10+ Kesalahan Memilih VPS Server yang Wajib Dihindari

kesalahan memilih server VPS

Kesalahan memilih VPS bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah ketidaktahuan karena baru pertama kali memakai VPS. Lantas, kesalahan apa saja yang harus dihindari saat memilih VPS?

Sebenarnya VPS (Virtual Private Server) menjadi pilihan populer untuk menunjang bisnis. Server ini memiliki tingkat keamanan yang ketat, sumber daya lebih besar, dan biaya lebih murah dibandingkan server khusus.

Meskipun begitu, beberapa pemilik bisnis atas ketidaktahuannya memilih VPS yang salah. Hal ini yang seharusnya dihindari agar tidak ada kesalahan memilih server VPS. Lebih jelasnya, simak pembahasan berikut!

Kesalahan Memilih VPS Server Sering Terjadi

Sebelum kamu memutuskan menggunakan layanan VPS, maka pahami kesalahan umum ketika memilih VPS yang seharusnya bisa kamu hindari. Adapun kesalahan memilih VPS tersebut adalah sebagai berikut:

1. Belum Memahami Tujuan Penggunaan VPS

Seseorang memesan VPS tentunya ada tujuannya. Jika kamu ingin punya layanan hosting dengan kecepatan tinggi dan tingkat keamanan optimal, maka VPS menjadi pilihan paling tepat untuk kebutuhan website kamu.

Jika pengunjung website masih kecil, maka kami bisa memilih opsi lain yang lebih ekonomis daripada VPS. Sebab, VPS punya fungsi luas, seperti berfungsi sebagai penghubung layanan IoT (Internet of Things).

Oleh karena itu, sebelum memutuskan memperoleh VPS server, sebaiknya ketahui dahulu kapasitas website yang ingin kamu bangun agar tidak salah pilih.

2. Tidak Tahu Perbedaan Managed dan Unmanaged

Kesalahan sering terjadi memilih server VPS selanjutnya adalah ketidaktahuan akan perbedaan utama antara VPS Managed dan VPS Unmanaged.

VPS Managed

VPS Managed merupakan layanan yang memungkinkan kamu tinggal pakai saja. Seluruh kebutuhan server VPS mulai dari instalasi, pemeliharaan, konfigurasi, dan lainnya ditangani langsung oleh penyedia layanan. Kamu bisa dapatkan kemewahan layanan ini di VPS Managed dari Jagoan Hosting.

Cek Konten Lainnya:
Promo VPS Harga Murah Mulai 100rb Perbulan

Sedangkan VPS Unmanaged, semua kebutuhan yang berkaitan dengan instalasi, pemeliharaan, konfigurasi, dan lainnya menjadi tanggung jawab pengguna. VPS ini cocok bagi kamu yang paham tentang server VPS.

3. Kurang Memahami Kapasitas RAM dan CPU

Perlu diketahui, bahwa RAM pada VPS memiliki batasan. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan kapasitas RAM yang akan kamu gunakan. Hanya saja, semakin besar RAM, semakin tinggi harga VPS.

Selain itu, pemilihan CPU juga menjadi faktor penting agar tidak terjadi kesalahan memilih VPS. Adapun VPS terbaik yakni memiliki prosesor dengan core lebih banyak dan kecepatannya dalam GHz tinggi.

Kedua komponen ini memiliki pengaruh besar terhadap kinerja VPS. Semakin besar kapasitas RAM dan CPU, maka semakin cepat kinerja VPS.

4. Tidak Mengetahui Jenis Penyimpanan VPS

Ada dua jenis penyimpanan VPS yang bisa kamu pilih, yaitu SSD (Solid-state Drive) dan Hard Disk. Oleh karena itu, agar tidak salah pilih VPS, tanyakan dahulu jenis penyimpanan yang penyedia layanan tawarkan.

Jika kamu tidak memiliki banyak biaya, maka bisa pilih penyimpanan hard disk saja. Harga VPS dengan penyimpanan hard disk lebih terjangkau daripada SSD.

Namun, jika kamu ingin VPS dengan penyimpanan kapasitas yang memadai dan kecepatan tinggi, maka bisa pilih SSD. Hanya saja, harganya lebih mahal dari hard disk, tetapi soal kinerja dan keandalan jauh lebih baik.

5. Mengabaikan Sistem Operasi yang Digunakan 

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan untuk menghindari kesalahan memilih server VPS adalah perhatikan sistem operasi VPS yang digunakan. Biasanya, penyedia layanan menawarkan beberapa jenis sistem operasi.

Adapun sistem operasi yang biasa digunakan pada komputer, yaitu sistem operasi berbasis Linux, Unix, Mac OS, MS DOS, Windows, Android, dan sebagainya.

Jadi, ketika kamu ingin membeli VPS, perhatikan sistem operasi yang digunakan. Pastikan sistem operasi komputer kamu sesuai dengan yang disediakan penyedia layanan VOS. Terpenting jangan ragu untuk bertanya!

6. Awam Soal Kapasitas Bandwidth Bulanan

Kapasitas bandwidth sangat menentukan kecepatan hosting. Jika website kamu sudah melebihi batas penggunaan bandwidth bulanan, maka kecepatan akses VPS akan menurun sehingga website menjadi lambat.

Dengan kamu mengetahui kapasitas bandwidth yang penyedia layanan terapkan, hal ini berguna menghindari kesalahan memilih VPS. Sebab, kapasitas bandwidth harus sesuai dengan kebutuhan website kamu.

Cek Konten Lainnya:
Storage Server: Fungsi, Jenis dan Tips Memilihnya

Apalagi website kamu digunakan untuk kebutuhan bisnis atau e-commerce, maka membutuhkan kapasitas bandwidth yang besar agar cepat dan stabil.

