Intip Tips Sukses para Wanita yang Sukses Membangun Startup

wanita indonesia pendiri start up

Tahun 2015 adalah tahun dimana dunia teknologi dan bisnis terus bersaing meraih hati para pemula untuk mau mencoba masuk ke dalam dunia startup. Baik pria maupun wanita, semua orang bersaing untuk bisa menjadi yang paling disukai di bidangnya masing-masing. Di Amerika sendiri, hampir 30% dari pendiri bisnis adalah seorang wanita, dan mereka mampu mempekerjakan hampir 8 juta pekerja.

Mungkin bagi sebagian besar orang, belum sepenuhnya mempercayai bahwa wanita juga memiliki kemampuan yang setara atau bahkan lebih dari pria. Di beberapa bidang, wanita lebih unggul untuk menjadi seorang pemimpin sebuah perusahaan. Nah, kini bagi Anda yang ingin mendirikan sebuah bisnis dan masih minder karena Anda adalah wanita, cobalah baca tips di bawah ini:

1. Temukan lebih dulu passion Anda

nilamsari babarafi
Nilamsari Babarafi via maxmanroe

Siapapun dia, ketika sudah memutuskan akan mendirikan sebuah bisnis tentu harus tahu apa yang akan dilakukan. Apakah mengikuti trend, menuruti passion diri atau melakukan keduanya. Bagi wanita yang ingin mendirikan bisnis, penting juga mengetahui dan menemukan apa passion yang ada di dalam diri mereka.  Sebab inilah yang akan membuat mereka terus bersemangat dan tidak mudah bosan dalam bekerja.

2. Pilih jalan bisnis yang sesuai dengan tujuan Anda dalam berbisnis

Leonika Sari, pendiri Reblood
Leonika Sari, pendiri Reblood

Selanjutnya, Anda harus memastikan apakah Anda akan bekerja paruh waktu untuk menambah penghasilan utama, bekerja penuh waktu dalam membangun bisnis atau yang lainnya. Benar memang tidak ada aturan khusus bagi Anda yang mau mendirikan bisnis sendiri. Tapi dengan mengetahui tujuan awal, Anda akan lebih fokus. Apalagi bagi Anda yang juga memiliki peran lain sebagai seorang Ibu rumah tangga.

Cek Konten Lainnya:
Yakin Kamu Orang yang Sangat Terorganisir? Di Sini Mana yang Kamu Banget

3. Pisahkan kehidupan pribadi dengan pekerjaan

Fransiska Hadiwidjana
Fransiska Hadiwidjana via prelo.co.id

Meskipun banyak wanita yang memilih untuk mengarungi kehidupan berumahtangga di usia muda, tapi tidak sedikit dari mereka yang masih juga ingin bekerja, berinovsi dan bahkan berprestasi. Tidak ada yang salah dengan hal ini, sebab siapapun mereka, mereka berhak untuk menggapai cita-cita bukan? Nah, yang terpenting adalah bagaimana mereka mampu memisahkan dan membedakan mana kepentingan pribadi dan kepentingan pekerjaan mereka. Dengan begitu semuanya akan berjalan beriringan dengan sangat baik.

4. Rangkullah teknologi

Nabilah Alsagoff
Nabilah Alsagoff, Pendiri DOKU via techinasia.com

Di era teknologi seperti ini tidak ada yang bisa berkembang tanpa bantuan dan dukungan teknologi bukan? Yap, Teknologi berperan penting dalam pengaplikasian ide-ide briliant para wanita di seluruh dunia. Banyak pula contohnya, wanita kreatif yang sukses membangun bisnis dengan teknologi sebagai medianya.

5. Tentukan apa merek Anda

Windy Natriavi (L) and Dayu Dara Permata (R)
Windy Natriavi (L) and Dayu Dara Permata (R) via techinasia.com

Menyenangkan memang membangun semuanya sendiri dan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tapi tentu kita harus memastikan apa merek bisnis yang akan digunakan. Merek inilah yang akan kita bawa sampai tujuan kita. Bahkan merek inilah yang akan membawa kita dikenal di seluruh dunia. Unik? menarik? bermanfaat? Yap, minimal ketiga inilah syarat penting untuk membangun sebuah merek.

6. Perluaslah koneksi Anda

Diajeng Lestari
Diajeng Lestari via wanitaindonesia.co.id

Yang terakhir adalah tentang koneksi Anda. Jika ingin bisnis dikenal banyak orang, tentu saja hal yang harus Anda lakukan adalah dengan memperluas koneksi bisnis Anda. Bisnis yang hanya disimpan tanpa dipromosikan dan diperkenalkan ke khalayak ramai, tentu tidak akan mampu mendapatkan perhatian dari banyak orang. Tentu ini berlaku untuk wanita yang mendirikan startup. Selain harus banyak belajar tentang membangun sebuah bisnis, mereka juga harus mau aktif memperkenalkan bisnisnya ke dunia luar.

Cek Konten Lainnya:
Dari Bahan Sederhana, Barang UMKM Lokal Ini Sangat Layak Go Online

Nah, dari sinilah para wanita bisa menjadi pendiri bisnis yang sukses di masa kini dan bahkan di masa depan. Tidak ada lagi batasan siapa dan bagaimana seseorang dinilai mampu mendirikan dan sukses membangun bisnis mereka. Bukan lagi masalah gender, semua hanya tentang tekad dan ketekunan dalam belajar dan bekerja.

 

Bagi Anda, kaum hawa yang memiliki semangat dan ingin seperti mereka, tidak perlu khawatir. Anda bisa bergabung bersama dengan orang-orang seperti di atas di acara ini >> http://joy.beon.co.id/pwnasional2016

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Tunggu Dulu Jangan Sembarangan Melabeli Diri Anda Entrepreneur
Read More
Tunggu Dulu! Jangan Sembarangan Melabeli Diri Anda Entrepreneur Muda Sebelum Baca Ini!
Dunia penuh sesak dengan label entrepreneur. Banyak orang mengakui dirinya sebagai seorang entrepreneur. Tak jarang bahkan yang menjadikan…
project management vs product management
Read More
Project Management vs Product Management, Apa Bedanya?
Project Management vs Product Management – Di dalam sebuah perusahaan, terdapat berbagai macam jabatan yang mempunyai job desc-nya…