Apa Itu Yandex? Fitur, Kelebihan & Kekurangannya

yandex

Yandex adalah salah satu mesin pencari yang populer di dunia saat ini. Popularitasnya pun tidak main-main bahkan mampu bersaing dengan search engine raksasa lain seperti Google, Yahoo, Baidu, dan Bing. 

Beberapa negara yang menggunakan Yandex adalah Rusia,Ukraina, Turki, hingga Kazakhstan. Di Indonesia, pengguna search engine ini pun semakin tinggi. Hal ini tidak terlepas dari adanya fitur menarik yang bisa kamu gunakan. 

Lantas, apa saja kelebihan, kekurangan, serta fitur yang ada di mesin pencari ini?  Berikut adalah informasi lengkapnya. Simak sampai akhir yuk!

Apa Itu Yandex? 

yandex adalah

Yandex adalah sebuah mesin pencari atau search engine yang merupakan buatan Rusia. Lebih tepatnya, Yandex NV adalah perusahaan raksasa dari Rusia yang memang memfokuskan layanan mereka pada bidang internet. 

Istilah Yandex sendiri merupakan singkatan dari Yet Another Indexer. Cara kerjanya sangat mirip dengan Google. kamu bisa menggunakan mesin ini untuk mencari informasi berdasarkan suatu kata kunci di internet. 

Meski begitu, ada satu hal yang membedakan search engine ini dengan para pesaingnya. Pembedanya terletak pada teknologi location based search yang membuat hasil pencarian akan menyempit berdasarkan lokasi pengguna. 

Misalnya, kamu menggunakan mesin ini di Rusia, maka hasil yang muncul akan lebih relevan dengan negara tersebut. Jadi meski ada 2 orang yang mencari keyword yang sama, tapi hasilnya bisa berbeda jika lokasi dari dua orang itu berbeda. 

Inilah yang membuat hasil pencarian jadi lebih spesifik. Selain itu, Yandex juga sering menjadi pilihan search engine untuk mencari informasi yang tidak bisa Google tampilkan. Ini juga yang menjadi asal muasal dari Yandex dalam bahasa gaul. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu SSD NVME? Definisi dan Perbedaannya dengan SATA

Banyak pengguna internet yang kini sering menggunakan istilah “Aku mau Yandex!”.  Artinya, orang tersebut akan menggunakan search engine Yandex. Tujuannya mencari informasi yang tidak bisa mereka temukan di Google. 

Sejarah Yandex 

sejarah yandex

Sejarah dari search engine yang satu ini bisa kamu telusuri sejak tahun 1990. Saat itu, Arkady Borkovsky dan Arkady Volozh mendirikan suatu perusahaan kecil yaitu Arkadia.Intelligent Projects. 

Fokus dari perusahaan ini adalah pada pengembangan software MS-DOS yang berguna untuk menelusuri teks Alkitab. Selain itu, juga bisa digunakan untuk klasifikasi paten dan barang. 

Kemudian pada tahun 1993, perusahaan ini bergabung dengan Comptek Internasional. Mereka akhirnya meluncurkan program pencarian terbaru. Inilah yang menjadi awal dari Yet Another Indexer atau yang saat ini populer sebagai Yandex.

Pada tahun 1997, barulah program tersebut memiliki domain resmi berupa www.yandex.ru. Dari sinilah berkembang Yandex secara luas seperti yang bisa kamu lihat sekarang. Mulai dari Yandex Mail, Yandex Disk, Yandex Browser, dan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Yandex 

kelebihan dan kekurangan yandex

Dalam implementasinya, mesin pencari ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan tersebut: 

1. Kelebihan Yandex 

Ada beberapa hal yang membuat mesin pencari ini unggul. Inilah beberapa kelebihan tersebut: 

a. Fitur Tergolong Lengkap 

Salah satu kelebihan dari Yandex adalah fiturnya yang terbilang lengkap. Dengan mesin ini, kamu bisa mengakses banyak informasi dengan mudah dan cepat. Mulai dari mencari gambar, video, translate bahasa tertentu, dan lain sebagainya. 

b. Hasil Pencarian yang Spesifik 

Karena berdasarkan lokasi pengguna, informasi yang mesin ini tampilkan juga lebih spesifik dan relevan. Sangat bermanfaat jika kamu membutuhkan data yang relevan dengan lokasi pencarian. 

