10+ Manfaat Blog (Bisnis, Pembelajaran & Kehidupan Sehari-Hari)

manfaat blog

Manfaat blog sangat beragam mulai dari menambah kemampuan menulis, membuat koneksi, komunitas, dan bahkan juga bisa menambah penghasilan. Platform blog adalah salah satu yang memiliki banyak keuntungan.

Memang benar pada jaman serba online sekarang ini berbagai media seperti video, sosial media, website, termasuk juga blog memiliki banyak keunggulan. Perubahan kehidupan menuju dunia maya sudah tidak terbantahkan.

Kamu mulai harus menguasai berbagai skill  internet karena akan sangat bermanfaat. Misalnya saja blogging. Siapa yang akan mengira dengan membuat website dan menulis dalam laman online bisa menghasilkan uang.

Metode ini juga penting untuk mengasah berbagai kemampuan sehingga bisa menjadi media untuk berbagi konten. Selain itu juga bisa sebagai arsip karya pribadi sehingga bisa menjadi portofolio di kemudian hari. 

Manfaat Blog dalam Kehidupan Sehari-Hari 

contoh business blog

Blogging memiliki beragam manfaat utamanya untuk kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya membuat kamu lebih produktif, merekam informasi berharga, dan lain sebagainya. 

Dan inilah manfaat blog untuk kehidupan sehari-hari:

1. Membantu Pengembangan Diri

Mungkin kamu masih belum berpikir tentang bisnis atau mengambil keuntungan dari blogging Sob. Akan tetapi, manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari membuat blog adalah bisa membantu pengembangan diri.

Setiap manusia pastinya memiliki ketertarikan tersendiri terhadap suatu topik. Hal inilah yang membentuk pribadi menjadi memiliki karakter yang khas. Blog akan membuat hubungan antara pengetahuan dan juga pemikiran penulisnya.

Blog juga tidak hanya merupakan tulisan yang terdiri dari paragraf, kata, ataupun quote. Manfaat blog adalah membentuk cerminan dari cara pandang penulis terhadap suatu masalah atau tema yang sedang dibahasnya.

Cek Konten Lainnya:
10+ Contoh Website Event dengan Konsep Desain Terbaik

2. Membangun Komunitas

blog komunitas

Membuat sebuah blog akan memberikan kamu wadah untuk bercerita dan menuangkan berbagai permasalahan, pemikiran, atau topik tertentu yang ada pada kepalamu.

Dengan kata lain juga bisa dikatakan sebagai wadah untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui pembaca. Mungkin banyak penulis yang akan merasa bahagia dan senang ketika bisa menyelesaikan sebuah tulisan dan mendapatkan pembaca.

3. Menganalisa Trend Terbaru

Setiap masa pasti memiliki trend dan juga kesukaan dari pembacanya. Termasuk juga berbagai topik tertentu. Mungkin ada blog yang banyak mengundang pembaca, begitu juga dengan yang tidak.

Hal ini bisa menjadi salah satu ajang kemampuan untuk bisa menganalisis tren terbaru saat ini. Sehingga, nantinya kamu bisa meningkatkan traffic dan juga pembaca. Tentunya hal ini bermanfaat kedepannya jika ingin melakukan monetisasi.

4. Membuat Personal Branding

website portofolio

Manfaat blog adalah untuk bisa membuat personal branding. Kamu bisa memanfaatkan berbagai jenis platform untuk membuat branding seperti layaknya portofolio atau CV.

Hal ini tentu bermanfaat bagi kamu yang ingin mendapatkan proyek, melamar kerja, atau lainnya. Misalnya kamu seorang arsitek, maka bisa membuat berbagai jenis karya, artikel tentang arsitektur, dan juga proyek-proyek yang pernah ditangani.

Manfaat Blog dalam Pembelajaran 

blog pendidikan

Pembelajaran atau pendidikan juga bisa menggunakan sarana dan media blog. Misalnya ada berbagai artikel, penjelasan, termasuk juga contoh soal untuk bisa menjadi bahan ajar bagi siswa.

Berikut ini sejumlah manfaat blog untuk pembelajaran:

5. Promosi Lembaga Belajar

Mungkin kamu memiliki sebuah lembaga kursus bahasa, matematika, atau yang lainnya. Dengan adanya blog maka promosi lembaga mungkin untuk kamu lakukan. Kamu bisa membuat blog yang berisikan kursus gratis atau berbayar, artikel, dsb.

Berbagai informasi penting lainnya seperti tips dan trik belajar, materi yang sering keluar saat ujian, atau lainnya bisa kamu tulis disini. Lama kelamaan blog ini bisa menjadi salah satu bisnis menarik.

6. Menambah Skill Menulis untuk Siswa dan Guru

Dalam dunia belajar, mungkin bisa membuat format menarik antara guru dan siswa yang mengisi materi dalam blog. Misalnya guru bahasa Indonesia memberikan tugas menulis kepada siswa melalui blog.

