Inilah 3 Cara Lebih Mudah Mengelola Server

cara mengelola server

Selain cara membuat website, kita juga perlu tahu bagaimana cara mengelola server agar website tetap berjalan dengan stabil. Website dan server merupakan dua hal yang saling berkaitan sehingga masing-masing tidak bisa berdiri sendiri, Sob.

Secara umum, server bertanggung jawab untuk menyimpan data-data dari sebuah website sehingga informasi-informasi seperti artikel, foto, atau video bisa kita akses di dalamnya. Sama seperti kita menyimpan file di dalam hardisk.

Semakin baik spesifikasi dari sebuah server, maka akan semakin baik pula kinerja dari website bersangkutan. Lantas, bagaimana cara mengelola vps server atau jenis-jenis server lainnya? Untuk tahu jawabannya, yuk simak pembahasan di bawah ini!

Cara Mengelola Server dengan Mudah

Setelah website berhasil kita buat, tentu kita tidak bisa membiarkannya begitu saja, Sob. Kita juga perlu mengelola website dan server agar seseorang bisa mengaksesnya dengan mudah dan aman. Adapun cara pengelolaan server sendiri meliputi:

1. Memilih Hosting yang Terpercaya

Hosting terpercaya adalah fondasi krusial bagi keberhasilan suatu website. Keputusan ini tidak boleh diambil dengan enteng, karena kualitas hosting dapat mempengaruhi kinerja, keamanan, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan. 

Kecepatan akses yang baik adalah kunci untuk mempertahankan pengunjung dan meningkatkan peringkat SEO. Hosting terpercaya menyediakan sumber daya yang memadai, mengurangi risiko terjadinya sistem down atau loading yang lambat.

Cek Konten Lainnya:
Ini 4 Cara Mudah Mengonlinekan Localhost

Selain itu, hosting terpercaya akan menyediakan lapisan keamanan tingkat tinggi, seperti firewall, enkripsi SSL, dan pemantauan keamanan secara real-time. Dengan begitu, data kamu akan jauh lebih aman, terutama dari ancaman-ancaman online.

2. Pilih Server dengan Fitur Kelola Layanan

Cara mengelola server berikutnya tentu saja dengan memilih server yang memberikan akses penuh ke sistem pengelolaan layanan. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan segala sesuatunya dengan kebutuhan website, Sob .

Perlu kamu tahu, tidak semua penyedia hosting memberikan kebebasan akses yang tinggi ke semua penggunanya. Alhasil, paket server yang disediakan tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan website sehingga kinerjanya tidak optimal.

Dengan pengelolaan layanan secara penuh, tentu kita bisa mengatur berbagai hal yang menyangkut kebutuhan website seperti melakukan backup, memindai sistem keamanan, dan melakukan pengoptimalan kinerja secara berkala.

3. Pilih Hosting dengan Fitur VIP Support

Satu lagi cara mengelola server yang tidak kalah penting adalah memilih hosting dengan fitur VIP support. Adanya fitur ini akan membuat kita seolah memiliki personal assistant yang selalu siap membantu berbagai masalah yang kita temui.

Sebagai contoh, kamu mungkin akan kesulitan dengan server Linux karena masih pemula, maka hadirnya VIP support akan memberikan kemudahan baut kamu dalam berbagai pengelolaan website, Sob.

Itulah kenapa kita tidak bisa sembarangan memilih server atau hosting untuk website yang akan kita jalankan. Jika kita tepat dalam memilih hosting sejak awal, maka pengembangan website ke depannya akan jauh lebih mudah.

Dapatkan Kemudahan Mengelola Server di Layanan Dedicated Hosting 

dedicated hosting

Jika kamu sudah memiliki rencana untuk membangun sebuah website, maka perlu segera menentukan server yang akan digunakan. Salah satu rekomendasi hosting atau server yang bisa kamu pilih adalah Dedicated Hosting dari Jagoan Hosting.

