Ini Harga Pembuatan Website Company Profile di 2024

harga website company profile

Harga website company profile sangat variatif. Hal ini dipengaruhi oleh spesifikasi dan juga kebutuhan serta fitur yang pelanggan minta. Pasalnya, setiap perusahaan menginginkan style website yang cenderung berbeda.

Selain itu, ada juga beberapa faktor dan komponen yang mempengaruhi estimasi harga pembuatan website ini. Sehingga, penting untuk memahami rentang biaya yang harus seseorang keluarkan dalam membuat website company profile.

Maka, perlu adanya pemahaman apa saja sih sebenarnya yang dibutuhkan dalam membuat website. Tujuannya agar masing-masing pihak memahami dan bisa memperkiraan estimasi biaya yang valid.

Macam-Macam Kebutuhan Pembuatan Website

kebutuhan pembuatan website

Untuk meminimalisir adanya pembengkakan biaya, maka kamu bisa cek rentang keutuhan dan harga website company profile dulu. Apa saja kebutuhan pembuatan website? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Nama Domain

domain

Domain merupakan sebuah nama atau identitas website. Kamu harus memilih nama domain yang sesuai agar company profile dapat terbentuk secara optimal. Sesuaikan juga dengan identitas diri atau nama bisnis yang ingin di-branding.

  • Di Jagoanhosting.com, kamu bisa melihat beragam ekstensi dan juga rentang harganya untuk domain branding nanti. Ekstensi paling terkenal dan sering orang gunakan adalah .com, .id, .co.id, .net, dan .org.

Untuk biaya ekstensi .com biaya register awalnya adalah Rp135.000 dan renewal Rp199.000. Sedangkan, untuk .net biaya register awal Rp199.000 dan renewal juga sama Rp199.000.

Dapatkan layanan Domain Murah dari Jagoanhosting.com ini memberikan kepastian kepada setiap penggunanya terhadap keamanan data dan juga identitas pribadi dari ancaman cyber, loh. Jadi, kamu tidak perlu takut untuk membeli domain di jagoanhosting.com.

2. Hosting

Berikutnya, harga website company profile juga meliputi pembiayaan hosting. Di mana, hosting ini merupakan sebuah wadah untuk menyimpan semua data website.

Cek Konten Lainnya:
Tips Strategi Marketing B2C untuk Mengembangkan Bisnis Kamu
hosting untuk website company profile

Jagoanhosting.com menyediakan paket Hosting Murah yang sangat ramah. Mulai dari paket IDOL Rp15.000/ bulan, paket Superstar (bestseller) Rp45.000/ bulan, hingga paket Legend Rp75.000/bulan.

  • Semua paket dari jagoanhosting.com sudah meliputi Unlimited Inodes, Unlimited Bandwidth, Unlimited Addon, Unlimited Database, dan juga Unlimited Email Bisnis.

3. Platform atau CMS Website

cms wordpress

Platform website juga termasuk ke dalam kebutuhan pembuatan website. Ada dua jenis platform yang umum digunakan yaitu WordPress dan Blogger.

Kalau boleh saran nih sob, sebaiknya kamu menggunakan platform atau CMS WordPress saja. CMS WordPress lebih fleksibel untuk pembuatan company profile. Apalagi dengan bantuan tools/plugin yang tersedia, tentu akan mempermudah kamu dalam membangun sebuah website.

4. Desain Website

Desain website juga masuk ke dalam estimasi biaya pembuatan website company profile. Meskipun bisa mengambil desain template website company profile gratis dari berbagai platform.

Namun, jika ingin memiliki company profile yang profesional, maka menggunakan template premium lebih kami sarankan. Apalagi biaya template ini sudah masuk ke dalam biaya pembuatan website.

Untuk pembelian template yang menarik dan banyak pilihannya, kamu bisa membelinya di https://themeforest.net/. Kisaran harga pembelian theme adalah $20 – $100 atau setara dengan Rp300.000 – Rp1.500.000.

Baca juga: Kumpulan Contoh Desain Website Company Profile

5. Instalasi Plugin

Dalam membuat website banyak sekali elemen-elemen kecil yang dibutuhkan. Salah satunya plugin. Untuk membuat website bisa beroperasi optimal sesuai keinginan terkadang plugin yang perlu di instal tidak hanya satu.

Beberapa jenis plugin yang wajib di instal dalam sebuah website adalah plugin security, plugin cache, plugin SEO, contact form, plugin builder atau sejenis plugin Elementor.

Nah, harga website company profile secara umum telah meliputi penginstalan beberapa plugin sesuai kebutuhan. Sehingga, ketika melakukan pembelian biasanya customer akan langsung terima jadi website yang diinginkan.

6. Konten

Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting dalam mendukung sebuah website dapat bekerja optimal adalah konten menarik. Tentu saja dalam hal ini kamu sebagai pemilik membutuhkan artikel, gambar, dan juga beberapa elemen pendukung lain.

Cek Konten Lainnya:
Ini Cara Mudah Mengonlinekan Website dan Tipsnya

Mengisi website sendiri tentu akan menghemat biaya. Tetapi, apabila kamu belum memahami seperti apa algoritma Google, SEO, dan juga teknik penulisan artikel yang baik. Maka, sebaiknya gunakan saja jasa seperti content writer.

