10+ Contoh Website UMKM dengan Desain Terbaik

contoh website UMKM

Pentingnya website untuk UMKM tidak dapat diabaikan dalam era digital. Adanya kehadiran website menjadikan pelaku usaha bisa mendapatkan pelanggan secara potensial. Karena itu, contoh website UMKM ini dapat kamu jadikan referensi.

Beberapa website yang dimiliki oleh pelaku UMKM juga tergolong unik, tapi tetap memperhatikan fungsional dari website. Selain itu, tidak lupa mereka menyelipkan nilai dari masing-masing merk.

Contoh Website UMKM

Website sebagai platform yang kini semakin populer, membuat pelaku usaha mulai melirik untuk menjadikannya sebagai lading berjualan. Bahkan, terdapat banyak para pelaku bisnis kecil menengah UMKM yang sukses dalam berjualan secara daring melalui website.

Berikut ini beberapa contoh dari website UMKM yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Batik Amarillis

batik amarilis

Batik Amarillis adalah produsen batik Indonesia yang telah mendunia. Website mereka memamerkan produk jualan batik dengan desain yang cantik dan kaya warna. Model batik yang mereka tawarkan sangat trendy hingga fashionable.

Selain itu, kamu juga akan menemukan dengan mudah terkait produk batik yang diminati. Mulai dari kategori batik untuk jenis Outers, T-shirt, Tops, Dress hingga Accessories.

Adanya pembagian untuk setiap jenis ini memberikan kesan yang semakin praktis bagi pengunjung dalam mencari produk yang mereka inginkan.

Selain itu, untuk tips mempromosikan website UMKM, Amarillis juga membuat konten artikel dengan tema cara merawat hingga proses pencucian produk. 

Hal ini tentunya membantu pelanggan untuk semakin yakin akan kredibilitas merek tersebut.

2. Restoran Sederhana

restoran sederhana

Contoh website UMKM lainnya untuk kamu berjualan produk makanan adalah dari Restoran Sederhana. Pada saat pertama kali mengunjungi website dari Restoran Sederhana, kamu akan disuguhkan dengan gambar terkait menu lengkap padang.

Siapa yang tidak tergoda dengan tampilan gambar tersebut. Terlebih lagi, jika pengunjung memang dalam kondisi lapar. Bisa saja mereka kalap dalam melakukan pembelian online karena pesanannya yang praktis.

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Website E-Commerce: 6 Langkah Jualan Online

Hal ini tentunya bisa kamu lakukan dengan mengikuti contoh website dari Restoran Sederhana tersebut. Mereka memainkan peran psikologis pengunjung untuk mendapatkan penjualan yang maksimal.

3. iPoint

IPoint adalah situs web yang menawarkan koleksi aksesori lengkap yang didedikasikan secara khusus untuk perangkat Apple. Website ini memiliki elemen desain yang menarik berupa tampilan minimalis.

Selain itu, iPoint juga menyediakan berbagai informasi yang berguna bagi pengunjungnya. Berupa ulasan artikel yang menarik terkait gadget, tips dan lain sebagainya.

Komunikasi dengan tim iPoint Store juga sangat mudah dengan pilihan layanan melalui WhatsApp yang mereka sediakan. Kamu hanya perlu menekannya dan secara otomatis akan dihubungkan untuk memulai percakapan melalui aplikasi.

4. Col’Cacchio Pizzeria

Col’Cacchio Pizzeria merupakan contoh situs web dari sebuah restoran pizza. Jika kamu memiliki restoran pizza dan masih mencari inspirasi untuk desain situs website, maka dapat merujuk kepada situs tersebut.

Di sini kamu akan menemukan gambar-gambar dengan ukuran besar dan jelas yang menampilkan menu mereka dengan baik. Selain itu, mereka juga menyediakan opsi pencarian untuk menemukan restoran terdekat untuk melakukan pemesanan.

Selain itu, promosi dan voucher adalah hal yang umumnya disukai oleh pelanggan. Karena itu, Col’Cacchio Pizzeria menawarkan potongan melalui penggunaan voucher atau promosi untuk menarik minat konsumen.

5. Vegan Essentials

vegan essentials

Vegan Essentials menjadi contoh website UMKM lainnya yang menarik untuk toko dengan banyak produk. Penggunaan sistem kategorisasi yang jelas memudahkan pengunjung dalam menemukan produk yang sesuai dengan keinginan mereka.

Salah satu fitur yang sangat menarik di website Vegan Essentials, yakni adanya kemampuan filter. Karena toko ini berfokus pada diet tertentu, memungkinkan pelanggan untuk mencari produk berdasarkan bahan-bahan yang digunakan.

Dari segi desain, Essentials menampilkan elemen yang sesuai dengan identitas merek.

Selain menggunakan skema warna yang menggambarkan nuansa hijau, mereka juga mengintegrasikan elemen dekoratif untuk menampilkan visual yang tampak hidup.

6. Sarah’s Snacks

sarah snacks

Sarah’s Snacks adalah merek makanan sehat yang berasal dari Amerika Serikat. Web ini secara jelas menggambarkan berbagai produk yang mereka tawarkan dan menginspirasi pengunjung untuk mengadopsi pola makan yang sehat.

