Apa Itu Captcha? Jenis, dan Fungsinya pada Website

captcha adalah

Sebelum login ke sebuah website, mungkin kamu pernah diminta untuk memasukkan kode berupa susunan huruf atau angka. Itulah yang disebut dengan captcha. Sederhananya, captcha adalah suatu sistem keamanan umum yang wajib dimiliki oleh para pemilik website.

Nah sebagai pengguna, apakah kamu tahu fungsi captcha sebenarnya? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini, yuk!

Apa itu captcha?

Arti captcha adalah sebuah fitur keamanan guna memastikan website tersebut diakses oleh manusia, bukan robot. Istilah captcha berasal dari bahasa Inggris yang berarti menangkap dan diciptakan oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper (Carnegie Mellon University) dan Jonn Langford (IBM) pada tahun 2000-an.

Captcha adalah singkatan dari “Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Human Aparts”. Istilah ini mulai digunakan di Carnegie Mellon University tahun 2000 dan terus mengalami perkembangan hingga sekarang.

Cara kerja captcha

Cara kerja captcha adalah dengan memunculkan suatu bentuk verifikasi tantangan tanggapan (challenge response test) pada saat menggunakan komputer untuk mengetahui jawaban tersebut tidak dihasilkan oleh komputer, melainkan manusia.

Proses ini melibatkan suatu server yang meminta pengguna untuk menyelesaikan verifikasi sederhana yang dapat dinilai oleh server tersebut. Pada dasarnya captcha adalah sebuah teknologi sebagai pembeda antara robot dan manusia serta proses verifikasi dirancang agar hanya bisa diselesaikan oleh manusia.

Dalam hal ini kamu harus bisa memecahkan kode tersebut agar dapat mengakses situs yang kamu inginkan. Website yang mengaplikasikan captcha di dalamnya bisa terhindar dari adanya spam.

Contoh penggunaan captcha

Penggunaan captcha diaplikasikan pada berbagai website dengan tujuan untuk memverifikasi bahwa setiap pengguna website bukanlah robot.

Contohnya pada website tes online. Dengan menggunakan captcha, website tes online dapat menghindari oknum supaya tidak menggunakan robot pada saat pengerjaan tes. Dengan begitu hanya peserta yang sah yang dapat mengerjakan tes online tersebut.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu VGA? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tips Memilihnya

Jenis captcha

Di era modern ini banyak sekali jenis contoh kode captcha yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, contoh kode captcha adalah sebagai berikut.

1. Recaptcha google

Kode captcha jenis ini merupakan metode yang paling mudah digunakan oleh pengunjung. Cara kerja recaptcha google adalah dengan meminta pengunjung untuk mencentang kotak dialog kecil bertuliskan “I am not a robot” tanpa harus mengetik apapun.

Kode captcha ini melakukan pelacakan selama pengguna melakukan aktivitas serta mengidentifikasi aktivitas pada saat mengakses halaman apakah seperti manusia atau robot.

Baca juga: Pengertian Firewall, Fungsi, Manfaat Cara Kerja dan Jenisnya

2. Text captcha

Text captcha adalah kode captcha terdiri dari susunan kombinasi huruf, angka, atau simbol yang mengharuskan pengunjung menuliskan kode yang tampil. Namun karena kemudahannya, captcha ini memiliki peluang besar dibobol oleh robot spam.

Ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk membuat text captcha, seperti:

  • Gimpy: dengan menggunakan kata yang berubah-ubah diperoleh dari 850 kata dan ditampilkan secara acak, seperti ditimpa memakai gambar lain yang sedikit transparan.
  • EZ-Gimpy: merupakan variasi dari Gimpy yang menggunakan hanya satu kata.
  • Gimpy-r: menggunakan huruf acak yang kemudian menggunakan penataan yang tidak beraturan lalu ditambahkan gambar yang rancu pada latar belakangnya.
  • Simards HIP: dengan pemakaian huruf dan angka secara tidak beraturan dan tata letaknya pun tidak beraturan, lalu ditambahkan corak dan warna.

3. 3D captcha

3D captcha adalah versi sedikit lebih sulit dari text captcha karena text yang ditampilkan berupa gambar 3D. Kode captcha ini lebih meyakinkan dengan tingkat kesulitannya tersebut.

4. Picture recognition captcha

Picture recognition captcha adalah kode captcha berbasis gambar dan merupakan  perkembangan dari text captcha. Pengguna diminta mengenali gambar yang tertera seperti gambar pemandangan, foto, elemen grafis dan lain-lain.

Dalam hal ini kode captcha gambar menjadi masalah bagi penyandang tuna netra, serta bot akan mengalami kesulitan untuk melewati captcha dengan basis gambar.

5. jQuery slider captcha

jQuery slider captcha adalah contoh kode captcha yang termasuk mudah untuk diselesaikan. Kamu diharuskan memindah kotak kecil dari kiri ke kanan untuk verifikasi kode captcha. Adapun variasi slide captcha ini bisa dalam bentuk puzzle.

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu Ransomware? Ciri, Jenis & Cara Mencegahnya

6. Math captcha

Mekanisme captcha ini menggunakan persoalan matematika sederhana seperti penjumlahan atau pengurangan “2+3 atau 3-1” sehingga akan menyulitkan robot untuk menjawab dengan benar. Ada pula yang berbentuk perintah untuk melengkapi kata yang hilang pada suatu kalimat.