Saat ini banyak sekali layanan penyedia artikel berkualitas dan SEO friendly. Sehingga memudahkan pemilik website untuk mendapatkan hasil optimal dengan tenaga ahli yang berkualitas.

Untuk artikel yang ditulis oleh content writer memiliki rentang harga berbeda-beda. Tergantung kebutuhan kamu. Apakah kamu menginginkan content writer yang hanya menulis artikel saja, atau sekaligus mencarikan gambar. Atau bahkan harus posting sekaligus di WordPress?

Rentang biaya ini juga akan berbeda. Untuk rentang harga content writer sekitar Rp50/kata. Jadi, tiap 1 artikel 500 kata seharga Rp25.000. Kalau ditambah per gambar Rp5.000 dan biaya posting Rp2.000.

Maka, untuk 1 artikel + gambar + posting adalah Rp32.000. Jika kamu membutuhkan sekitar 100 artikel untuk membuat pondasi website, maka rentang biayanya akan menjadi Rp3.200.000.

Rentang biaya tersebut bisa berkurang ataupun lebih. Tergantung dari jasa content writer yang kamu dapatkan. Oleh karena itu, beberapa content writer memiliki rate harga berbeda sesuai dengan pengalaman dan kemampuannya.

Rentang biaya content writer di atas diambil berdasarkan rata-rata jasa penulis artikel di dunia digital.

Total Biaya untuk Buat Website Company Profile

Setelah mengetahui apa saja kebutuhan dalam pembuatan website company profile. Pasti kamu penasaran kan sebenarnya berapa sih kira-kira harga website company profile itu?

Secara sederhana bisa kamu lakukan estimasi pembuatan dengan pembiayaan domain, hosting dan juga template. Untuk jenis domain .com, biayanya sekitar Rp135.000 (Rp150.000 termasuk PPN untuk 1 tahun pertama).

Sedangkan untuk hostingnya, bisa pakai hosting Super Star dari Jagoanhosting.com, yaitu Rp45.000/bulan. Jika dikalkulasikan per tahun, maka biaya hostingnya menjadi Rp540.000 (Rp599.400 termasuk PPN).

Template untuk company profile sebaiknya gunakan theme berbayar agar lebih professional. Estimasi biayanya anggap saja $35 jadi sekitar Rp500.000 saja. Untuk plugin WordPress bisa gunakan yang free.

Cek Konten Lainnya:
20+ Contoh Website Bisnis dengan Desain Terbaik

Jika kita rangkum, maka detail biayanya adalah sebagai berikut:

  • Domain Rp150.000 per tahun (register di Jagoan Hosting)
  • Hosting Rp600.000 per tahun (hosting Super Star Jagoan Hosting)
  • Template Rp500.000 sekali pembayaran
  • Plugin menggunakan yang gratis

Total kebutuhan biaya pembuatan website Rp1.250.000. Ini hanya kebutuhan websitenya, belum tenaga atau jasa orang yang membuatnya.

Jika fee pembuatan website berkisar di angka Rp1.000.000, maka total harga website company profile yang kamu keluarkan adalah Rp2.250.000. Biaya tersebut cenderung terjangkau karena kamu sudah terima bersih.

Apalagi untuk pemilihan template, plugin serta desain tentunya dilakukan secara detail. Sehingga, akan menyesuaikan dengan kebutuhan company profile pelanggan.

Penutup

Nah, itulah beberapa perkiraan mengenai harga website company profile dan juga macam kebutuhannya. Dengan analisa di atas, kamu bisa memperkirakan berapa budget yang dibutuhkan untuk membuat company profile sesuai keinginan.

Pastikan untuk membuat konsep terlebih dahulu agar bisa membuat request kepada jasa layanan yang menyediakan. Sediakan juga budget dengan perkiraan di atas.

FAQ

Apakah company profile penting?

Company profile sangat penting karena memiliki fungsi untuk memberikan informasi sebuah perusahaan secara mendetail.

Selain itu, company profile juga bisa dijadikan media untuk meningkatkan awareness pelanggan sehingga menjadi salah satu branding yang menarik.

Mengapa perusahaan ingin membuat website company profile?

Beberapa alasan perusahaan ingin membuat website company profile antara lain untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan, melangkah maju, meningkatkan brand awareness, dan membagikan informasi secara lengkap akurat kepada calon customer.

Selain itu, website company profile juga bisa dijadikan strategi pemasaran yang efektif dan menarik, media untuk memaparkan visi dan misi, memperluas target market dan meningkatkan kepuasan konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Hobi Jualan Online? Kamu Wajib Tahun 5 Cara Terampuh Agar Bisnismu Berkembang Pesat
Maraknya toko online memberikan peluang besar untuk siapapun mengembangkan hobi ataupun karir mereka sebagai pebisnis online. Ada banyak…
template website html dan css
Read More
21+ Template Website HTML dan CSS Gratis
Memiliki website untuk promosi tidak serta merta audiens akan langsung percaya pada bisnismu begitu saja. Mereka juga akan…