Nextcloud: Fitur, Fungsi dan Kelebihannya

nextcloud

Melakukan penyimpanan data saat ini menjadi semakin praktis berkat adanya software cloud storage. Lebih mantapnya lagi kini pun sudah tersedia software yang memberikan kamu ruang pribadi untuk menyimpan semua datamu tanpa perlu berbagi dengan siapapun.

Software tersebut salah satunya adalah nextcloud yang merupakan pembahasan utama dalam artikel ini 

Apa Itu Next Cloud ?

nextcloud

Nextcloud adalah sebuah software yang memampukan kamu melakukan pencadangan atau penyimpanan semua data secara online.

Di sini kamu tidak berbagi dengan siapapun sehingga kendali seutuhnya berada di tanganmu. Bebas kamu mau menentukan seperti apa dan di mana suatu data akan kamu simpan.  

Kurang lebih cara kerjanya mirip dengan tools cloud storage yang sudah ada sebelumnya seperti dropbox maupun google drive. 

Namun tentu saja fungsi nextcloud tidaklah sebatas menyimpan atau membagikan file. Kamu pun dapat melaksanakan beberapa fungsi yang lain yaitu :

  • Mengatur kalender
  • Melihat event yang terjadi
  • Melakukan panggilan ke user lain 
  • Melihat email, 
  • Mendapatkan notifikasi dari sosial media yang terhubung seperti Twitter dan Reddit. Selain itu turut terhubung dengan developer tools seperti GitHub dan Zammad.

Fungsi-fungsi  nextcloud  tersebut nantinya akan lebih dalam lagi pembahasannya pada saat  nanti kamu memasuki poin mengenai fitur. 

Fitur Utama Nextcloud

Berikut merupakan fitur-fitur yang nextcloud miliki sebagaimana penjelasan dari website resminya  : 

Cek Konten Lainnya:
Tips Instal Wordpress dengan Caddy di CentOs 7

1. Nextcloud Files 

Fitur yang memberikan akses secara mudah untuk membagi ataupun mengolaborasikan file dari manapun dan kapanpun. Semua itu dapat kamu lakukan tanpa perlu khawatir terjadi  kebocoran data karena kontrol seutuhnya adalah milikmu. 

Selain itu keamanan semakin terjamin karena kamu mendapat proteksi dari password yang kuat, perlindungan dari ransomware , dll.

Nextcloud files  pun semakin mantap karena memiliki integrasi secara mendalam. Hal yang memungkinkan kamu mengakses data dari FTP, Windows Network Drive, SharePoint, NFS, Object storage, dan lain-lain. 

Konfigurasi dan integrasi yang terjadi di sini relatif sederhana. Dengan demikian dapat mengurangi biaya dan risiko sambil mengoptimalkan investasi TI yang sudah ada.

2. Nextcloud Talk

Sebuah fitur yang akan menjaga setiap pembicaraan dan pertemuan yang kamu adakan terjaga privasi dan keamanannya. Proteksi keamanan fitur ini berikan melalui menu berbagi layar dan SIP yang terintegrasi. 

Berdasarkan hal-hal itu kamu seharusnya tidak perlu khawatir bila terjadi kebocoran data pada server. Semua yang ada dalam sistem sudah terjamin standar operasional prosedur kepatuhan  dan perlindungannya. 

3. Nextcloud Groupware

Fitur yang memampukan software yang satu ini menjalankan fungsi integrasi kalender, kontak, email, dan lain-lain. Hal yang sangat berguna ke depannya untuk membantu tim bekerja lebih cepat dan mudah. 

Disebut mudah berkat fleksibilitas software yang developer telah buat agar bekerja dengan efisien dan user friendly bagi tim berukuran kecil maupun besar.

Tidak lupa juga tentunya data-data timmu pasti terproteksi dengan baik karena  kalender, daftar kontak, dan email  tersimpan hanya pada infrastruktur saja. Dengan begitu mencegah pihak manapun mendapatkan akses. 

Terkait masalah fleksibilitas, kamu pun tidak usah khawatir  karena fitur terintegrasi dengan  berbagai sistem operasi seperti iOS, Android, macOS, Windows, Linux, Outlook dan Thunderbird. 

4. Nextcloud Office

Fitur yang sudah pasti cocok dengan sistem kerja sekarang buat kamu yang bekerja kantoran dari mana saja atau yang lebih dikenal dengan WFH. Tools pengeditan yang tersedia relatif lengkap dan kompatibel dengan berbagai format file.

Cek Konten Lainnya:
Belajar Machine Learning dalam Pengolahan Data, Ini Panduannya

 Di sisi lain fitur keempat berikut juga mempunya berbagai kelebihan yang lain seperti : 

  • Rendering WYSIWYG Dengan Akurasi yang Tinggi

Dokumen muncul persis seperti yang akan kamu cetak berkat akurasi yang tinggi. Jadi kamu tidak perlu sampai merasa kecewa karena ternyata hasil cetak tidak sesuai keinginan. 

