Membahas tentang bagaimana teknologi sudah sangat berkembang dengan hadirnya NVMe sebagai media penyimpanan data yang sangat handal. Tidak kalah penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana HDD beralih ke SSD dan SSD bertransformasi menjadi NVme.

Mungkin Anda tahu jika sebuah HDD hanya terbatas melayani sekitar 100 IOPS acak, karena mekanik latency. Dan sebuah SATA SSD hanya mampu mencapai hingga 70ribu IOPS. Dan untuk aplikasih yang membutuhkan 10K IOPS setidaknya harus ada 100 HDDs yang akan digunakan, tetapi ini cukup dengan 1 SATA SSD saja. Jauh lebih hemat dari segi biaya dan konsumsi daya.

Screenshot from 2016-07-25 11:14:15

Namun, nyatanya SSD dengan kemampuan yang besarpun belum mampu melayani kebutuhan masyarakat ke depannya. Hingga NVMe atau Non Volatile Memory Express diciptakan dan digunakan saat ini untuk SSD.

Screenshot from 2016-07-25 11:14:44

Kecepatan memori baik akses baca kisaran 50 microsecond dan di kisaran 1 milisecond untuk akses tulisnya. Teknologi NVMe memungkinkan desain SSD yang sangat cepat berdasarkan fast memory, latency yang rendah untuk interface PCIe, dan kinerja tinggi CPU multicore di sisi host.

Lalu apa saja manfaat NVM Express?

Beberapa manfaat yang akan telah diuncapkan oleh situs web NVM Express seperti:

  1. Peningkatan kinerja karena hambatan SATA yang telah dihapus
  2. Julah perintah yang tidak terbatas, sebab NVMe bisa memberikan manfaat yang ada dari semua sumber daya NandFlash paralel
  3. Manajemen antrian
  4. Serial bus lebih cepat dengan multi jalur
  5. Konsumsi daya berkurang baik dari jalur PCIe dan NVMe, keamanan terjamin menurut Trusted Computing Group OPAL

Yang paling terasa perbedaannya adalah kemampuan NVMe dalam melayani lebih banyak antrian data. Jika SATA hanya sanggup melayani 1 perintah dengan 32 antrian dalam 1 waktu, maka NVMe bisa melayani 64.000 perintah dengan 64.000 antrian dalam satu waktu. Bisa terbayang bukan bagaimana sibuknya data yang harus dilayani oleh NVMe? Ya, tapi NVMe mampu melayani dengan sangat baik. Bahkan NVMe mampu menerima beberapa perintah lebih dari satu inti prosesor, dan bisa memprioritaskan permintaan.

Bahkan, berikut inilah hasil grafik perbandingan antara Hardisk, SSD dan NVMe:

perbedaan HDD, SSD dan NVMeNah, kini apakah Anda sanggup membayangkan, bagaimana jika NVMe ada di dalam komputer Anda? Atau setidaknya ada di dalam server hosting website Anda? Dengan berbagai proses atau perintah yang diberikan, NVMe mampu menyajikan berbagai data dengan sangat cepat. Termasuk membuat pengunjung Anda terbelalak dengan kecepatan akses website Anda.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like