Hai, Sob! Kamu pasti sudah nggak asing dengan keberadaan online shop yang kini merajalela di berbagai macam platform, ‘kan? Mulai dari media sosial hingga e-commerce, semuanya memberikan wadah bagi para pebisnis, khususnya yang berkecimpung di bidang UMKM. Dengan kemudahan transaksi secara online yang kini lebih diminati oleh masyarakat karena dinilai lebih praktis, menjadikan para pebisnis online berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaiknya, salah satunya dengan memanfaatkan otomasi online shop.

Mungkin sebagian dari kamu masih asing ‘ya mendengar istilah yang satu ini? Namun, bagi para pebisnis, memanfaatkan peluang berjualan dengan adanya otomasi di online shop mereka, memberikan banyak keuntungan dan tentunya lebih menghemat waktu serta tenaga.

Seberapa Pentingnya Sih?

Untuk kamu yang belum mengetahui apa itu otomasi, pengertian dasarnya adalah merupakan penerapan sistem teknologi untuk melakukan proses monitoring (memantau) sebuah kegiatan yang dilakukan secara online, mulai dari awal hingga akhir.

Sistem ini dimanfaatkan pebisnis untuk monitoring jalannya produksi usaha mereka, baik dalam bentuk barang (product) maupun jasa (service). Semuanya dapat terpantau dengan baik dan tidak perlu bersusah payah untuk melakukan pendataan satu per satu secara manual.

Terlebih lagi jika online shop tersebut mempunyai pesanan dengan jumlah yang banyak, maka untuk menghemat tenaga dalam proses monitoring supaya memastikan setiap proses berjalan dengan lancar, adanya otomasi dirasa penting jika dilihat dari efisiensi waktu dan biaya yang digunakan.

Kelebihan Otomasi Online Shop

otomasi online shop

Meskipun masih banyak pengelola online shop yang mengandalkan proses secara konvensional, akan tetapi tidak ada salahnya untuk memanfaatkan teknologi dengan menerapkan sistem ini.

Jika ada cara yang lebih mudah, kenapa harus memilih cara yang sulit?

Sudah banyak sekali brand besar internasional yang memanfaatkan sistem otomasi untuk mempermudah bisnis mereka, sebut saja seperti perusahaan di bidang fashion, yakni Hermes dan e-commerce Amazon. Jadi, apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh otomasi pada sebuah bisnis?

  1. Mampu Mengukur Perkembangan Bisnis

Adanya otomasi menjadikan pebisnis lebih mudah untuk mengukur seberapa besar perkembangan online shop yang telah dijalankan. Mulai dari total pendapatan dari transaksi penjualan produk hingga komentar dari para pelanggan, semuanya dapat dirangkum secara real time.

  1. Peningkatan Sistem Integrasi yang Cepat

Bisnis yang dijalankan secara tekun pasti akan mencapai fase perkembangan dan mengharuskan pebisnis melakukan expanding (perluasan) bisnis dengan membuat toko baru. Gunanya adalah untuk memenuhi kebutuhan target penjualan yang semakin luas.

Maka dari itu, memanfaatkan otomasi online shop dapat meningkatkan sistem integrasi secara cepat, sehingga sistem dapat dengan mudah melakukan proses pendataan pesanan dari pelanggan dari toko yang berbeda-beda dalam satu waktu.

Hal tersebut menjadikan para pelanggan tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk hingga akhirnya pesanan mereka diproses. Terlebih lagi jika ada pertanyaan atau complain, sistem akan memberikan notifikasi untuk melakukan respon dari komentar yang diberikan pelanggan terhadap online shop.

  1. Meminimalisir Human Error 

Terjadinya human error menjadi hal yang lumrah terjadi saat melakukan pekerjaan. Maka dari itu, penggunaan otomasi di online shop akan meminimalisir kesalahan sekaligus membantu tugas para pekerja supaya lebih cepat dan akurat.

Ternyata, memanfaatkan otomasi online shop mempunyai banyak keuntungan untuk para pebisnis ya, Sob? Untuk kamu yang membutuhkan rekomendasi Cloud Hosting terbaik, Jagoan Hosting menyediakan layanan Hosting murah Indonesia berupa Cloud Hosting yang dapat menjadikan website kamu performanya lebih tangguh dan respon server nya pun juga lebih cepat!

Kalau kamu tertarik untuk memulai bisnis dan mengandalkan website terbaik, Jagoan Hosting solusinya! Dengan layanan “Paket Toko Online Murah”, kamu sudah bisa mendapatkan template WordPress premium beserta dengan Cloud Hosting dan Domain, loh! Untuk informasi lebih lengkapnya terkait layanan yang satu ini, bisa banget klik di sini sekarang juga.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like