Tak Cukup Skill Public Speaking Saja, Pitchdeck Jadi Sarana untuk Menceritakan Solusi Startupmu

Tahun 2017 merupakan tahun dimana calon startup berlomba untuk segera meluncurkan produk mereka ke pasar, dan melihat masyarakat dapat merasakan manfaat dari produk mereka. Tapi tahukah kamu? Jika membangun sebuah startup bukan perkara ide dan sekedar eksekusi yang maksimal. Tapi Bagaimana produk yang bermanfaat itu dapat dipasarkan dan digunakan oleh masyarakat luas.

Salah satu caranya adalah dengan menciptakan sebuah pitchdeck atau persentasi yang baik dan dapat dipahami oleh calon pengguna produk kita. Pitchdeck merupakan sarana kita untuk menjelaskan apa dan bagaimana produk kita dapat menyelesaikan masalah di masyarakat. Berbagai model pitchdeck bisa dipelajari dari beberapa perusahaan ternama seperti Facebook, Buffer, LinkedIn dan masih banyak lagi.

Pitchdeck bukan slide persentasi dengan jumlah yang sangat banyak, dengan penjelasan yang amat panjang, tapi pitchdeck yang baik adalah yang mampu menjelaskan kepada calon pengguna bahkan investor dengan data dan tanpa panjang lebar.

Beberapa pitchdeck di link ini bisa jadi inspirasi kita untuk membuat persentasi untuk startup kita.  Beberapa calon startup perlu memperhatikan bagaimana data dan penjelasan startup mereka mampu ditampilkan kepada calon pengguna atau bahkan investor dengan baik dan tidak membosankan.

Menurut M. Mifathul Huda, CEO Inagata yang mengisi materi seputar Pitching kepada peserta 1000 Startup yang sudah melewati tahapan Bootcamp, pada hari Rabu, 26 April 2017 yang lalu mengatakan “Branding itu penting, tapi jangan membuat orang bosan dengan penjelasan yang mengecoh”. Sebab ada kalanya untuk menarik perhatian, startup akan menggunakan dan bahkan menambahkan atribut yang bahkan tidak membuat calon pengguna mau melihatnya. Seperti warna background yang tidak sesuai, jenis font yang sedikit “alay”, sampai pada gambar atau tambahan yang berlebihan lainnya.

Cek Konten Lainnya:
Yuk Cek 9 Tools Wajib Developer Android Ini!

Pastikan pitchdeck yang akan menjadi jalan untukmu menarik perhatian calon investor bisa menyampaikan informasi dan pesan dengan benar, tanpa memberikan atribut yang berlebihan. Nah, salah satu materi yang disampaikan dan digembleng oleh para Mentor di event Bootcamp Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah materi bagaimana membuat pitchdeck yang baik dan bagaimana menyampaikan atau pitching yang baik pula.

Gerakan Nasional 1000 startup Malang sudah akan memasuki tahapan Incubation. Tapi tidak satupun peserta dari 8 tim yang lolos dapat beristirahat dengan tenang. Karena setiap harinya mereka harus berinovasi dan menunjukkan progress dari startup mereka. Ini menjadi ajang bagi mereka membuktikan bahwa solusi yang mereka tawarkan bisa benar-benar mampu meringankan beban masyarakat.

Nah, setelah ini akan ada batch ketiga Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Malang. Kami tunggu partisipasi dan kontribusi kalian, wahai ANAK MUDA penuh ide dan inovasi yang dapat menyelesaikan permasalahan di Kota Malang melalui dunia digital. Segera daftarkan dirimu di 1000startupdigital.id.

Kami akan membantu kamu untuk bisa mewujudkan ide penuh solusi untuk Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Hukum Sosial Media untuk Bisnis Online
Read More
PENTING! Ini 8 Hukum Sosial Media untuk Bisnis Online
Memanfaatkan kekuatan sosial media untuk menjalankan bisnis merupakan solusi yang sangat hebat. Sosial media akan memudahkan kita meningkatkan…
bisnis sepi pelanggan
Read More
3 Cara Mengatasi Bisnis Sepi dari Pelanggan
Hidup itu sepertinya mudah, kalau tau caranya. Namun pada kenyatannya banyak pengusaha yang mengeluh karena penjualan tidak naik…