Cara Membuat Website Perusahaan untuk Company Profile

cara membuat website perusahaan

Bukan rahasia lagi kalau salah satu upaya meningkatkan brand bisnis adalah dengan cara membuat website perusahaan. Apalagi dengan perkembangan dunia digital saat ini, rasanya website sudah jadi kebutuhan yang gak bisa kita abaikan sob.

Banyak pemilik bisnis mengira kalau bikin website itu susah dan mahal. Padahal, proses pembuatannya sangat mudah dengan biaya yang gak sampai sejuta. Dengan potensi peningkatan bisnis yang bisa kita capai, harga tersebut tentu sangat murah.

Nah, buat kamu para pemilik bisnis, apa masih mau kalau profil perusahaan hanya bisa dilihat dari brosur saja? Tentu tidak ingin seperti itu terus, bukan? Untuk itu, ayo simak cara membuat website company profile berikut ini.

Pentingnya Membuat Website Company Profile

Membuat website company profile punya banyak manfaat penting sob, khususnya untuk era digital seperti saat ini. Pertama-tama, company profile adalah alat paling efektif untuk memperkenalkan perusahaan pada audiens yang lebih luas. 

Hal ini tentu saja memungkinkan para mitra bisnis, pelanggan potensial, atau calon karyawan untuk mendapatkan informasi lebih baik tentang identitas dan kompetensi perusahaan. Hal itu jelas menjadi modal berharga bagi perusahaan bersangkutan.

Selain itu, company profile juga menciptakan kehadiran online yang kuat untuk perusahaan. Di era digital seperti sekarang, banyak orang mencari informasi hanya dari internet, termasuk company profile. Itulah pentingnya website bagi perusahaan sob.

Dengan memiliki website yang profesional dan informatif, perusahaan dapat lebih mudah ditemukan oleh pencari informasi atau calon pelanggan. Ini juga menciptakan kesan profesionalisme sehingga berdampak pada peningkatan reputasi perusahaan.

Lebih dari itu, website company profile juga bisa menjadi alat pemasaran yang efektif. Dengan menyertakan konten-konten menarik dan relevan, perusahaan dapat menarik lebih banyak pengunjung ke situs web mereka. 

Cek Konten Lainnya:
Domain .ORG: Pengertian, Fungsi, Keunggulan & Cara Membuat

Cara Mudah Membuat Website Perusahaan

cara membuat website perusahaan

Setelah mengetahui pentingnya website bagi perusahaan, sekarang kamu juga harus tahu bagaimana cara membuat website tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu lakukan demi bisa membuat company profile yang menarik:

1. Membeli Domain dan Hosting

Cara membuat website company profile yang pertama adalah dengan membeli domain dan hosting. Sederhananya, domain adalah alamat website yang akan kamu buat. Contohnya seperti www.facebook.com atau www.instagram.com.

Sementara hosting adalah ruang penyimpanan untuk menaruh data-data di website seperti foto, dokumen, video, atau file-file lain yang merupakan komponen dari website. Keduanya adalah hal mendasar untuk membuat website.

domain

Biaya pembuatan domain sangat tergantung dengan akhiran apa yang mau kamu buat sob. Apakah .com, .net, atau yang termurah seperti .xyz. Tenang saja, harga domain paling murah hanya sekitar Rp 15.000/tahun sehingga cocok untuk bisnis pemula.

hosting untuk web perusahaan

Nah, harga di atas bisa kamu dapatkan di Domain Murah dari Jagoan Hosting lho sob. Tak hanya itu, Jagoan Hosting juga menawarkan Web Hosting Murah yang terjangkau dengan kapasitas ruang penyimpanan mencukupi untuk kebutuhan company profile.

Untuk mengeceknya, kamu bisa ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama, kunjungi laman domain id atau domain tld domain dari Jagoan Hosting. 
  • Setelah itu, masukkan nama perusahaan kamu di kolom yang tersedia.
  • Nantinya, akan ada beberapa pilihan domain yang bisa kamu pilih, mulai dari harga Rp 15.000 sampai dengan ratusan ribu.
  • Selanjutnya, kamu bisa meneruskannya ke proses pembayaran.

2. Menginstall WordPress

Cara membuat website perusahaan berikutnya adalah dengan menginstall WordPress. WordPress sendiri adalah platform content management system (CMS), atau secara mudahnya merupakan tempat untuk menyusun website itu sendiri.

Cek Konten Lainnya:
Ingin Berkarier Disini? Pahami Dulu Etika Profesi Web Developer!

