendengar. Tapi juga dapat menghasilkan dukungan serta membangun hubungan emosional dengan pelanggan.

Cek Konten Lainnya:
Engagement Rate: Pengertian, Cara Cek dan Tips Meningkatkan

Brand story berpotensi membantu perusahaan dalam membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Selain itu, pembentukan brand story juga dapat membedakan merekmu dari pesaing di pasar.

3. Mengamati Trend Digital

Melihat tren digital sangat penting dalam bisnis karena teknologi telah mengubah cara konsumen berinteraksi dengan produk dan layanan. Mengikuti tren membantu pelaku bisnis tetap terhubung dengan pelanggan dan memahami perubahan selera konsumen.

Pelaku bisnis dapat mengidentifikasi tren melalui media sosial seperti Twitter dengan memperhatikan trending topic. Bisa juga menggunakan Google Trend untuk melihat kata kunci yang sedang populer. 

Memanfaatkan informasi tren dalam promosi, termasuk konten, artikel, dan video, dapat menghasilkan respons positif dari calon konsumen. Alhasil, bisa mendukung pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

4. Lakukan Inovasi

Inovasi merupakan elemen penting dari strategi bisnis di era digital yang tidak boleh diabaikan. Seperti yang kamu tahu, dunia bisnis sangat dinamis yang mana mana perubahan terjadi dengan cepat dan tren baru muncul hampir setiap hari.

Bagi para pelaku bisnis, melibatkan diri dalam kegiatan inovatif menjadi suatu kewajiban agar dapat bersaing. Kamu perlu menciptakan produk dan layanan yang unik, berbeda daripada yang lain.

Meskipun menciptakan inovasi tidak mudah, terkadang ide yang dianggap bisa mendorong kemajuan bisnis tidak selalu memberikan hasil sesuai harapan. Namun, melalui proses yang tepat, inovasi yang berhasil pasti bisa kamu temukan.

5. Memakai Media Sosial

Media sosial dapat menjadi alat yang efektif dalam strategi bisnis. Pemanfaatan media sosial dapat kamu integrasikan langsung dalam upaya meningkatkan performa bisnis di era digital. 

Selain memiliki biaya yang terjangkau, penggunaan media sosial juga terbilang simpel. Kamu tidak memerlukan keahlian khusus untuk memanfaatkannya. Cukup dengan memasarkan produk atau jasa.

Selanjutnya, kamu bisa mengoptimalkan fitur-fitur yang tersedia di platform tersebut untuk menciptakan konten yang menarik. Praktis dan sederhana, bukan?

6. Membuat Konten yang Menarik

Konten mampu menarik perhatian audiens dan membangkitkan minat konsumen terhadap produk yang kamu tawarkan. Beberapa jenis konten antara lain termasuk video pemasaran produk, infografis, blog post, kuis, dan gambar produk.

Cek Konten Lainnya:
Apa Saja Kendala Digitalisasi Pendidikan yang Sering Dialami Para Guru?

Dalam pembuatan konten, sangat penting untuk memahami audiens dan memilih jenis konten yang sesuai dengan karakter konsumen. Konten yang relevan dapat meningkatkan tingkat keterlibatan (engagement).

Konten juga mampu membimbing calon pembeli menuju keputusan pembelian. Strategi konten marketing yang baik dapat menjadi alat efektif untuk memperkuat citra merek bisnismu.

7. Investasi Sumber Daya

Mengalokasikan investasi pada pengembangan sumber daya manusia merupakan hal yang penting untuk memfasilitasi peralihan ke era digital. Karyawan memegang peranan penting dalam proses penggunaan teknologi untuk bisnis. 

Pastikan bahwa karyawan merasa nyaman dan mahir dalam penggunaan teknologi tersebut. Untuk mencapai hal ini, mengadakan pelatihan bisa berkontribusi signifikan untuk membantu karyawan menguasai teknologi.

8. Membuka Toko Online

Langkah selanjutnya untuk meningkatkan performa bisnis di era digital yaitu membuat toko online. Keberadaan toko online menjadi strategi terbaik untuk mengembangkan bisnis di era teknologi saat ini

Dengan membuat produk tersedia secara online, kamu bisa membuka saluran penjualan tambahan dan meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran. 

