Apa itu Blog? Jenis, Fungsi dan Strukturnya

blog adalah

Dari jutaan orang pengguna blog, pasti kamu salah satunya bukan? Atau bahkan sekarang kamu berada dalam sebuah blog untuk mendapatkan informasi? Singkatnya blog adalah laman online untuk mewadahi kumpulan konten.

Itu secara singkatnya, poin paling pentingnya adalah konten yang termuat dalam blog selalu berupa tulisan. Tulisan tersebut bisa dalam bentuk beraneka ragam seperti cerita, opini, informasi dan bahkan karya tulis lainnya.

Yang mengisi blog merupakan penulis konten yang bekerja lepas maupun fulltime. Genre konten yang ditulis juga berbeda tergantung dari tema blog yang dikembangkan.

Contohnya, blog tentang kecantikan. Tentu saja, mayoritas konten artikelnya berhubungan dengan kesehatan dan kecantikan. Gaya hidup wanita termasuk bagaimana cara wanita merawat dan mempercantik diri. 

Apa itu Blog?

Blog berasal dari singkatan Weblog, artinya salah satu jenis situs web dalam bentuk tulisan-tulisan pada halaman web. Biasanya penyusunannya berurutan dari kronologis postingan tulisan di unggah dalam laman.

Menurut Wikipedia, blog merupakan web log yang artinya sebuah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada halaman web. Tulisan-tulisan dalam blog selalu berurutan dari yang terbaru ke yang lebih lama.

Tidak hanya pengertian blog itu saja, untuk mempermudah Sob dalam memahami blog maka blog menurut Website Hub artinya buku harian atau jurnal online situs web. Konten dalam blog tidak mencakup teks, gambar, video, dan bentuk lainnya.

Sementara itu, menurut First Site Guide blog merupakan situs informasi dalam bentuk jurnal online yang menyampaikan informasi dengan urutan kronologis terbalik. 

Artinya postingan terbaru akan muncul dalam posisi paling atas pada sebuah web.

Sehingga, dari keempat pengertian blog tersebut dapat disimpulkan bahwa blog merupakan jurnal online dalam bentuk website yang menampilkan informasi dengan urutan kronologi postingan terbaru berada pada posisi paling atas.

Jenis-Jenis Blog

Dalam dunia blog, blog sendiri memiliki jenisnya masing-masing sesuai dengan tujuan pembuatannya. Oleh sebab itu, ada jenis-jenis blog yang harus kamu tahu untuk membantu memetakkan arah tujuan pembuatan blog.

1. Blog Pribadi atau Personal Blog

blog pribadi

Saat kemunculan blog pada akhir tahun 90-an, jenis blog pertama yang muncul adalah blog pribadi atau personal blog. Personal blog adalah sebuah jurnal website online yang berisi konten harian untuk membagikan berbagai moment.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Carousel? Cara Membuat dan Contohnya

Biasanya moment-moment seperti sharing pengalaman, pemikiran dengan pembacanya ataupun terkait perasaan. Sehingga, blog pribadi tidak mempunyai aturan khusus yang harus pemiliknya patuhi.

Karena personal blog merupakan halaman terbuka dari buku harian pembuatnya secara online, dan pengolahan kata dan publikasinya hanya menggunakan metode HTML sederhana saja.

2. Blog Bisnis atau Business Blog

blog bisnis

Sudah jelas pasti, jika jenis blog yang satu ini bertujuan untuk mereka yang ingin membuat blog untuk bisnis. Karena dengan pembuatan blog bisnis, diharapkan bisnis tersebut mendapatkan lebih banyak eksposur dan lalu lintas pelanggannya.

Sehingga, blog bisnis akan memberikan efek positif terhadap usaha yang sedang mereka kembangkan. Biasanya penulisan kontennya pun akan terarah dengan topic yang menarik pelanggannya sesuai bisnis masing-masing.

3. Blog Profesional

Blog profesional adalah blog kredibel yang seseorang atau kumpulan  orang buat untuk membagikan idea tau konten yang berhubungan dengan keahlian masing-masing.

Berbeda jauh dengan blog pribadi yang tidak adanya aturan baku, blog profesional biasanya akan menjadi rujukan dalam kebijakan atau penelitian seseorang. Oleh sebab itu, kontennya lebih terarah pada topic keahlian yang spesifik mendalam.

4. Blog Khusus atau Niche Blog

niche blog

Hampir mirip dengan blog professional, niche blog adalah blog dengan topic yang sangat spesifik. Contohnya, blog makanan yang hanya memuat semua hal tentang makanan.

Dengan blog khusus ini, maka para pembaca akan lebih fokus untuk mencari informasi yang terkait. Karena lebih mudah untuk mengidentifikasi isi kontennya, sehingga akan membantu mempersingkat waktu kamu dalam mencari informasi.