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu Bug? Penyebab, Jenis & Cara Mengatasinya

c. UI (User Interface) Sederhana 

Satu hal yang juga membuat search engine ini unggul adalah tampilan interfacenya yang sederhana. Jadi meski kamu baru saja akrab dengan mesin ini, tidak akan sulit menggunakannya karena sama mudah dengan Google atau yang lainnya. 

d. Hasil Pencarian Bahasa Rusia yang Lebih Akurat 

Karena memang berbasis Rusia, mesin pencari ini memiliki kelebihan dari segi bahasa. Yandex bisa memberikan informasi pencarian bahasa Rusia yang jauh lebih detail daripada search engine lainnya. 

2. Kekurangan Yandex 

Meski memiliki kelebihan, search engine ini tetap memiliki kekurangannya tersendiri. Berikut adalah beberapa kekurangan tersebut: 

a. Web Crawler Belum Terlalu Canggih 

Pertama, teknologi web crawler dan algoritma yang ada pada Yandex belum secanggih Google. Jadi meski bisa menampilkan informasi terkait dengan lokasi, tapi ada juga informasi yang kurang relevan. 

b. Belum Lengkap 

Kekurangan lain dari search engine ini adalah database informasi yang masih belum terlalu lengkap. 

c. Bahasa Default 

Salah satu kekurangan terbesar dari Yandex adalah bahasa default program yang menggunakan bahasa Rusia. Jadi jika akan menggunakannya, kamu perlu melakukan konfigurasi ulang agar bisa digunakan sesuai kebutuhan. 

d. Waktu Pencarian 

Tidak hanya itu, waktu pencarian dari search engine yang satu ini juga terbilang lebih lambat daripada yang lain. Inilah yang membuat pengguna harus menunggu lebih lama agar informasi yang dicari bisa muncul. 

Fitur Yandex

Dari segi fitur, search engine yang satu ini terbilang menarik dan juga lengkap. Mulai dari browser, disk, money, DNS, dan lain sebagainya. Inilah ulasan lengkap dari fitur tersebut:

  1. Yandex Browser: ini adalah sebuah fitur yang bisa kamu gunakan untuk mencari informasi. Dimana cara kerjanya mirip seperti Google dengan memasukkan kata kunci tertentu. 
  2. DNS: saat menggunakan Yandex, kamu akan mendapatkan fitur DNS publik yang bisa digunakan secara gratis. 
  3. Disk: selain browser dan DNS, kamu juga akan mendapatkan fitur penyimpanan cloud storage. Dimana cara kerjanya sangat mirip dengan OneDrive maupun Google Drive. 
  4. Connect: search engine yang satu ini juga menyediakan fitur Connect B2B yang bisa digunakan untuk konektivitas jaringan internet 
  5. Money: ini merupakan sebuah fitur pembayaran digital yang bisa kamu gunakan untuk mentransfer uang dengan pengguna lain. Gratis tanpa adanya biaya tambahan apapun. 
  6. Mail: mirip seperti Google Mail dari Google, kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mengirimkan email secara gratis tanpa batasan. 
  7. Yandex Translate: Yandex pun memiliki fitur terjemahan yang bisa kamu gunakan untuk mengartikan bahasa lain secara online. Cara kerjanya sangat mirip dengan Google Translate. 
  8. Taxi: lewat fitur ini kamu bisa terhubung dengan layanan jasa transportasi taxi yang ada di Rusia. 
  9. Yandex Images: lewat fitur ini kamu bisa mencari informasi yang nantinya hasil penelusuran hanyalah berupa gambar. Cukup masukkan kata kunci saja dan hasil berupa gambar pun bisa kamu dapatkan. Mirip dengan Google Images. 
  10. Yandex Video: selain gambar, ada juga fitur video yang membuat kamu bisa mencari kata kunci tertentu dengan hasil penelusuran berupa video. 
Cek Konten Lainnya:
Mengenal Apple Developer Academy, Ada 2 di Indonesia!

Penutup 

Dari informasi ini, bisa kamu ketahui bahwa Yandex adalah sebuah mesin pencarian atau search engine buatan Rusia yang populer. Cara kerjanya mirip dengan Google, Bing, Baidu, dan Yahoo. 

Search engine ini memiliki kelebihan yang membedakannya dengan yang lain yaitu teknologi location based search. Dari segi fitur, juga tidak kalah lengkap mulai dari gambar, video, DNS, disk, money, dan lain sebagainya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
data warehouse adalah
Read More
Data Warehouse: Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Komponen
Data warehouse adalah sistem penyimpanan data yang umumnya dipakai oleh perusahaan-perusahaan dalam mengelola data berjumlah besar agar lebih…
cloud provider indonesia
Read More
Inilah Cloud Provider Indonesia Terbaik
Cloud Provider merupakan perusahaan yang memberikan layanan cloud computer. Nantinya, provider akan memberikan akses kepada perusahaan klien berbasis…