Mudahnya lagi, sekarang tersedia marketplace yang memungkinkanmu membuat toko online secara praktis. Prosesnya gratis dan kamu bisa langsung memasarkan produk melalui marketplace tersebut.

Baca juga: Panduan Bikin Website Toko Online

9. Memanfaatkan Tools yang Tersedia

Untuk mendukung keberlanjutan bisnis mereka, perlu tools atau alat yang memfasilitasi pekerjaan jarak jauh. Contoh toolsnya meliputi solusi kolaborasi dan komunikasi digital seperti Office 365, Slack, atau Microsoft Teams.

Ada juga sejumlah tools lain yang bisa kamu pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis. Misalnya seperti:

  • Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)
  • Sistem Manajemen Konten (CMS)
  • Alat akuntansi digital
  • Alat manajemen penggajian

10. Menggunakan Sistem Pembayaran Digital

Setiap bisnis menginginkan transaksi yang mudah bagi pelanggan. Untuk menjaga kelancaran operasional dan produksi, kamu perlu menggunakan sistem pembayaran digital terintegrasi.

Cek Konten Lainnya:
Website vs Marketplace: Mana yang Terbaik Buat Bisnis?

Umumnya, sistem pembayaran digital diimplementasikan dalam bentuk transaksi tanpa uang tunai. Kamu bisa memanfaatkan kemajuan dalam sistem pembayaran digital. Contohnya seperti akun virtual dan e-wallet.

11. Terapkan Teknik SEO

Optimasi SEO berguna dalam meningkatkan visibilitas produk dan peringkatnya di Halaman Mesin Pencari (SERP). Teknik SEO bisa kamu terapkan untuk situs web dan platform media sosial bisnis.

Cara kerjanya yaitu mengoptimalkannya menggunakan kata kunci yang dapat membawa potensial pelanggan baru. Dengan menerapkan teknik SEO yang efektif, kamu bisa meningkatkan trafik organik (non-berbayar) menuju situs web bisnis.

Baca juga: Cara Buat Google Business Profile agar Bisnis Muncul di Pencarian

12. Menerapkan Digital Marketing dengan Website

Digital marketing adalah pendekatan pemasaran yang menggunakan saluran digital untuk mempromosikan produk atau layanan secara efisien dan tepat sasaran. Platform digital marketing melibatkan berbagai elemen seperti media sosial, web, dan SEO.

Pelaku bisnis dapat memilih platform digital marketing yang sesuai jenis produk, bisnis, dan target konsumen. Sebagai contoh, jika bisnis sudah berskala besar tentu membutuhkan website perusahaan yang profesional.

Adanya website mampu mengenalkan produk perusahaan ke khalayak. Hal ini juga bisa membuka peluang kerja sama yang lebih luas lagi.

Ternyata peran website dalam meningkatkan performa bisnis di era digital sangat penting. Situs web bisa mengoptimalkan berbagai teknik pemasaran. Inilah saatnya scale-up bisnismu dengan membangun website.

bikin company profile

Untuk membuat website, kamu membutuhkan hosting yang andal. Beberapa kriterianya seperti adanya sistem keamanan terpadu, penyimpanan yang besar, hingga domain pelengkap. Hosting Murah dari Jagoan Hosting pilihannya!

Unlimited Hosting menawarkan hosting murah dengan infrastruktur mewah. Fitur-fiturnya unggulan sehingga kamu fleksibel dalam mengkostumisasi website bisnismu. Jadi bisnis semakin berkembang deh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
online marketing
Read More
Online Marketing Adalah: Ini Panduan Lengkapnya bagi Pemula
Sesuai namanya, pemasaran online atau online marketing adalah cara mempromosikan produk ataupun layanan secara online menggunakan internet. Terdengar…
cara jualan online
Read More
10+ Cara Jualan Online Laris Bagi Pemula di 2024
Memahami bagaimana cara jualan online yang tepat memang sangat penting untuk para pebisnis. Pasalnya, meski terlihat mudah dan…