Setiap profesi pasti memiliki etika profesi yang harus dipatuhi untuk menjaga profesionalisme, begitu juga menjadi seorang web developer. Sebelum membahas apa saja etika profesi web developer, mari kita memahami terlebih dahulu apa sih profesi web developer itu?

Web developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Dalam pembuatan website, tentunya peran web developer ini sangat penting sebagai penghubung dari semua sumber data yang akan digunakan pada website.

Penghubung dari semua sumber data tersebut meliputi, pemanggilan database, membuat halaman website (homepage), seorang web developer juga dituntut untuk memahami dan terbiasa dengan bahasa pemrograman mulai dari sisi server (server-side-scripting) maupun dari sisi client (client-side-scripting).

Nah, dari penjelasan Jagoan Hosting mengenai web developer, apakah profesi ini sudah cukup menarik bagi Anda?

Jika Anda tertarik menjadi web developer profesional, Jagoan Hosting sudah menyiapkan 4 etika profesi seorang web developer yang wajib diketahui dan dipahami agar bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik, simak yuk!

1. Reliabilitas, jadi etika profesi web developer yang pertama

etika profesi web developer
Photo by Windows on Unsplash

Seorang web developer memiliki tanggung jawab yang besar untuk memastikan proyek yang diterimanya dapat diselesaikan dengan baik, serta bisa berkolaborasi dengan programmer maupun web designer.

Jagoan Hosting disini menyarankan seorang web developer bisa membuat perencanaan dengan metode SMART agar proyek bisa terselesaikan tanpa menghabiskan waktu, biaya, serta sumber daya lain yang bisa digunakan. 

2. Bisa menjaga kerahasiaan

Sudah menjadi kewajiban bagi web developer untuk menjaga kerahasiaan untuk menyimpan dan merahasiakan akses kode panel-panel yang digunakan (CPanel, FTP, dll) selama proyek berlangsung.

Hal ini akan mempermudah client jika lupa akses pada panel website yang digunakan. 

3. Memastikan kegunaan website sudah optimal juga salah satu etika profesi web developer yang harus diamalkan

Web developer harus memastikan kegunaan website sesuai dan sudah memenuhi permintaan client dengan menggunakan fitur dan fasilitas pada website.

Etika profesi ini lah, web developer untuk menjamin berjalannya fungsi fitur dan fasilitas. Seorang web developer bisa berkoordinasi juga dengan UI/UX designer untuk menjalani etika profesi ini.  

4. Keberlanjutan website

etika profesi web developer
Photo by Igor Miske on Unsplash

Dalam menjalankan peran ini seorang web developer memastikan dan menjaga keberlanjutan atau eksistensi website. Maka dari itu, seorang web developer harus melakukan pemeliharaan, selalu memperbarui fitur yang interaktif untuk visitor website. Web developer juga bisa bekerjasama dengan seorang web master untuk melakukan optimisasi mesin pencari agar website tetap terjaga eksistensinya.  

Bila melihat kode etik web developer di atas, seorang web developer tidak hanya bekerja sembarangan di depan laptop/komputer dalam menyelesaikan proyek website dari client, web developer wajib mematuhi dan tidak melanggar etika profesinya.

Tindakan yang termasuk dalam pelanggaran salah satu kode etik ini adalah ketika seorang web developer melarikan diri dari tanggung jawab untuk menyelesaikan proyek yang sudah ia terima. Solusinya, jika Anda mengalami kesulitan dalam menyelesaikan suatu proyek, ada baiknya Anda bisa berdiskusi dengan client dan mencari cara penyelesaiannya. 

Jika Anda ingin mulai berkarir atau mengembangkan karir menjadi seorang web developer, Anda bisa memulainya dengan berlangganan produk-produk Jagoan Hosting. Buat website Anda sendiri lebih keren, dengan banyak layanan mulai dari rekomendasi cloud hosting terbaik, server terbaik dan domain pilihan dengan performa yang tangguh dan respon lebih cepat hingga lisensi yang bisa Anda dapatkan dengan harga lebih murah dan tentunya banyak promo lain dari Jagoan Hosting!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like