WordPress vs Blogspot: Perbedaan dan Mana yang Terbaik?

Wordpress vs blogspot

Ketika akan membuat website, yang menjadi pertanyaan adalah mau pakai WordPress atau Blogspot. WordPress vs Blogspot menjadi pilihan sulit apalagi bagi yang masih awam dengan perkembangan blog atau website.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu memang ada perbedaan yang kentara antara keduanya, apa saja?

Mengenal WordPress dan Blogspot

Sebelum tahu perbedaan antara WordPress vs Blogspot ada baiknya mengenal kedua platform ini lebih jauh. Keduanya sama-sama populer dan memiliki fans tersendiri dengan berbagai keunggulannya.

1. WordPress

wordpress

CMS cukup terkenal dan banyak yang menggunakannya adalah WordPress blog. Platform dengan berbagai fitur lengkap untuk membangun segala jenis web mulai dari situs pribadi, forum, web edukasi hingga bisnis.

Fitur dalam WordPress mudah dipelajari sehingga pemula tak masalah menggunakannya. Apalagi golongan advance dalam urusan website, WordPress adalah pilihan terbaik.

Terdapat 2 versi WordPress yaitu .com dan .org. Platform WordPress dapat digunakan secara gratis dengan fitur terbatas. Cara membuat blog di WordPress cukup mudah yaitu dengan membuat akun dan menentukan domain dan subdomain com. 

Kemudian melanjutkan dengan memilih template sesuai kebutuhan dan blog sudah bisa diisi konten. Template pada WordPress banyak pilihannya dan dapat menyesuaikan kebutuhan. Untuk memulai membuat konten juga cukup mudah dipelajari dan praktis.

wordpress blog

Namun, agar lebih banyak fitur unggulan, pengguna bisa menggunakan layanan hosting atau domain yang berbayar.

Kamu bisa dapatkan hosting murah gratis domain yang sangat cocok untuk blog dari Jagoan Hosting dengan hanya mulai 15rb/bulan. Dengan begitu dapat memilih plugin, template dan fitur lain sesuai kebutuhan.

Cek Konten Lainnya:
9+ Plugin Mempercepat Loading WordPress Terbaik

2. Blogspot

blogspot

Blogspot sama populernya dengan WordPress. Kedua platform, Blogspot atau WordPress untuk Adsense bisa saja dilakukan jika memang sudah memenuhi syarat tertentu. Platform Blogspot adalah subdomain gratis yang dimiliki Blogger.

Platform yang muncul pada tahun 1999 ini memiliki nama resmi Blogger tapi banyak yang mengenalnya dengan nama Blogspot. Selanjutnya Blogger berpindah kepemilikan setelah dibeli Google pada tahun 2002.

Secara otomatis, semua fitur terkoneksi oleh Google. Membuat blog menggunakan Blogspot bisa secara gratis dan plugin Blogspot juga lengkap. Jika ingin yang berbayar dapat menyesuaikan nama blog sesuai kebutuhan.

Pada umumnya Blogspot adalah pilihan pemula yang baru mengenal dunia blogging. Fiturnya mudah dipelajari sehingga cocok untuk yang masih awam. Pilihan template ada banyak dan dapat menggunakan sesuai keinginan.

Perbedaan WordPress VS Blogspot Secara Umum

Jika mengamati lebih jauh, banyak sekali perbedaan WordPress dan Blogspot yang bisa menjadi rujukan saat akan membuat website. Untuk lebih jelasnya berikut beda WordPress VS Blogspot dari berbagai sudut pandang.

1. Kepemilikan dan Kontrol

Saat memilih WordPress pengguna dapat kontrol dan kepemilikan secara penuh. Melansir dari laman ithemes WordPress juga bersifat open source untuk memudahkan pengguna melakukan berbagai modifikasi sesuai keinginan. 

Bahkan WordPress membuat pengguna bisa melakukan konfigurasi secara bebas. Sedangkan Blogger karena kepemilikan oleh Google maka pengguna harus taat dan patuh pada aturan yang ada. 

Jika melanggar akan mendapat  peringatan dari Google. Jika pelanggaran berat, website dapat dihapus Google karena tidak sesuai peraturan yang berlaku.

2. Kustomisasi

Platform WordPress memiliki ribuan plugin dan tema yang luar biasa keren dan bisa digunakan untuk membangun web sesuai keinginan pengguna. Jika kreatif dan inovatif dapat membuat modifikasi sesuai kebutuhan dan bisnis.

Cek Konten Lainnya:
6 Plugin Cache Wordpress Terbaik Gratis dan Berbayar

Sedangkan Blogspot lebih terbatas pilihannya sebab tidak menyediakan berbagai plugin. Jika membandingkan dari segi kustomisasi WordPress vs Blogspot bagus mana, tentunya pilihan plugin akan lebih menarik untuk memaksimalkan website.

3. Ruang Penyimpanan

Baik WordPress atau Blogspot memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda. WordPress vs Blogspot, kapasitas penyimpanan WordPress tergantung kebutuhan dan bisa menyesuaikan saat membeli layanan hosting.

