10+ Penyedia Email Gratis, Selain Pake Gmail

penyedia email gratis

Lagi mencari penyedia akun email gratis? Kalau iya, pasti kebanyakan akan merekomendasikan Gmail. Penyedia akun email milik Google itu sudah sangat mainstream dan menjadi andalan bagi kebanyakan netizen.

Siapa yang tak kenal email atau electronic mail? Email pada dasarnya adalah surat elektronik yang berperan sebagai pengganti surat fisik. Bedanya, kamu hanya membutuhkan koneksi internet untuk mengirim email, Sob!

Email juga menjadi kebutuhan pokok dalam hal karier dan bisnis karena kamu akan sering menggunakannya selama bekerja. Terlebih, jika ingin membuat akun media sosial, kamu perlu mencantumkan email saat mendaftar.

Deretan Penyedia Akun Email Gratis, Selain Gmail

Jika memikirkan untuk membuat akun email, pasti kebanyakan netizen akan terpikir untuk menggunakan Gmail. Ini bukan tanpa alasan. Layanan email Google ini menjadi andalan karena terhubung dengan ponsel ber-OS Android yang banyak terpakai.

Akan tetapi, Gmail bukan satu-satunya penyedia akun email yang gratis lho. Ternyata terdapat cukup banyak penyedia akun email lho. Beberapa di antaranya tidak kalah populer dari Gmail.

Inilah daftar layanan email gratis selain Gmail bagi kamu yang ingin anti-mainstream.

1. Outlook

outlook email gratis

Bagi pengguna Windows, Outlook mungkin sudah tidak asing lagi. Layanan email tak berbayar milik Microsoft ini memiliki interface yang ramah pengguna dan intuitif. Kamu hanya membutuhkan akun Microsoft untuk mendapatkan email Outlook.

Salah satu keuntungan dari Outlook adalah pengguna dapat menghubungkannya dengan aplikasi milik Microsoft lainnya seperti Skype, Bing, OneDrive dan Office. Kamu juga dapat storage penyimpanan gratis sebesar 15 GB, Sob.

Salah satu fitur menarik dari Outlook memudahkan kamu menyortir setiap pesan berdasarkan kategori dan folder.

2. Yahoo! Mail

yahoomail gratis

Pengguna internet era 2000-an pasti sangat familier dengan Yahoo! Mail. Sebelum Google mendominasi layanan email dengan Gmail-nya, Yahoo! sempat berada di posisi atas sekaligus menjadi primadona bagi pengguna internet.

Cek Konten Lainnya:
Mengenal ROAS, Rumus Cara Hitung dan Tipsnya

Yahoo! Mail memiliki beberapa keunggulan, salah satunya pengguna dapat mengkustomisasi interface baik dari background dan skema warna. Pengguna juga bisa mengimpor kontak dari file komputer, Facebook, Google, dan Outlook.

Ditambah, terdapat fitur melampirkan file dari Dropbox dan mengunduh banyak file sekaligus dalam satu email. Lebih baiknya lagi, Yahoo! Mail menyediakan kapasitas storage 1 TB gratis, Sob.

3. AOL Mail

Salah satu domain email gratis yang tidak kalah populer adalah AOL Mail. AOL sendiri merupakan brand yang terkenal sebagai pionir layanan internet di Amerika Serikat pada 90-an. Tidak mengherankan AOL Mail pernah cukup populer.

Tidak kalah dari pesaing, AOL Mail menawarkan beberapa fitur yang menjadi keunggulannya. Dua di antaranya adalah fitur spelling check khusus bahasa Inggris dan dukungan import kontak berformat CSV, TXT, dan LDIF.

Seperti Yahoo! Mail, AOL Mail menyediakan tema background untuk menghiasi interface. Storage penyimpanan yang tersedia tergolong besar, yaitu 250 GB.

Baca juga: 6 Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik

4. Lycos

Lycos merupakan penyedia search engine yang sempat populer pada era 90-an. Salah satu fitur yang tersedia adalah email. Seperti AOL, popularitas Lycos sudah sangat menurun. Bahkan, search engine ini tidak begitu banyak menyediakan fitur.

Kapasitas storage email gratis yang tersedia oleh Lycos hanya sebesar 500 MB, cukup rendah jika dibandingkan deretan pesaing lain. Namun, jika ingin mendapat pengalaman mengirim email secara klasik, Lycos cocok untukmu, Sob.

5. Mail.com

mail.com gratis

Mail.com merupakan satu lagi penyedia email klasik yang hadir sebelum kemunculan Yahoo!. Ternyata, penyedia email ini memiliki keunggulan mencolok, yaitu kamu bisa memilih domain sendiri.

Saat mendaftar di Mail.com, kamu bisa memilih salah satu dari 200 domain email gratis yang tersedia. Oleh karena itu, kamu tidak akan terbatas dalam mendapat email berdomain seperti @mail.com, @gmail.com, dan @yahoo.com.

Keuntungan lainnya adalah setiap pengguna mendapat storage kapasitas 2 GB. Tersedia pula kalender yang akan membantumu membuat jadwal bisnis.

Cek Konten Lainnya:
5 Alasan Lebih Untung Jadi Developer Apple!