Jadi, setelah kamu punya alamat website (domain) dan ruang penyimpanan data (hosting), selanjutnya kamu bisa menginstall WordPress dan mulai menyusun website sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Di dalamnya, ada banyak sekali plugin yang dapat kita install untuk melengkapi berbagai kebutuhan website, mulai dari page builder, optimasi website, anti spam, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Pilih Tema Website

pilih tema website

Setelah memiliki wordpress, maka kamu bisa bebas memilih tema tampilan website yang cocok untuk kebutuhan company profile. WordPress sendiri memiliki ratusan template tema menarik yang bebas kamu pilih.

Jika kamu benar-benar ingin membuat tampilanmu sendiri, maka kamu bisa menginstal plugin Elementor ke dalam wordpress. Plugin ini adalah alat terbaik untuk membangun websitemu dengan mudah.

Cukup dengan drag and drop, maka tampilan website bisa kamu atur sedemikian rupa. Cara membuat company profile perusahaan menjadi hal yang sangat mudah dengan adanya plugin satu ini.

4. Lengkapi Semua Informasi Perusahaan

Jika tema website sudah kamu buat, halaman apa saja yang ada di dalam website juga sudah kamu tentukan, maka saatnya untuk melengkapi seluruh informasi yang dibutuhkan. Silakan lengkapi halaman Tentang Kami, informasi kontak, dan lain-lain.

Pastikan seluruh tombol berfungsi dengan baik sekaligus mengarah ke halaman yang tepat. Dengan begitu, website sudah layak untuk kamu publikasikan sehingga siapa saja bisa mengaksesnya dengan mudah, baik dari PC maupun smartphone.

Beberapa halaman yang umumnya terdapat dalam website meliputi:

  • Homepage, yaitu halaman utama website di mana para pengunjung akan pertama kali melihat website kita.
  • About us atau tentang kami, yaitu halaman khusus yang menampilkan informasi singkat tentang perusahaan, mulai dari sejarah berdirinya, visi-misinya, hingga produk apa saja yang ditawarkan.
  • Produk atau jasa, yaitu halaman khusus yang menampilkan produk atau jasa dari perusahaanmu.
  • Blog, halaman ini akan menampilkan berbagai tulisan artikel yang membahas hal-hal berkaitan dengan bisnis perusahaan.
Cek Konten Lainnya:
Begini Lho Ternyata Cara SEO Bekerja

Semakin lengkap informasi yang kamu tampilkan dalam website, maka pengunjung akan semakin percaya dengan perusahaan. Dengan begitu, potensi mereka untuk jadi pelanggan atau mitra bisnis akan semakin tinggi.

Jangan lupa untuk memberikan informasi tambahan berupa nomor kontak ke CS atau pihak yang tertentu yang dapat menghandle pesanan atau kerjasama.

5. Promosikan Website dengan Berbagai Konten Menarik

Sekarang, website kamu sudah mulai berjalan dan semua orang bisa mengaksesnya kapan saja sebanyak yang mereka mau. Nah, agar para pengunjung ini tidak merasa bosan tiap kali mengakses website, maka kita perlu memperbarui konten di dalamnya.

Cara membuat website perusahaan memang mudah, tetapi mempertahankannya agar banyak orang tetap mengaksesnya butuh strategi. Salah satunya adalah dengan rutin mengisinya dengan konten-konten menarik.

Kamu bisa membuat halaman khusus untuk blog yang membahas tentang hal-hal yang berkaitan tentang perusahaan atau bisnis. Selain itu, optimasi websitemu dengan strategi SEO agar bisa muncul dalam daftar pencarian Google.

Saatnya Onlinekan Perusahaan dengan Website

digitalisasi bisnis dengan website

Dengan adanya website company profile, perusahaan akan semakin mudah dalam menjangkau audiens yang lebih luas. Pada akhirnya, hal itu juga akan berdampak pada perkembangan bisnis. 

Bagi pemilik bisnis pemula, pembuatan website bisnis juga sebenarnya bukan hal yang rumit, baik dari pengerjaannya sampai dengan harga yang harus kamu bayar di awal pembuatannya. Langkahnya mudah, prosesnya cepat, dan harganya murah.

Jika kamu berminat untuk membuat website, silakan ikuti cara membuat website perusahaan di atas dengan baik. Pastikan membeli yg domain dan hosting hanya di Jagoan Hosting ya sob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
contoh website sekolah
Read More
Inilah Contoh Website Sekolah Terbaik (Menarik & Simple)
Dengan kemajuan teknologi digital sekarang ini, memiliki website sudah menjadi kebutuhan setiap organisasi, termasuk sekolah. Terdapat beberapa contoh…
influencer adalah
Read More
Apa itu Influencer? Manfaat dan Tips Memilihnya untuk Bisnis
Influencer adalah sebutan bagi mereka dengan jumlah followers ribuan, ratusan ribu hingga jutaan di sosial media. Para influencer…