Cek Konten Lainnya:
Web Hosting Singapore Murah Terbaik - Unlimited Bandwidth

Di sini, Jagoan Hosting menawarkan 3 paket hosting yang siap menunjang berbagai kebutuhan website tingkat tinggi. 

Pilihan Paket Dedicated Hosting

harga dedicated hosting

Berikut adalah spesifikasi dari masing-masing paket Dedicated Hosting cPanel dari kami:

1. Paket EMERALD

Pilihan paket hosting pertama yang bisa kamu pilih adalah Paket Emerald, sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan website tingkat tinggi dengan harga termurah. Kamu bisa menjaga kestabilan operasional bisnis tanpa perlu repot dengan urusan teknis.

Paket Emerald sendiri merupakan layanan server dengan kelas Deluxe yang menghadirkan fasilitas dan layanan terbaik. Sangat cocok untuk website bisnis yang mulai berkembang semakin besar.

Spesifikasi:

  • Harga: 700.000/bulan.
  • Pilihan Server: Indonesia dan Singapura
  • Kuota Ruang Penyimpanan: 70 GB
  • CPU Speed: 5 Core
  • RAM: 6 GB
  • Layanan: Bebas Antri (Queue-Free)
  • Prioritas Dukungan: Eksklusif

2. Paket DIAMOND (Recomended)

Paket hosting yang sangat kami rekomendasikan untuk kebutuhan website prioritas yang akan kamu bangun adalah Paket Diamond. Dengan paket ini, semua kebutuhan website tingkat tinggi akan kamu dapatkan secara optimal.

Paket ini juga lebih unggul dari Paket Emerald karena lebih eksklusif. Pasalnya, satu server Diamond yang sudah kamu pilih, sepenuhnya akan menjadi milikmu tanpa harus berbagi dengan pengguna lain.

  • Harga: 900.000/bulan.
  • 1 Server 1 Pelanggan (Eksklusif)
  • Pilihan Server: Indonesia dan Singapura
  • Kuota Ruang Penyimpanan: 120 GB
  • CPU Speed: 9 Core
  • RAM: 10 GB
  • Layanan: Bebas Antri (Queue-Free)
  • Prioritas Dukungan: Eksklusif
  • Backup: Extended
  • IP: Dedicated

3. Paket JADE

Paket ini adalah paket terbaik dari semua yang kami sediakan. Kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhan website yang jauh lebih besar lagi. Server yang siap menopang pertumbuhan bisnis jauh lebih besar lagi.

Dengan pertumbuhan bisnis yang sudah besar, cara mengelola vps server menggunakan paket ini adalah keputusan terbaik. Selain bisa menampung pengunjung yang jauh lebih besar, website juga akan lebih stabil dan berkinerja tinggi.

  • Harga: 1.500.000/bulan.
  • 1 Server 1 Pelanggan (Eksklusif)
  • Pilihan Server: Indonesia dan Singapura
  • Kuota Ruang Penyimpanan: 240 GB
  • CPU Speed: 12 Core
  • RAM: 12 GB
  • Layanan: Bebas Antre (Queue-Free)
  • Prioritas Dukungan: Eksklusif
  • Backup: Extended
  • IP: Dedicated
Cek Konten Lainnya:
Apa itu Downtime? Ini Penyebab dan Cara Ceknya

Dengan berbagai pilihan Dedicated Hosting yang kami tawarkan, tentu cara mengelola server akan jauh lebih mudah untuk dilakukan. Jika kamu ingin membuat domain dan hosting untuk website, pastikan untuk memilih layanan dari Jagoan Hosting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Jagoan Hosting VPS
Read More
Kenalan Sama VPS, Server Pribadi Yang Bebas Worry!
Kalau kamu membaca artikel-artikel Jagoan Hosting, kamu pasti sadar kalau kami menyediakan layanan VPS terbaik di Indonesia. Buat…
migrasi hosting
Read More
Ini Cara Migrasi atau Pindah Hosting (Mudah dan Cepat)
Mencari penyedia web hosting yang andal adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis online. Namun, tidak mudah memilih penyedia…