Punya skill bahasa pemrograman seperti Java, Ruby, C, dan Phyton? Ingin meraih lebih banyak peluang dengan menjajakan jasa kamu? Wah, bisa banget, Sob! Kamu bisa menawarkan jasa kamu dan terlibat dalam banyak proyek di masa depan. Biar makin banyak yang ngajakin kolaborasi bareng, kamu wajib punya portofolio yang keren. Carilah cara buat portofolio online yang mampu memikat calon pengguna skill kamu. Buat mereka terpikat dengan skill pemrograman yang kamu tunjukkan di portofolio. Buat mereka tau kalau kamu adalah seorang programer handal yang punya banyak pengalaman. Ingin tau cara buat portofolio online yang menarik dan bisa mendatangkan banyak proyek buat kamu? Simak lima poin di bawah ini!

cara buat portofolio online dengan mudah
gambar dari unsplash

Memilih platform portofolio online

Hal pertama yang perlu kamu lakukan jika ingin membuat portofolio online adalah memilih platform yang akan kamu gunakan. Kamu bisa memanfaatkan website sebagai platform portofolio online. Website adalah platform yang paling banyak digunakan untuk membuat portofolio online. Salah satu platform website yang paling digemari adalah wordpress. Platform ini menyediakan banyak perangkat pendukung untuk membuat portofolio online yang menarik dengan cara yang mudah.

Membuat domain portofolio online

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mendaftarkan domain. Kamu bisa menggunakan dua tips ini:

  1. Pilih ekstensi yang banyak disukai. Ekstensi yang sampai saat ini sangat orang suka adalah (dot)com. Akan lebih baik jika memilih ekstensi ini untuk domain kamu.
  2. Ciptakan nama domain yang menjual. Nama domain seperti apa yang menjual? Nama domain yang menjual adalah nama domain yang bisa menggambarkan diri kamu dan skill yang akan kamu tampilkan. Buat kamu yang mau menunjukkan skill di bidang pemrograman, ada baiknya mencantumkan kata “pemrograman” atau “programer” di nama domain kamu.

Untuk mempermudah prosesnya, kamu bisa membeli domain untuk portofolio online. Sedikit lagi, website kamu akan segera siap. Lanjutkan pada tahap berikutnya dan cara buat portofolio online jadi terasa lebih mudah.

Gunakan web hosting

Membuat domain saja tidak akan cukup. Sebaiknya kamu menggunakan layanan web hosting biar website portofolio online kamu bisa berjalan dengan lebih maksimal, Sob. Terdapat beberapa jenis web hosting yang bisa kamu pilih. Mulai dari shared hosting hingga jenis wordpress hosting khusus untuk pengguna wordpress. Untuk permulaan, kamu bisa menggunakan layanan web hosting yang sederhana. Setelah pengunjung website kamu lebih ramai, kamu bisa meningkatkan layanan web hosting yang digunakan.

“Jual” diri kamu

Cara buat portofolio online yang menarik adalah dengan “menjual” diri kamu dalam portofolio tersebut. Beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat isi portofolio online yang menjual adalah sebagai berikut:

  1. Ceritakan diri kamu dengan jujur. Kamu bukan cuma perlu mencantumkan hasil karya kamu, tapi juga sekilas data diri kamu.
  2. Kamu bisa mencantumkan beberapa bahasa pemrograman yang jadi keterampilan kamu
  3. Tunjukkan karya terbaik kamu
  4. Tampilkan proyek terbaik yang pernah kamu kerjakan. Sebisa mungkin cantumkan proyek paling bergengsi yang pernah kamu ikuti
  5. Buat visualisasi yang menarik
  6. Cantumkan penilaian positif dari klien-klien sebelumnya
  7. Pancing mereka untuk menghubungi kamu saat itu juga

Optimasi website portofolio online yang sudah dibuat

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah optimasi website yang kamu gunakan. Proses optimasi harus kamu lakukan secara bertahap. Kamu bisa melakukan beberapa teknik optimasi seperti Search Engine Optimization (SEO). Hasil dari kegiatan optimasi ini juga baru bisa kamu lihat dalam kurun waktu yang bertahap. Optimasi ini perlu dilakukan untuk menjaga kunjungan orang ke portofolio online kamu.

Langkah-langkah cara buat portofolio online di atas bisa kamu terapkan sekarang juga. Jangan lupa untuk memilih penyedia layanan pembuatan domain dan  web hosting terbaik untuk portofolio online kamu. Coba lihat penawaran Jagoan Hosting dan pertimbangkan baik-baik penawaran yang kami berikan. Kami yakin, tawaran kami sangat cocok buat para Sobat sekalian.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like