5. Blog Afiliasi

Selanjutnya ada blog afiliasi, blog afiliasi adalah blog dengan muatan konten yang berisi tautan untuk mengarahkan pembaca ke blog lain yang menjual produk tertentu. Biasanya tujuan pembuatan blog untuk promosi produk secara soft selling.

Melalui sebuah konten berupa tulisan dalam blog, kemudian dipublikasikan. Akan tetapi, kegiatan transaksi penjualan produknya hanya bisa kamu lakukan pada blog pihak ketiga.

6. Blog Podcast

Jenis blog selanjutnya adalah podcast. Podcast blog merupakan sebuah blog yang terdapat cakupan podcast tersemat. Biasanya podcastnya berupa audio atau video dari palform apapun.

Selain adanya audio atau video, blog bentuk ini akan menyematkan deskripsi, ringkasan dan ajakan untuk mengunjungi konten tersebut. Sehingga, sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai media promosi konten video atau audio.

7. Guest Blog

Guest blog adalah blog dengan konten yang ditulis oleh penulis tamu yang ahli dalam bidangnya. Berbeda dengan mempekerjakan penulis. Sebab penulis guest blog sudah memiliki pengikut sendiri untuk menambahkan audiens.

Sehingga, pemilik guest blog bebas dalam mengelola dan mempromosikan blognya bahkan diluar keahlian pemilik blog. Walaupun terkadang pemilik blog menulis konten, tapi pemilik blog untuk penulis utama.

Fungsi dari Blog

Ada banyak sekali fungsi blog, pada dasarnya fungsi blog yakni sebagai media kepenulisan untuk menyampaikan ide dan pemikiran. Tetapi, masih ada banyak fungsi blog lainnya yang perlu kamu ketahui.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Product Manager? Tugas, Kemampuan, dan Gajinya

Berikut beberapa fungsi blog :

1. Media Menulis

Media menulis untuk para penulis yang berkeinginan menyampaikan pemikiran dan idenya dalam bentuk tulisan. Tidak hanya menyampaikan ide saja, biasanya menulis dalam blog juga sebagai penyaluran hobi.

Sebagai contohnya, ketika kamu tertarik dengan teknologi, maka kamu bisa membuat blog yang berhubungan dengan teknologi baik itu review peralatan teknologi, atau dalam bentuk menuangkan ide terbaru tentang teknologi.

2. Portofolio Online

Fungsi selanjutnya blog adalah sebagai portofolio online. Artinya, blog profesional lah yang akan kamu buat untuk membranding diri melalui hasil karya.

Penulis-penulis blog yang sudah memiliki tujuan untuk bikin web portofolio, maka mereka sudah mempunyai beberapa bahkan banyak klien yang bekerjasama untuk kemudian mempromosikan keahlian tersebut.

3. Mendapatkan Penghasilan

Tidak dapat kamu pungkiri, bahwa tujuan pembuatan blog adalah mendapatkan penghasilan. Melalui blog kamu bisa menghasilkan uang dengan menggabungkan keahlian menulis masing-masing.

Atau bahkan, kamu bisa membuat blog sendiri untuk mendapatkan penghasilan melalui Google Adsense. Sebab blog yang sudah memiliki banyak pembaca, banyak tulisan dan kriteria khusus lainnya akan berkesempatan mendapatkan uang dari Google.

wordpress blog

Kamu bisa memulai untuk bikin blog dengan cara memilih domain untuk identias blogmu di Cek Domain. Setelah itu segera onlinekan domainmu dengan memilih hosting murah unlimited dari Jagoan Hosting yang sangat cocok dengan Blog.

4. Meningkatkan Traffic Website Bisnis

Selanjutnya fungsi blog yakni meningkatkan traffic website bisnis. Sebenarnya fungsi ini baru  berjalan sekitar tahun 2000-an. Pada tahun itu, blog sudah mempunyai fungsi lebih luas untuk tujuan pemasaran.

Tujuan khususnya adalah digital marketing, hingga akhirnya para digital marketing menyarankan pada pemilik usaha atau perusahaan untuk meningkatkan traffic website bisnisnya masing-masing.

Dengan begitu, perusahaan akan mendapatkan lebih banyak leads dari blog yang audiens baca. Sehingga, jelas menguntungkan dari kedua belah pihak baik perusahaan maupun pembaca yang memperoleh informasi.

Struktur Blog

Blog mempunyai bagian-bagian utama yang desainnya dapat berubah-ubah sesuai keinginan masing-masing. Akan tetapi, ada struktur atau bagian umum yang perlu kamu ketahui ketika membuat blog untuk mempermudah kegunaan blog.

