8+ Plugin Backup WordPress Terbaik di 2024

plugin backup wordpress

Plugin backup WordPress menjadi salah satu cara yang banyak blogger pilih untuk melindungi situsnya. Namun, pastinya banyak sekali detail yang membutuhkan perhatian dan pertimbangan lebih.

Salah satunya dalam hal menyimpan cadangan pada server situs. Bisa jadi sangat menyita ruang serta sumber daya, sehingga kinerja situs web dapat terpengaruhi.

Apalagi jika penggunaan penyimpanan seperti cloud, tentu biayanya sendiri sangat mahal.

Kamu masih bingung apa itu backup website? Pelajari terlebih dahulu secara detail di artikel ini.

Plugin Backup WordPress Terbaik

Apa saja sih rekomendasi untuk plugin backup pada WordPress bagi blogger? Kamu bisa memanfaatkan beberapa fitur terbaik berikut ini secara aman, antara lain:

1. UpdraftPlus

UpdraftPlus

Plugin cadangan WordPress yang terkenal bagus di pasaran adalah UpdraftPlus. Telah dipercaya lebih dari 3 juta blogger pada situs WordPressnya, bisa kamu jadikan pertimbangan sebagai solusi pencadangan terbaik.

Seperti di layanan hosting di Jagoan Hosting yang menyediakan dengan fitur backup harian semua data hostingmu ada cadangannya, yang dapat kamu restore kapan saja.

Penggunaan versi gratis pun tersedia. Bahkan, pengguna bisa mengatur status pencadangan situs dengan lebih mudah. Baik secara manual ataupun terjadwal, contohnya seperti plugin, database, file, hingga tema.

UpdraftPlus telah didukung beberapa opsi penyimpanan cloud seperti Google Drive, Microsoft Azure, Dropbox, Amazon S3, Microsoft OneDrive, hingga Rackspace Cloud. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengenkripsi database sensitif secara aman.

2. Jetpack

jetpack backup

Selanjutnya, kamu juga bisa mencoba plugin untuk mencadangkan dari Jetpack. Pemanfaatan plugin ini bisa berjalan otomatis di WordPress. Jadi perubahan situs yang dicadangkan saat mogok bisa kamu lakukan hanya dengan satu klik saja.

Jetpack hadir dengan beragam fitur menarik. Mulai dari pemulihan situs dari mana saja, arsip cadangan tidak terbatas, pemulihan meskipun kamu sedang offline.

Cek Konten Lainnya:
5 Rekomendasi Template WordPress SEO Responsive Gratis

Selain itu, juga terdapat dukungan terhadap data pelanggan dan WooCommerce, hingga penyimpanan dari beberapa server luar lokasi.

Untuk biayanya sendiri mulai dari $4,77 per bulan. Jika kamu ingin menggunakan paket lengkap maka bisa memilih rentang harga $47,97 per bulan.

3. BackWPup

backWPup

Apa sih pentingnya melakukan backup website? Backup dapat membantu meminimalisir hilangnya data saat situs eror. Salah satu plugin yang bisa kamu pilih sebagai solusi adalah BackWPup dengan fitur canggihnya.

Fitur ringan pun bisa kamu manfaatkan meskipun aksesnya sangat terbatas. Penggunaan versi premium memungkinkan setiap pengguna untuk mengenkripsi dan menyimpan cadangan pada lokasi penyimpanan seperti Amazon Glacier dan Google Drive.

Keunggulan dari BackWPup adalah bisa melakukan sinkronisasi pada lokasi jarak jauh, terdapat cadangan pada beberapa tujuan pekerjaan, memiliki aplikasi khusus untuk pemulihan darurat, cadangan jalur spesifik, hingga dukungan pelanggan premium.

4. BlogVault WordPress

blogvault

Perlindungan paling ampuh untuk situs dan sangat minim terjadi pembobolan bisa kamu lakukan dengan memilih plugin BlogVault WordPress. Dibandingkan dengan beberapa plugin lain, BlogVault WordPress tergolong murah sekali.

Cara backup WordPress dengan plugin ini pun tidak akan menyusahkan kamu untuk menggunakan cPanel dan phpMyAdmin terlebih dahulu. Karena penanganannya sangat mudah sekali. Bahkan, untuk situs portofolio dengan besar 50 GB.

5. Duplikator Pro

Duplicator Pro menjadi plugin untuk mencadangkan WordPress yang terkenal kuat dan telah diunduh oleh lebih dari 1,5 juta pemilik situs website. Pemanfaatan plugin ini sangat memudahkan proses pencadangan, cloning, hingga migrasi bagi blogger pemula.

Layanan cloud pada Duplikator pro ini cukup banyak, mulai dari Google Drive, FTP, Dropbox, Amazon S3, dan OneDrive. Proses pemulihannya sendiri sangat mudah dan kamu sebagai pemilik akan mendapatkan panduan dari Wizard.

Fitur lain yang Duplikator Pro tawarkan seperti adanya migrasi pada situs tingkat lanjut. Contohnya seperti impor server ke server, penginstalan sederhana, dukungan situs besar, situs pra-konfigurasi, dan beberapa fitur andalan lainnya.

Cek Konten Lainnya:
33+ Tema WordPress Gratis (Pilihan Terbaik) di 2024

Jika kamu ingin menggunakan plugin ini, ada biaya yang perlu dikeluarkan. Mulai dari $49,50 per tahun dengan cadangan tanpa batas, hingga dua situs sekaligus. Namun, jika masih belum ada biaya, kamu bisa menggunakan versi gratisnya terlebih dahulu.