  • Data Sepenuhnya Dalam Kendalimu

Data tetap berada di server setiap waktu. Hanya  konten yang sudah menjalani proses rendering yang dikirimkan ke browser, bukan dokumen aslinya. Jadi kebocoran data pun lebih terminimalisasi potensinya. 

Kelebihan dan Kekurangan

Sebelum kamu memutuskan menggunakan nextcloud sebagai cloud software pribadimu, pertimbangkan dulu kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut: 

Kelebihan Nextcloud

Kontrol Penuh Atas Data

Software dapat kamu instal pada server pribadi atau cloud dengan tujuan supaya kamu memperoleh kontrol penuh dan ruang yang lebih privasi. 

Keamanan Tinggi

Nextcloud menyediakan fitur keamanan yang canggih seperti pengaturan akses, autentikasi dua faktor, dan pemantauan aktivitas untuk mengamankan data dan file yang disimpan.

Enkripsi

Menyediakan dukungan enkripsi end-to-end untuk file dan data yang disimpan, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengamankan file dan data pribadi mereka dengan mengenkripsi file sebelum di-upload ke server Nextcloud.

Kolaborasi file

Menyediakan fitur kolaborasi file yang memungkinkan pengguna untuk bekerja pada file yang sama secara real-time. Tujuannya agar kolaborasi dan komunikasi terjalin lebih mudah.

Integrasi Aplikasi 

Memungkinkan integrasi dengan aplikasi lain seperti Office Online, G Suite, dan Slack. Tujuannya agar pengguna untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dengan mengintegrasikan aplikasi yang digunakan dalam satu platform.

Open Source

Menggunakan lisensi open source yang memungkinkan untuk dikembangkan dan digunakan secara bebas serta dapat kamu modifikasi sesuai kebutuhan

Cek Konten Lainnya:
10 Cara Membuat Video Animasi, Mudah Diikuti Oleh Pemula!

Dukungan Komunitas 

Jika kamu masih awam dengan software ini maka tidak perlu repot-repot mencari segala sesuatunya sendiri. Alasannya karena terdapat  komunitas aktif yang selalu siap membantu.

Kekurangan Nextcloud

Ketergantungan Pada Server

Kinerja software sangat bergantung pada kinerja server yang kamu gunakan. Apabila server tersebut mengalami masalah, maka software secara otomatis mengalami masalah.

Konfigurasi yang Cukup Rumit

Nextcloud cukup rumit untuk di konfigurasi, terutama jika pengguna tidak memiliki pengalaman dengan sistem server.

Performa yang Bergantung Dengan Kapasitas Server 

Performa Nextcloud akan bergantung pada kapasitas server, jika kapasitas server terbatas maka performa Nextcloud juga akan terbatas.

Memerlukan Keterampilan Teknis

Software satu ini memerlukan keterampilan teknis yang cukup untuk diinstal, di konfigurasi dan dikelola. Kemampuan untuk mempunyai pemahaman teknis semakin terasa karena maintenance yang juga cukup rumit. 

Itulah tadi pengenalan soal nextcloud, semoga membantu kamu yang saat ini sedang mempertimbangkan ingin memakai cloud storage pribadi. 

FAQ

Bagaimana perbandingan owncloud vs nextcloud, filecloud vs nextcloud ?

Seperti yang sudah paragraf pembuka sebutkan bahwa nextcloud merupakan salah satu dari tools cloud storage. Masih ada jenis lainnya yang kamu sebaiknya juga harus tahu yaitu owncloud dan filecloud. Berikut perbandingan ketiganya dilansir dari filecloud

Hosting Options & Features
On Premise/Self-Hosted
Multi-Tenancy
ServerSync – Sync/backup Local File Server to the Cloud (Extra Cost)
ServerLink – Multi-Site Replication (Extra Cost)
Storage, Sync & Backup Features
Storage Sync
Large File Support, max file size
Supported Local Storage
Storage LimitationUnlimitedUnlimitedUnlimited
Endpoint Backup (Multiple folders)
Cloud Features
File Sharing
Secure Access
Granular Sub Folder Permissions
Team Folders
Free Limited Users
Document Web Edit (Collabora)
Document Web Edit (Office Online Server)
DICOM Medical Images Preview (e.g. X-rays, Scans)

Apakah nextcloud berbayar?

Tidak, setiap orang dapat mengaksesnya secara gratis

Bagaimana cara instalasi nextcloud di Cloud VPS?

  • Download software-nya dahulu 
  • Membuat database mariaDB
  • Membuat apache virtual host nextcloud
  • Mengaktifkan virtual host apache
  • Instal di cloud VPS
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
skill project management
Read More
9 Skill Project Manager yang Wajib Dikuasai!
Project management memang menggiurkan. Siapa yang mau memegang tugas ini? Sayangnya, tugas yang diemban nggak sesederhana yang kita…
domain forwarding
Read More
Apa Itu Domain Forwarding? Ini Pengertian & Cara Settingnya
Domain forwarding adalah metode bermanfaat untuk memudahkan akses ke situs yang kamu targetkan. Dengan melakukan forwarding pada domain,…