Berikut beberapa struktur blog secara umum dan semestinya ada :

1. Header

Header blog merupakan bagian blog yang letaknya paling atas. Fungsi header untuk menyampaikan informasi jelas terkait website tersebut. Biasanya header akan memuat logo website, judul atau informasi blog, navigasi atau menu blog lainnya.

Adanya header lebih merujuk pada identitas blog. Selain itu, ada sitemap yang menjelaskan isi inti blog. Sehingga, keberadaan header sangatlah penting untuk menunjang performa blog yang baik.

2. Navigation Bar Blog

Letaknya di atas header, navigation bar blog adalah struktur yang berfungsi untuk mempermudah pemilik blog mengelola blognya. Sehingga, hanya muncul ketika pemilik blog mengaksesnya sendiri.

3. Main Blog

Main blog terletak pada bagian tengah-tengah blog. Struktur main blog inilah nanti yang mempunyai peran sebagai tempat postingan atau isi blog dibuat oleh pemiliknya. 

Main blog sendiri mempunyai struktur seperti judul, tanggal, nama penulis dan lainnya.

Cek Konten Lainnya:
8 Library Animasi Javascript Terbaik

4. Sidebar

Struktur blog yang letaknya bisa di kiri atau kanan blog. Sebab elemen sidebar blog merupakan tempat popular post dan archive. Artinya pada sidebar kamu bisa menambahkan widget seperti jam, kalender dan widget lainnya.

Struktur blog umum lainnya yaitu footer. Terletak paling bawah pada blog dengan isi informasi singkat pemilik blog. Informasi pemilik seperti informasi hak cipta, kontak sponsor dan kredit sebuah blog.

Tidak sedikit pemilik blog yang menjadikan footer sebagai tempat menampilkan widget pula. Oleh sebab itu, struktur pada blog tidaklah baku, tergantung pada pemilik blog masing-masing.

FAQ

1. Apa saja yang termasuk blog?

Blog mempunyai banyak jenis, semua tergantung pada tujuan pembuatan blog. Sehingga, blog akan memuat banyak jenis seperti blog pribadi, niche blog, blog bisnis, blog afiliasi dan jenis blog lainnya.

2. Bagaimana cara buat blog?

Secara umum cara pembuatan blog bisa dilakukan instan melalui beberapa penyedia layanan blog. Akan tetapi, untuk pembuatan blog yang berbeda dan menarik. Inilah cara membuat blog : 

  1. Menentukan tujuan blog
  2. Memilih layanan, jenis hosting dan domain yang sesuai dengan keinginan masing-masing
  3. Lakukan install WordPress
  4. Lanjutkan dengan mengatur konfigurasi WordPress
  5. Instal tema blog
  6. Buat konten postingan baru
  7. Install plugin WordPress

3. Apa manfaat dari blog?

Manfaat blog sangatlah beragam mulai dari :

  1. Berbagi ide, konten dan pengetahuan
  2. Membangun jaringan
  3. Menghasilkan pendapatan
  4. Membranding diri
  5. Meningkatkan penjualan produk
  6. Mengubah traffic menjadi prospek
  7. Sebagai portofolio
  8. Meningkatkan skill kepenulisan
  9. Mengarsipkan sebuah karya tulis

4. Apa yang membedakan antara blog dan Vlog?

blog merupakan web log yang artinya tempat untuk membagikan konten berupa tulisan dengan tambahan penarik pembaca seperti gambar. Sementara, vlog adalah video blog yang artinya membagikan konten berupa video.

5. Apa saja ciri-ciri blog?

Blog memiliki ciri-ciri khusus, seperti :

  1. Berisi konten dengan data yang valid
  2. Fokusnya pada informasi
  3. Memiliki nama dan alamat yang bisa diakses pembaca secara online
  4. Isi kontennya akan selalu bertambah sesuai dengan tujuan pembuatan blog
  5. Adanya tujuan pembuatan blog

6. Apa perbedaan antara blog dan blogger?

Blog merupakan media halaman untuk tempat membagikan konten berupa artikel dilengkapi dengan gambar, audio dan video. Sementara blogger adalah orang yang membuat dan mengelola blog.

7. Apa perbedaan blog dan website?

Blog merupakan media online yang memuat konten berupa artikel dilengkapi dengan foto, audio dan video yang updatenya berkala. Sedangkan website adalah kumpulan halaman web dalam satu domain tertentu.Itulah informasi mengenai blog secara keseluruhan.

Apalagi zaman yang canggih, membuat blog mempunyai fungsi yang sangat penting salah satu fungsi blog adalah membangun jejaring, mendapatkan penghasilan, bahkan membranding diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
core web vitals
Read More
Core Web Vitals: Definisi, Metrik, dan Tools
User experience dalam website, seringkali jadi pertimbangan untuk menentukan peringkat website. Maka dari itu, pembelajaran tentang core web…