Dalam dunia pemrograman, banyak cara mudah yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan. Istilah seperti algoritma pemrograman dan struktur data sudah tidak asing lagi bagi programmer jika membahas solusi untuk masalah-masalah program.

Jika data structure sudah baik, masalah kompleks dapat diselesaikan sehingga ini akan berpengaruh pada efisiensi algoritma. Dapat dilihat bahwa data structure memiliki peran yang krusial.

Lalu, apa itu struktur data? Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak penjelasan lebih lanjut dalam artikel berikut ini!

Pengertian Struktur Data

Jadi, apa itu struktur data? Struktur data adalah cara untuk menyusun dan mengatur data ke dalam format khusus yang disediakan oleh komputer.

Data structure juga berfungsi untuk mengatur, memproses, menyimpan juga mengambil kembali  dengan cara yang cepat dan lebih efektif. Intinya, struktur data adalah cara yang memudahkan untuk mengambil dan membuat data. 

Kemudahan ini juga dikarenakan adanya teknis pada data structure yang tersusun dengan baik. Mulai dari kolom yang memiliki angka, simbol, huruf dan format lainnya. Bagi seorang programmer, struktur data adalah salah satu komponen penting untuk membuat suatu program.

Sedangkan menurut data science, struktur data adalah cara untuk memperbarui, mengelola, dan melakukan indeks layanan pada internet secara efektif dan efisien. 

Struktur data adalah cara yang juga banyak digunakan oleh data science, hal ini dikarenakan algoritma mampu memfilter dan mengurutkan data dalam jumlah besar. Susunan dalam data structure dipengaruhi oleh tiga hal penting yaitu, pointer, alamat memori, dan prosedur.

Masing-masing komponen dalam data structure ini akan dijelaskan lebih lengkap di bawah ini. 

  • The memory address merupakan elemen data mentah yang tetap dari fitur atau fungsi yang diinginkan
  • Pointer adalah bagian dari struktur data yang mewakili lokasi alamat memori
  • Prosedur merupakan kode dalam bentuk tertulis yang berfungsi untuk memanipulasi dan membuat fungsi berbeda-beda di dalam struktur, melalui cara otomatis atau manual. 

Baca juga: Big Data: Karakteristik, Cara Kerja, Pentingnya untuk Bisnis

Jenis Struktur Data

Data structure memiliki beberapa jenis dan fungsinya, berikut penjelasannya.

1. Vector 

Vector adalah salah satu jenis struktur data yang bersifat homogen. Hal ini berarti vector memiliki elemen dan tipe yang sama. Tipe data tersebut memiliki format numerik, integer, karakter, kompleks dan logis.

2. Matrix

Jenis struktur data berikutnya adalah matrix. Matrix memiliki fungsi untuk menyimpan data yang disimpan dalam bentuk terorganisir yaitu, bentuk baris dan kolom.

Matrix juga biasanya digunakan untuk grafik komputer dalam bentuk tiga dimensi ke layar dua dimensi dengan bentuk array.

Jenis struktur data ini juga sebagai representasi dari baris dan kolom untuk mempertahankan data yang homogen atau disebut juga dengan array dua dimensi. 

3. Array

Jenis struktur data berikutnya adalah array. Array adalah data structure yang bersifat mendasar dan ditentukan oleh jenis elemen data yang berurutan. Array bisa memiliki panjang yang tetap atau diubah ukuran sesuai dengan kebutuhan. 

Jenis struktur data ini berfungsi untuk memungkinkan elemen data tetap sama dan menggunakan indeks bilangan bulat yang berfungsi untuk menjadi petunjuk dan prosedur.

Petunjuk ini biasa digunakan untuk rumus matematika atau untuk menghitung data tertentu. Sebagai salah satu jenis struktur data, array sangat bagus untuk mengakses data yang dihasilkan dalam bentuk acak. 

4. Series 

Series merupakan jenis struktur data yang berfungsi untuk menyimpan jenis data apapun, seperti, integer, string, float, objek python, dan lain sebagainya. 

5. Data frame 

Data frame memiliki label dua dimensi dengan jenis kolom yang berpotensi berbeda. Data frame ini dapat dianggap sebagai spreadsheet, data frame menerima berbagai jenis input seperti, dikte dari ndarrays 1D, daftar, dikte, atau seri, 2-D numpy.ndarray, Seri A, dan frame lainnya. 