Fungsi captcha

Kamu sudah mengetahui apa itu captcha. Tetapi hal itu belum cukup apabila kamu belum mengetahui apa fungsi captcha sebenarnya. Captcha memiliki fungsi sangat penting bagi sebuah website karena dianggap sebagai sebuah fitur verifikasi supaya sistem tidak mudah dimasuki oleh robot.

Fungsi utama kode captcha adalah supaya website melakukan penolakan ketika robot akan memasuki website tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan fungsi dari captcha.

1. Mencegah registrasi akun palsu

Layanan gratis yang diberikan oleh perusahaan seperti Microsoft, Google, dan lain-lain membutuhkan captcha yang akan berfungsi sebagai perlindungan atas penyalahgunaan data oleh berbagai skrip otomatis.

Itulah sebabnya saat melakukan registrasi, kamu sering menemukan captcha. Sebagai informasi, pernah ada kejadian serangan bot ketika terdapat pendaftaran ribuan akun email pada saat yang bersamaan lho, Sob! Karenanya captcha ada agar hal tersebut tidak terulang kembali.

2. Melindungi alamat email dari scraper

Scraper adalah sebuah robot yang mampu memotong alamat email seseorang dari sebuah website, setelah itu mengambil alih aksesnya. Fungsi captcha adalah melindungi dan menyembunyikan alamat email kamu dari robot scraper sehingga para spammer tidak bisa menyebarluaskan spam dan mencari email mu.

3. Mencegah search engine bot

Dengan adanya captcha dapat memberikan perlindungan pada sebuah halaman website dari search engine bot yang kadang-kadang muncul untuk membaca halaman pada website tersebut.

Memang ada tag yang bisa melakukan pencegahan bot pada search engine. Tetapi hal ini terkadang kurang efektif sebagai penghalang search engine bot. Maka dari itu digunakanlah captcha guna menjamin keamanan halaman website.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Malware Dengan Cepat

4. Mengamankan transaksi jual beli online di website

Penerapan captcha pada toko online sangatlah penting, dikarenakan hal ini akan mempengaruhi rating pada toko online kamu, yaitu dengan memastikan suatu pemesanan barang di situs toko online mu merupakan manusia dan bukanlah robot.

Cek Konten Lainnya:
7 Aplikasi untuk Mengedit Video di Laptop. Ringan dan Anti Lemot!

Jika sampai terjadi pembelian palsu, akibatnya bisa fatal, Sob. Customer experience pada toko online kamu akan jelek sehingga bisa mempengaruhi performa penjualan. Ditakutkan tidak ada pemesanan ulang oleh para pelanggan serta nama baik toko online yang sudah kamu bangun akan jatuh.

5. Mencegah komentar spam di blog atau website

Kebanyakan blogger menggunakan komentar palsu untuk menaikkan rating pada situsnya sehingga langsung masuk menjadi pencarian awal pada mesin pencari. Dengan adanya captcha maka akan mencegah adanya spam pada kolom komentar, karena setiap kali akan memposting komentar pengguna diwajibkan untuk memasukkan captcha yang tersedia.

Cara memasang captcha di website

Untuk pemasangan captcha pada website, kamu harus mempunyai pengalaman pada bidang IT berupa pengetahuan HTML. Namun jika kamu memiliki tim website developer, mereka akan melakukannya dengan mudah dan cepat.

Sekarang Google menawarkan reCaptcha yang bisa digunakan pada website kamu. Pertama-tama kamu perlu mendaftarkan domain mu terlebih dahulu. Setelah itu, berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan:

  1. Buatlah akun Google atau Gmail, jika sudah punya bisa langsung login.
  2. Akses website Google reCaptcha, lalu klik Admin Console.
  3. Daftarkanlah domain baru kamu ke Google reCaptcha.
  4. Pilihlah tipe-tipe captcha sesuai dengan kebutuhan website kamu.
  5. Isilah informasi domain website dan email kamu. Jangan lupa untuk mencentang Terms of Service. Kemudian klik submit.
  6. Salinlah site key dan secret key.
  7. Setelahnya lakukan integrasi Captcha dengan website yang kamu punya.

Sekarang, kamu sudah tahu kan betapa bergunanya kode captcha untuk mengamankan sebuah website. Eits tapi sebenarnya, masih ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam mencegah terjadinya kejahatan di situs online. Apa saja? Cek langsung selengkapnya di ulasan Jagoan Hosting lainnya sekarang juga, Sob!

Selain keamanan, performa website juga penting loh, Sob! dengan Unlimited Hosting dari Jagoan Hosting, layanan kamu bisa mendapatkan performa website dengan kecepatan dan performa yang stabil. Jadi, jatuhkan pilihan hostingmu ke Jagoan Hosting ya, Sob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Hits di stratup! Inilah yang dimaksud agile software development
Read More
Mengenal Agile Software Development, Hits di Kalangan Startup!
Apakah kamu pernah bekerja di perusahaan teknologi atau startup? Kalau iya, kamu pasti nggak asing dengan kata agile…
Read More
7 Fakta Bill Gates Ini Mungkin Tak Banyak Kamu Ketahui
Siapa coba yang tak kenal dengan om-om yang satu ini. Kalau misalkan kamu adalah seorang pengguna PC dengan…