Cek Konten Lainnya:
9+ Template Website Portal Berita Online Siap Pakai

Hal ini tentunya bisa menambah skill menulis bagi siswa. Selain itu guru juga bisa menulis untuk memberikan materi bagi siswa. Adanya kebiasaan membaca dan menulis akan menambah manfaat  penggunaan blog.

7. Meningkatkan Berpikir Kritis dan Analitis

Dalam membuat blog tentunya siswa akan banyak menulis. Secara tidak langsung hal ini akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir kritis dan analitis. Saat menulis tentunya harus memiliki kemampuan menganalisis masalah.

Dalam melakukan analisis tentunya akan lebih baik memiliki cara untuk berpikir kritis sehingga bisa melihat permasalahan lebih jernih. Selanjutnya siswa bisa menjelaskan apa yang ada pada pikiran mereka dengan menulis.

8. Pantauan untuk Orang Tua Siswa

Mungkin blog bukan hanya interaksi antara siswa dan guru saja. Asalkan memiliki akses, orang tua bisa memantau anaknya mengerjakan suatu hal di sekolahnya. Adanya blog ini sangat bermanfaat bagi orang tua juga.

Selain guru di sekolah, orang tua juga bisa memberikan stimulus kepada anaknya saat mengerjakan tugas sekolah atau menulis artikel. Selain aktivitas sekolah tentunya tambahan diskusi di rumah bisa mendukung pembelajaran.

Manfaat Blog untuk Bisnis 

blog bisnis

Selain bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dan juga pembelajaran, blog juga memiliki manfaat untuk bisnis apabila kamu mengetahui triknya Sob. Kuncinya adalah memiliki konsistensi dan mau belajar tentang monetisasi akun.

9. Memperlebar Jangkauan Pemasaran Produk

Membuat blog bisnis tentunya akan memberikan sebuah promosi menarik tentang produk atau jasa yang kamu jual. Mungkin kamu sudah memiliki pangsa pasar sendiri terkait dengan bisnis tersebut. 

wordpress blog

Dengan adanya blog, maka kamu bisa memperluas pangsa pasar dimana orang yang tidak membeli produk-mu mungkin akan ikut membaca dan mencari tahu. Bukan tidak mungkin bahwa kedepannya mereka bisa menjadi salah satu konsumen potensial.

Kamu bisa mulai bikin blog untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan pilih Hosting Murah Terbaik yang didukung Plugin WordPress Premium yang sangat cocok untuk Blog.

Cek Konten Lainnya:
22+ Contoh Desain Website Keren untuk Dijadikan Inspirasi
domain

Selain hosting, kamu juga perlu Domain untuk identitas websitemu, Jagoan Hosting juga menyediakan Domain Murah yang bisa kamu dapatkan mulai 130rban.

10. Meningkatkan Traffic ke Website

meningkatkan traffic

Setiap orang yang ingin memaksimalkan manfaat dari blog utamanya untuk tujuan bisnis, maka akan berusaha untuk meningkatkan traffic ke websitenya. Caranya tentu dengan banyak melakukan posting artikel.

Artikel yang termuat juga harus memiliki kaidah SEO sehingga muncul pada halaman awal mesin pencari. Dengan meningkatnya traffic, kedepannya akan semakin banyak pembaca maka iklan bisa masuk ke dalam web kamu.

11. Mengerti Keinginan Pelanggan

Dengan menulis blog untuk tujuan bisnis, maka kamu akan mendapatkan statistik mulai dari preferensi pelanggan hingga menentukan analisis strategi bisnis selanjutnya. 

Blog merupakan sebuah alat berbasis internet yang lengkap dengan berbagai aplikasi canggih. Tentunya hal ini bisa menganalisis kebutuhan pelanggan dari segala kelompok usia dan gender.

Manfaat menulis blog sangatlah besar mulai dari pengembangan diri sendiri sampai dengan mendatangkan pendapatan. Untuk itu kamu bisa mulai menulis apapun tujuan dan alasannya.

12. Menjadi Ahli dalam Satu Bidang yang Digeluti

Dengan membuat blog, kamu bisa menjadi ahli dalam salah satu bidang atau niche blog tertentu. Misalnya saja dalam dunia tulis menulis dan SEO tentunya si pengembang blog akan mengetahui teknik ini dari hulu ke hilir.

Mulai dari menyiapkan tulisan hingga infrastruktur dan pengelolaan blog. Selain itu juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan pembaca, bahkan mendapatkan pendapatan dari blog.

Penutup

Berbagai manfaat blog telah dibahas secara detail. Kamu mulai bisa melakukan penulisan blog dengan berbagai tujuan. Mungkin jika belum berpikir ke arah bisnis, bisa langsung memulai terlebih dahulu Sob.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Beginilah Algoritma Instagram dan Manfaatnya untuk Bisnis Online (Part 1)
Kamu yang saat ini sedang menjalankan bisnis online dengan banyak platform sosial media, maka Instagram sudah pasti kamu…
platform blog
Read More
15+ Platform Blog Terbaik yang Sering Dipakai
Memilih platform blog yang bagus menjadi langkah awal yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi blogger maupun content…