Sedangkan khusus Blogspot kapasitasnya mencapai 15 GB. Kapasitas penyimpanan masing-masing pengguna tentunya berbeda apalagi dengan blog personal atau blog bisnis. Dengan besaran kapasitas ini bisa dilihat mana yang lebih menguntungkan.

Namun, sekali lagi tergantung dari kebutuhan pengguna. Jika memang kebutuhannya kecil dapat memilih Blogspot. Jika memang membutuhkan kapasitas besar, WordPress adalah pilihan terbaik.

4. Maintenance

Maintenance sebuah blog atau website sangat penting dan WordPress atau Blogspot memiliki sistem berbeda. Pengguna WordPress tentu tahu jika akses penuh akan web adalah hak pengguna maka harus bertanggung jawab pada maintenance situs.

Caranya dengan rutin melakukan pengecekan bahwa blog aman dari virus atau malware yang membahayakan website. Back up data sangat penting supaya jika terjadi hal yang tidak diinginkan data masih tersimpan dengan aman.

Berbeda dengan Blogspot, maintenance otomatis dilakukan Google sehingga pengguna tak perlu repot melakukan maintenance secara personal. Bagaimanapun juga Blogger dan WordPress merupakan platform dengan berbagai keunikan tersendiri.

Secara umum, Blogspot lebih mudah digunakan daripada WordPress tapi lagi-lagi tergantung pengguna. Sebetulnya masih banyak CMS selain Blogspot dan WordPress yang bisa dipilih hanya saja yang populer dan unggul selama ini tetap kedua platform tersebut.

Tabel Perbedaan WordPress VS Blogspot

Selain perbedaan WordPress vs Blogspot secara umum yang telah disebutkan sebelumnya ada pula beda khusus antara WordPress dengan Blogspot. Selain itu ada perbedaan lain terkait kecepatan hingga keamanannya. 

Cek Konten Lainnya:
Perbedaan WiX vs WordPress, Mana yang Terbaik? 

Agar lebih mudah dipahami, berikut tabel perbedaan WordPress dan Blogspot.

NoPerbedaanBloggerWordPress (free blog)
1HargaGratisGratis + Hosting
2Bisa Pake Hosting Sendiri?Tidak Bisa
3KecepatanBiasaCepat
4Drag & DropTidakBisa
5TemplateBebasBebas
6PluginMinimBanyak pilihan dan bebas
7SEOBiasa atau standarSangat bagus
8Mendukung Ecommerce?TidakYa, Pake thrid party

WordPress dan Blogspot, Mana yang Terbaik?

Menjadi pertanyaan utama saat diminta memilih mana yang terbaik antara WordPress dan Blogspot. Keduanya sama-sama populer dan banyak dipilih pengguna. Jika ingin yang terbaik kembali ke masing-masing kebutuhannya untuk apa.

Penutup

Tetap saja antara WordPress VS Blogspot memiliki perbedaan tetapi tergantung pengguna. 

Jika dirasa Blogspot sangat menarik dan mudah dipahami, bisa memilih Blogspot. Namun, apabila untuk bisnis dengan keamanan cukup tinggi, WordPress menjadi pilihan terbaik.

domain untuk blog

Kedua platform tersebut menyediakan domain gratis yang berakhiran seperti .blogspot atau .wordpress yang menjadikan blogmu kurang kredibel di mata pembaca.

Agar blogmu lebih kredibel, saatnya miliki domain sendiri dan hosting sendiri untuk blog yang lebih mudah dikelola.

Segera miliki domain untuk blogmu di Domain Murah dari Jagoan Hosting, untuk hostingnya bisa cek di Unlimited Hosting.

Namun, kalau kamu udah punya web blogger bisa cek artikel ini untuk proses migrasi Cara Migrasi Blogger Ke WordPress

FAQ

1. Mending WordPress Apa Blogger?

Secara umum, Blogspot cocok untuk pemula dan kontennya tidak membutuhkan sumber daya fitur tambahan. Sedangkan WordPress tepat untuk pengguna yang membutuhkan banyak fitur dengan berbagai pilihan template menarik. 

2. Mengapa Banyak Orang Membuat Blog dengan WordPress?

Alasan utama orang lebih memilih WordPress saat membuat blog adalah banyak pilihan plugin dan tema. Kustomisasi lebih mudah dan memiliki plugin direktori resmi mencapai 54.000 belum ditambah dari developer lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
wp maintenance plugin
Read More
5 Rekomendasi Plugin Maintenance untuk WordPress, Catat!
Bagi pemilik situs berbasis WordPress, menunjukan bahwa sedang ada maintenance website adalah hal mudah. Sebab, bisa menggunakan WP…
woocommerce adalah
Read More
WooCommerce – Fitur, Kelebihan & Tutorialnya
Jika kamu berencana membuat sebuah toko online, WooCommerce adalah salah satu platform yang bisa dijadikan pilihan. Plugin WooCommerce…