7. Kurang Perhatian Terhadap Keamanan Data

Kesalahan saat memilih VPS yang kerap terjadi lainnya adalah kurangnya perhatian pada faktor keamanan. VPS yang bagus sekalipun tanpa keamanan yang mumpuni, hal ini bisa berisiko terhadap kejahatan siber.

vps anti ddos

Oleh karena itu, saat memilih VPS perlu perhatikan masalah keamanan. Pastikan VPS tersebut sudah memiliki perlindungan terhadap serangan DDoS, seperti di layanan VPS Anti DDoS dari Jagoan Hosting.

Jika ingin melindungi data kamu, maka bisa melakukan backup secara teratur. Cara ini bisa mengantisipasi pencurian data yang tidak kamu inginkan, jika kamu sudah terlanjur memilih VPS melalui penyedia layanan ini.

8. Tidak Memperhatikan Skalabilitas Layanan

Skalabilitas layanan VPS merupakan salah satu hal penting bagi kamu yang ingin menggunakan VPS. Dengan skalabilitas, kamu bisa memastikan spesifikasi VPS sudah sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Ada dua pendekatan skalabilitas, yaitu vertikal dan horizontal. Pendekatan vertikal adalah upgrade kapasitas VPS dengan cara menambah resource pada server fisik.

Sedangkan pendekatan horizontal adalah tambahan VPS baru untuk distribusi beban kerja ke beberapa VPS lain. Selain itu, adanya fitur upgrade dan downgrade juga penting saat memilih VPS yang tepat.

9. Belum Mengetahui Lokasi Pusat Data

Pemilihan lokasi pusat data yang dekat dengan pengguna punya kelebihan yakni mengurangi latensi. Latensi rendah membuat situs web lebih cepat tanpa jeda waktu terlalu lama saat proses transfer data dari server.

Oleh karena itu, salah memilih lokasi pusat data yang lokasinya tidak dekat dengan kamu, ini adalah salah satu kesalahan memilih VPS yang perlu diperhatikan.

Pemilihan pusat data yang lokasinya dekat dengan pengguna menjadi prioritas saat memilih VPS. Pusat data sendiri merupakan tempat data kamu disimpan dalam server VPS yang kamu pilih dari penyedia layanan.

10. Tidak Mempertimbangkan Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan sangat membantu ketika kamu ada kendala. Dengan layanan pelanggan, kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan bantuan.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mempertimbangkan fitur pendukung ini ketika kamu hendak memilih VPS. Biasanya, layanan pelanggan yang disediakan seperti layanan telepon, email, dan chat langsung.

Cek Konten Lainnya:
Jual VPS Murah dan Berkualitas - Mulai 100rb/bulan
support hosting

Layanan pelanggan Jagoan Hosting yang bersertifikasi sangatlah fleksibel dan siap membantu kamu dengan respon cepat. Oleh karena itu, apapun masalah dan kendala kamu terkait masalah teknis bisa diperbaiki dengan cepat.

11. Tidak Mempertimbangkan Reputasi dan Ulasan

Saat memilih VPS, penting mempertimbangkan ulasan pengguna sebagai referensi sebelum kamu membelinya. Selain itu, penting juga melihat reputasi dari penyedia layanan VPS yang hendak kamu gunakan.

review vps

Jagoan Hosting sudah dipercaya 17tahun oleh puluhan ribu pelanggan untuk performa VPS Indonesia yang handal.

Kamu bisa melakukan penelitian secara menyeluruh tentang fitur VPS dan ulasan dari pengguna. Kemudian, perhatikan reputasi penyedia layanan VPS di komunitas dan grup hosting sebagai bahan referensi kamu.

Dengan melakukan ini, kamu bisa terhindar dari kesalahan saat memilih VPS Murah yang tepat untuk website bisnis serta terhindar dari penyedia dengan rating buruk.

12. Tidak Membuat Rencana Anggaran Biaya

Sebenarnya biaya sewa atau langganan VPS cenderung lebih murah dibandingkan jenis lainnya. Namun, tetap saja kamu perlu membuat rencana anggaran biaya.

Tujuan pembuatan anggaran biaya adalah untuk menyesuaikan alokasi dana dengan harga sewa VPS yang penyedia layanan tawarkan. Dengan anggaran biaya, kamu juga bisa terhindari dari kesalahan memilih VPS.

vps kvm

Nah, bagi kamu yang mencari penyedia layanan VPS murah, Jagoan Hosting pilihan paling tepat! Ada berbagai layanan Cloud VPS dengan harga ramah untuk kantong kamu yang ingin memakai VPS penunjan website bisnis.

FAQ

Apa itu VPS?

VPS atau Virtual Private Server adalah layanan hosting untuk situs web berbasis virtual. Hosting ini cocok untuk kebutuhan situs web bisnis perseorangan.

Bagaimana cara agar tidak salah memilih VPS? 

Cara menghindari kesalahan saat memilih VPS yakni dengan menanyakan terlebih dahulu spesifikasi VPS dan hal teknis lain sebelum kamu membelinya.

Bagaimana cara mendapatkan VPS Server?

Jika kamu ingin mendapatkan VPS terbaik, maka bisa langsung hubungi Jagoan Hosting melalui kontak yang tersedia. Pesan VPS sesuai kebutuhan kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
maintenance server
Read More
Apa Itu Maintenance Server? Ini Penyebab, Tujuan & Fungsinya
Pemeliharaan sistem atau maintenance server adalah fenomena yang sering terjadi pada website dan aplikasi game. Adanya maintenance server…
remote server
Read More
Remote Server: Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangan
Tahukah kamu? Remote server bisa memberikan kemudahan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas lho! Dengan server jarak jauh, kamu…