6. iCloud Mail

Siapa sangka ternyata Apple memiliki layanan email-nya sendiri. Benar, Apple menyediakan iCloud Mail khusus untuk pengguna iOS dan MacOS. Artinya, layanan ini dikhususkan bagi pengguna iPhone, iPad, dan Mac.

Tidak kalah dari Gmail dan berbagai layanan email sejenis, iCloud Mail memiliki beberapa fitur menarik. Salah satunya adalah semua email di iCloud Mail akan selalu tersinkronisasi dengan setiap gadget Apple.

Terdapat pula kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB. Fitur menarik lainnya adalah Forwarding yang memudahkan pengguna mem-forward email dari iCloud Mail ke alamat email lain secara otomatis.

7. Yandex Mail

yandexmail gratis

Yandex adalah brand internet asal Rusia yang serupa seperti Google dan Yahoo. Tidak cuma search engine, Yandex memiliki fasilitas email gratis lho, Sob. Faktanya, Yandex berada menguasai keduanya di kalangan pengguna negara asalnya.

Kalau kamu mendaftarkan akun email Yandex, semua fasilitasnya dalam digunakan dengan akun tersebut. Ditambah, kapasitas storage email yang tersedia secara gratis sebesar 10 GB.

Yandex Mail memiliki keunggulan yang serupa seperti aplikasi chat. Kamu bisa melihat apakah email yang kamu kirim sudah dibalas dalam bentuk notifikasi. Lebih uniknya lagi, kamu bisa membuat alamat email berdomain situsmu sendiri, Sob.

8. ProtonMail

Jika kamu lebih nyaman dengan privasi, ProtonMail bisa menjadi pilihan. Penyedia email ini memiliki dukungan enkripsi keamanan, maka hanya kamu dan penerima yang bisa membaca sebuah isi email.

Berkat fitur keamanan yang canggih, pihak ProtonMail sendiri tidak bisa mengetahui isi setiap email kamu. Kamu juga bisa menetapkan expiration date hingga 28 hari yang akan menghapus otomatis email-mu.

Ada satu lagi fitur unggulan dari ProtonMail, yaitu Link Confirmation. Fitur ini berfungsi untuk mendapatkan notifikasi jika kamu akan membuka sebuah link yang terselip di sebuah email.

9. TutaNota

ProtonMail bukan satu-satunya penyedia email yang mengandalkan fitur keamanan. TutaNota tentu saja akan cocok denganmu jika ingin merasakan kenyamanan penuh privasi. Namun, TutaNota memiliki fitur berbeda dari ProtonMail.

Fitur tersebut terlihat saat kamu mendaftarkan alamat email. Pasalnya, TutaNota memiliki standar keamanan password tinggi lho, Sob. Kamu hanya bisa mendapatkan alamat email dari TutaNota jika password-mu sudah kuat sesuai standar.

Cek Konten Lainnya:
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Pilih Cloud Hosting!

Fitur unggulan lain adalah signature email untuk membubuhkan tanda tangan di email.

10. Zoho

Bagi kamu yang bergelut sebagai freelancer, Zoho menjadi layanan email gratis yang cocok. Bahkan, kamu bisa membuat email dengan domain sendiri di Zoho secara gratis, Sob.

Zoho memiliki interface sederhana dan bersih sehingga tidak begitu merepotkan. Fitur unggulannya adalah Stream yang memudahkan kamu mengirim email pada beberapa penerima seakan sedang chatting.

Menariknya, Zoho menyediakan fitur keamanan terenkripsi, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan spam.

11. 10 Minute Email

Terakhir, 10 Minute Email merupakan layanan email yang sangat berbeda daripada yang lainnya. Sesuai dengan namanya, akun email yang kamu buat di 10 Minute Mail hanya bertahan selama 10 menit sebelum terhapus otomatis.

Lebih baik lagi, kamu tidak perlu akun dan password untuk menggunakannya. 10 Minute Email akan memberi alamat email sementara secara acak. Ini bisa menjadi andalan jika kamu ragu dengan sebuah website yang masih diragukan keamanannya.

Butuh Email Pake Domain Sendiri?

email bisnis

Untuk bisa membuat email pake domain sendiri kamu bisa pakai layanan dari Jagoan Hosting untuk memenuhi kebutuhan email bisnis atau perusahaanmu.
Caranya sangat mudah hanya dengan mengunjungi halaman Email Bisnis Murah hanya mulai Rp 20,000/bulan

Penutup

Itulah daftar layanan email gratis selain Gmail jika kamu ingin anti-mainstream. Layanan email manakah yang cocok untukmu. Pada akhirnya, semua tergantung kebutuhan kamu, Sob.

Kamu hanya perlu melakukan sign up setelah masuk ke official website dari penyedia akun email-email free tersebut. Usahakan untuk memilih penyedia akun email yang menyediakan fasilitas terlengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
analisis pasar
Read More
Apa itu Analisis Pasar? Tujuan, Metode & Langkahnya
Analisis pasar adalah langkah penting yang harus dilakukan sebelum mulai menjual produk. Sebagai langkah krusial, kita bisa mengetahui…
cara mendapatkan uang dari blog
Read More
7 Cara Mendapatkan Uang dari Blog dengan Mudah, Yuk Coba!
Bagi kamu yang suka blogging, wajib banget tahu cara mendapatkan uang dari blog untuk menambah penghasilan. Selain menjadi…