Cek Konten Lainnya:
Ini Cara Daftar Google News & Tips agar Diterima

Tampilan situs web ini juga menarik dengan penggunaan palet warna cerah. Halaman beranda terlihat sangat efektif dengan rangkaian produk yang mereka tawarkan. Selain itu, Sarah juga menyisipkan teks yang persuasif dan informatif.

Hal ini tentunya sangat penting untuk menarik pelanggan agar memesan produk mereka. Dari segi fungsionalitas, halaman produk mereka dirancang dengan sederhana, tapi tetap praktis untuk pelanggan.

Pelanggan bisa menyaring produk berdasarkan kategori dan mengurutkannya sesuai preferensi. Selain itu, keranjang belanja disediakan di samping daftar produk sehingga memungkinkan pelanggan untuk checkout barang pilihan secara praktis.

7. Carrollwood Florist

carrollwood florist

Kamu memiliki bisnis yang bergerak dalam bidang penjualan bunga atau buket? Jika iya, maka Carrollwood Florist bisa menjadi referensi untuk contoh situs UMKM lainnya. Tampilannya yang teratur memberikan kesan minimalis bagi pelanggan.

Di bagian beranda, terdapat banner yang cukup luas dengan judul besar dan gambar produk utama. Pada banner ini juga terselip copywriting yang semakin memikat untuk pelanggan dalam memilih barang tersebut.

8. Nixon

Nixon menjadi salah satu brand dari jam yang memiliki Unique Selling Point dengan cukup unik. 

Hal ini karena hampir semua teks yang diselipkan tidak lebih dari dua kalimat. Tentunya ini membuat pelanggan cepat dan mudah untuk memahami produk.

Nixon juga memberikan pengelompokan produk yang sangat baik untuk beragam produk. Mereka menyisihkan banyak area kosong di antara elemen yang ada untuk memudahkan pelanggan dalam berselancar di website mereka.

9. Simply Chocolate

Keberhasilan toko online Simply Chocolate dalam hal desain sangat menarik. Meskipun bagi beberapa orang mungkin terlihat tidak biasa, tapi elemen desainnya mampu memberikan tampilan yang unik dan berbeda dari website lain.

10. Back Yard Burger

back yard burger

Back Yard Burger merupakan contoh situs UMKM dari restoran yang mengkhususkan diri dalam penjualan burger. Seperti banyak situs lainnya, mereka juga memanfaatkan elemen grafis untuk meningkatkan tampilan situs web.

Cek Konten Lainnya:
14 Fitur Toko Online Wajib Ada, Bikin Penjualan Meningkat

Selain itu, mereka mencirikan merek mereka dengan penggunaan warna merah yang kuat, yang memudahkan pelanggan dalam mengingat merek burger tersebut.

11. 4 Rivers Smokehouse

rivers smokehouse

Selanjutnya, kita memiliki situs web dari 4 Rivers Smokehouse sebagai contoh situs UMKM. Restoran ini sangat menghargai cita rasa makanan lokal dan tradisional, yang menciptakan identitasnya yang khas.

Di bagian atas situs web, terdapat menu yang lengkap yang mencakup informasi tentang lokasi cabang, menu makanan dan layanan lainnya. Pengguna hanya perlu mengunjungi satu halaman untuk mendapatkan informasi lengkap.

Saatnya Onlinekan UMKM dengan Website

Dekatkan bisnismu dengan pelanggan potensial dan perluas bisnismu secara online!

Cek Ketersediaan Domain dan Pilih Hosting Murah Terbaik dari Jagoan Hosting

Kita semua tahu bahwa langkah pertama dalam mewujudkan bisnis online adalah memiliki website yang andal.

domain untuk UMKM

Dan itu dimulai dengan langkah sederhana: Cek Ketersediaan Domain yang sempurna untuk merepresentasikan bisnismu. Apakah kamu ingin menjadi pemilik domain yang unik dan mudah diingat?

Setelah itu, kamu perlu memilih Hosting Murah Terbaik yang cocok untuk web sekelas UMKM yang dapat menjaga website-mu tetap stabil dan cepat. Di sinilah Jagoan Hosting hadir sebagai solusi yang tepat untukmu sebagai UMKM.

paket hosting murah

Dengan berbagai paket hosting berkualitas, mereka dapat membantumu menjalankan website-mu dengan lancar tanpa merogoh kocek dalam-dalam.

Beberapa contoh website UMKM diatas tentunya bisa kamu jadikan referensi. Kamu juga bisa bikin website UMKM mudah di Jagoan Hosting dengan mulai cek ketersediaan domain dan beli hosting yang terjangkau.

FAQ

1. Berapa biaya untuk membuat website UMKM?

Harga untuk membuat website sendiri relatif terjangkau dan bisa kamu sesuai sendiri dengan kebutuhan.

2. Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam membuat konten website UMKM?

Terdapat beberapa hal yang memang harus kamu perhatikan dalam pembuatan konten website, yakni menentukan target audiens, membuat outline, memperhatikan gaya penulisan hingga memperhatikan struktur SEO konten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Menghasilkan Passive Income
Read More
9 Cara Mudah Mendapatkan Passive Income
Siapa yang tidak mau mempunyai passive income? Passive income adalah pendapatan pasif. Hampir semua orang berharap mereka menghasilkan…
Tools Front End Developer
Read More
15 Tools Front End Developer Terbaik untuk Mempermudah Pekerjaan
Para Front end developer membutuhkan tools yang fleksibel untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan. Dan untungnya, Saat ini banyak…