6. BoldGrid

Plugin backup WordPress berikutnya adalah BoldGrid Backup. Proses pencadangan situsnya sangat mudah, bahkan pemulihan untuk situs yang mogok pun terbilang cepat. Sebab, kamu bisa mengatasinya secara otomatis.

Total pemeliharaan dari BoldGird memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk menyimpan arsip cadangan pada dashboard. Tidak hanya itu, penyimpanan jarak jauh pun bisa kamu lakukan seperti SFTP, Amazon S3, dan FTP.

Biaya premium yang perlu kamu keluarga apabila menggunakan BoldGird adalah $2,50 per bulan. Harga tersebut sudah termasuk alat serta layanan BoldGird premium.

7. BackupBuddy

BackBuddy

Bingung mencari plugin backup WordPress yang aman dan terpercaya untuk blog? BackBuddy bisa menjadi salah satu pilihan mengingat popularitas dari plugin satu ini sangat menanjak seiring penggunanya yang terus meningkat.

Pemakaian BackupBuddy bisa membuat kamu melakukan penjadwalan proses cadangan harian, mingguan, hingga bulanan. Meskipun sudah banyak plugin yang menawarkan penyimpanan jarak jauh.

BackupBuddy tidak mau kalah dengan itu, kamu juga bisa menikmati layanan penyimpanan cloud seperti Amazon S3, FTP, Stash, Rackspace, hingga Dropbox. Jika kamu ingin pakai Stash, proses pencadangannya akan ada pada waktu nyata.

Keuntungan jika kamu menggunakan BackupBuddy adalah layanan ini tidak berbasis langganan, sehingga biaya bulanan tidak akan memberatkan. Tetapi, kamu bisa memakai plugin pada situs web yang ada pada paket.

Manfaat yang bisa kamu rasakan apabila menggunakan BackupBuddy adalah akses pada forum dukungan premium, penyimpanan Stash sebesar 1 GB penyimpanan cadangan.

Terlebih lagi ada fitur iThemes Sync yang memungkinkan kamu untuk mengelola 10 situs WordPress.

Dengan 1 lisensi situs, kamu akan dibanderol harga paket dasar yaitu $99. Terbilang murah, jika kamu bandingkan dengan beberapa plugin sejenis lainnya.

8. Backup Clone & Migration

Belum memiliki biaya untuk melakukan pencadangan wordPress? Tenang saja. Sekarang ada Backup Clone & Migration yang dapat kamu akses secara gratis.

Cek Konten Lainnya:
7 Aplikasi Live Chat untuk Website Terbaik

Setelah instalasi, kamu bisa langsung klik tombol buat cadangan jika ingin mencadangkan. Penjadwalan cadangan pun bisa kamu lakukan setiap hari ataupun bulanan.

Migrasi dari plugin ini memiliki beberapa konfigurasi yang mirip dengan versi premium dalam menentukan database seperti cadangan, lokasi, nama file dan beberapa hal penting lain.

Untuk fitur utamanya, kamu bisa memilih penyimpanan lokal, terdapat kontrol yang bisa ditambahkan, kamu bisa migrasi dari situs ke host lain, proses pencadangan dan pemulihan sangat mudah.

Versi gratisnya berbatas ukuran 2GB. Sedangkan, untuk menggunakan versi premium kamu harus mengeluarkan biaya $19,98 selama 6 bulan.

9. WP Database Backup

Terakhir, WP Database Backup bisa menjadi solusi terbaik. Mengingat pemakaiannya membutuhkan waktu kurang dari satu menit saja untuk melakukan konfigurasi plugin.

Kamu juga bisa membuat dan memulihkan cadangan dalam sekali klik saja. Dukungan lokasi penyimpanan yang beragam mulai dari Amazon S3, Google Drive, Email, hingga Dropbox membuat plugin satu ini sangat menarik.

Nah, tunggu apalagi segera temukan plugin backup WordPress terbaik versi kamu untuk menunjang keamanan situs. Selamat mencoba.

Dapatkan Kemudahan Backup Website Pakai Layanan Jagoan Hosting

backup wordpress mudah di jagoan hosting

Siapkan langkah antisipasi untuk mengamankan website WordPress kamu dengan mudah!

Temukan solusi terbaik dengan Cloud Hosting dari Jagoan Hosting.

Dengan layanan kami, kamu bisa mendapatkan:

  • 🌐 Kebebasan untuk meng-upload berbagai jenis file, seperti dokumen, email, musik, video, dan media lainnya.
  • 🛡️ Perlindungan terbaik untuk websitemu dengan backup harian otomatis. Data hostingmu akan selalu memiliki cadangan yang dapat di pulihkan kapan saja.

Jangan biarkan risiko mengancam websitemu.

Lindungi investasi onlinemu dengan layanan Cloud Hosting Terbaik dari Jagoan Hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Plugin Security Wordpress - jagoanhosting.com
Read More
11 Plugin Security WordPress Gratis Buat Websitemu
Keamanan merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam sebuah website. Terutama, apabila website kita menggunakan CMS berbasis…
Read More
Tips SEO WordPress untuk Membangun Bisnis Online
Membangun bisnis online di era digital menjadi lebih mudah, bukan hanya karena banyaknya media yang bisa digunakan, melainkan…