Baca juga: Apa Itu Pseudocode? Yuk Kenali Ciri-Ciri dan Cara Membuatnya

6. Table

Jenis struktur data table memiliki peran penting untuk menemukan informasi yang diperlukan. Table berfungsi untuk mengunci masing-masing data. Sehingga dengan table, bisa mencari dan mendapatkan data yang lebih efisien. 

7. Factor 

Factor digunakan sebagai untuk mengambil sejumlah nilai yang diambil dari objek data yang digunakan untuk membuat kategori data dan menyimpan dengan berbagai level.

Factor bisa menyimpan data dengan nilai integer dan string, sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai kolom dengan jumlah nilai unik dan bersifat terbatas. 

8. List 

Jenis struktur data berikutnya adalah List. Apalagi jika digunakan untuk python dalam pembuatan proyek. Setiap item di dalam List dilengkapi urutan identifikasi yang unik. 

9. Dictionary

Dictionary adalah jenis struktur data berikutnya. Biasanya jenis ini memiliki satu set kunci dan setiap kunci memiliki satu nilai terkait. Dictionary juga dimanfaatkan untuk mencari nilai dengan cepat. 

10. Tuple

Jenis struktur data yang terakhir adalah Tuple. Memiliki fungsi yang terbatas, karakteristik Tuple adalah tidak dapat dimodifikasi, ditambahkan, atau dihapus setelah dibuat.

Daftar pada Tuple didefinisikan dengan memakai tanda kurung dan dilengkapi dengan elemen yang dipisahkan dengan koma.

Baca juga: Data Warehouse: Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Komponen 

Contoh Struktur Data

Contoh struktur data adalah mesin pencari (search engine). Dengan mesin pencari kita bisa menemukan contoh struktur data. Namun, data structure yang paling umum digunakan untuk mesin pencari adalah Array.

Mesin pencari biasanya akan menyimpan halaman web yang terkait dengan pencarian dalam bentuk Array. Setiap kita melakukan pencarian maka akan ditampilkan berbagai hasil terkait pada mesin pencari dengan bentuk Array. 

Contoh struktur data berikutnya adalah Playlist. Playlist menggunakan data structure dalam bentuk List. Biasanya playlist ditemukan pada aplikasi streaming musik, dan dibuat secara algoritma untuk mendapatkan playlist yang terputar otomatis.

Playlist mengikuti garis linear, biasanya juga terdapat penunjuk sebelum (previous) dan berikutnya (next) yang memungkinkan pengulangan tanpa restart manual. 

Manfaat Struktur Data

Data structure menjadi salah satu cara yang penting bagi pemrograman. Data structure juga memiliki banyak manfaat terutama untuk belajar pemrograman. Berikut ini adalah beberapa manfaat struktur data yang perlu kamu tahu, Sob! 

  1. Data structure bisa digunakan untuk membuat perintah dalam bahasa pemrograman dengan mudah. 
  2. Memudahkan untuk menyimpan dan mengatur data menjadi lebih efisien, rapi dan terorganisir. 
  3. Bisa digunakan untuk memberikan informasi dengan cepat dan mudah, serta bisa dilakukan antar aplikasi. 
  4. Meningkatkan efektivitas dan kualitas terhadap algoritma. 
  5. Menjadi solusi untuk masalah coding agar lebih cepat dalam menemukan error. 
  6. Mengatur sumber daya dan layanan pada sistem. 
  7. Bisa digunakan untuk mengindeks objek yang disimpan dalam database. 
  8. Meningkatkan kecepatan dalam melakukan pencarian karena data structure memiliki indeks. 
  9. Mengelola dan menyimpan data pada seluruh data penyimpanan (big data) sehingga terjamin kualitas dan kapasitasnya dapat ditingkatkan. 

Demikian penjelasan mengenai data structure dan jenisnya, Sob! Pada intinya, struktur data adalah hal penting dalam pemrograman yang tujuannya untuk mengatur data agar lebih mudah dan cepat saat digunakan. 

Masih ada banyak istilah penting dan menarik untuk diketahui seputar dunia pemrograman. Kamu bisa baca informasi tersebut dalam artikel lainnya di blog Jagoan Hosting!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like